√Hotspot: Pengertian, Sejarah, Jenis, Fungsi Serta Cara Aman

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Hotspot? Mungkin anda pernah mendengar kata Hotspot? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, sejarah, jenis, fungsi serta cara aman. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Hotspot: Pengertian, Sejarah, Jenis, Fungsi Serta Cara Aman

Pengertian Hotspot

Hotspot ialah suatu zona dimana user atau pengguna bisa mengakses hubungan ke internet, apabila memakai komputer, laptop maupun memakai handphone yang mempunyai sifat berwujud WiFi maka dapat menghubungkan ke internet tanpa alat kabel.

Hotspot ialah tempat dimana orang dapat menggunakan hubungan Internet, umumnya memakai teknologi Wi-Fi, melewati jaringan WLAN, memakai router yang tersambung ke fasilitator penyedia internet.

Hotspot umumnya terdapat ditemukan di berbagai lokasi umum misalnya di sekolah, kampus, bandara, toko buku, cafe, mall, hotel, rumah sakit, perpustakaan, restoran, supermarket, stasiun kereta api dan lokasi umum lainnya yang mempunyai jaringan internet.

Sejarah Hotspot

Rancangan hotspot mula-mula digagaskan oleh Henrik Sjödin pada saat seminar Networld dan Interop di Moscone Center di San Francisco sekitar pada tahun 1993. Namun, Sjödin tidak memakai kata hotspot tetapi menggunakan wireless LAN yang dapat diakses secara publik atau menyeluruh.

Perusahaan dagang primer yang berusaha menciptkan jaringan akses area lokal publik yakni perusahaan yang didirikan di  daerah Richardson, Texas yang diingat sebagai PLANCOM. Sekitar pada tahun 1998, para pembangun perusahaan tersebut, yakni Brett Stewart, Mark Goode serta Greg Jackson secara mengejutkan menghentikan perusahan tersebut.

Baca Lainnya :  Data dan Informasi: Pengertian, Contoh Beserta Perbedaannya

Akan tetapi, Mark Goode dan Greg Jackson membuat sebuah MobileStar Networks. Perusahaan tersebut ialah salah satu yang pertama berisi mengesahkan tempat akses publik misalnya Starbucks, American Airlines serta Hotel Hilton.

Perusahaan yang didirikan oleh Mark Goode dan Greg Jackson menjual ke perusahaan Deutsche Telecom sekitar tahun 2001 dan mengganti nama dari MobileStar Networks menjadi T-Mobile Hotspot. Dari berganti perusahan tersebut, kata hotspot menjadi berbincangan publik yang menjadikan tempat dimana Wireless LAN tersedia untuk publik.

Jenis Jenis Hotspot

Berikut ini terdapat 3 jenis hotspot, yakni sebagai berikut:

  • Hotspot Gratis

Hotspot gratis ialah jenis hotspot dimana pengguna dapat mengakses jaringan dengan leluasa tanpa bayar alias gratis. Layanan hotspot gratis umumnya dihadirkan seperti layanan lanjutan untuk konsumen hotel, Cafe maupun tempat lainnya. Hotspot gratis juga dapat dipasang di berbagai tempat maupun acara seperti tempat bazar komputer atau tempat seminar.

  • Hotspot Berbayar

Untuk bisa memakai Hotspot Berbayar, anda harus mengganti maupun menyewa hotspot langsung ke pemilik gedung, umumnya seperti ruangan hotel, restoran maupun tempat cafe.

  • Hotspot Berbayar ke Operator WiFi Hotspot

Jenis Hotspot berbayar semacam Boingo dan iPASS ialah sebuah jaringan internasional yang mempunyai berjibun pengguna maupun pemakai mobile secara internasional. Jenis HotSpot ini umumnya benar digemari oleh semua orang yang sering berjalan-jalan jauh bahkan ke luar negeri misalnya traveler maupun pengusaha yang sering mengadakan bisnis di luar negeri.

Fungsi Hotspot

Berikut ini ada beberapa fungsi dari hotspot, yakni sebagai berikut:

  • Sangat simpel
  • Bisa dipakai dimana pun kita berada, bisa dipakai kapapun dan bisa dipakai sama siapa saja
  • hotspot bisa menjakau sampai ±100 meter
  • tidak memakai nirkabel
  •  bisa dipakai buat internetan, browsing dan lain-lainnya
Baca Lainnya :  √20 Pengertian Informasi Menurut Para Ahli dalam Bukunya

Cara Aman Memakai Hotspot

Berikut ini ada beberapa cara aman memakai hotspot, yakni sebagai berikut:

  • Tidak usah nyalakan file sharing folder komputer ataupun Laptop apabila tersambung dengan jaringan publik, sebab menguatkan orang lain dapat mengakses folder yang anda sharing
  • Non-aktifkan sharing printer komputer ataupun Laptop anda
  • Selalu aktifkan anti virus dengan memperbarui yang terbaru
  • Tidak usah bagikan username dan password hotspod anda kepada orang lain

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang Hotspot: Pengertian, Sejarah, Jenis, Fungsi Serta Cara Aman
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuamnya