Hidup Rukun

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Hidup Rukun? Mungkin anda pernah mendengar kata Hidup Rukun? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, ciri, manfaat, bentuk, nilai, contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Hidup Rukun

Pengertian Hidup Rukun

Hidup Rukun merupakan sebuah konsep hidup damai aman dan tentram dimana terciptanya hidup yang saling hormat menghormati, saling sayang menyayangi satu sama lain. dan tidak memandang sebuah perbedaan meski memiliki latar belakang yang beragam sekalipun seperti agama, suku, kebiasaan, pendapat, prinsip, ide dan lain sebagainya.Hidup rukun ini harus diterapkan pada semua lingkup kehidupan bermasyarakat, mulai dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan pertemanan, lingkungan masyarakat hingga lingkungan berbangsa dan bernegara.


Ciri Hidup Rukun

Beriku ini adalah ciri hidup rukun antara lain yaitu:

  • Saling menghormati antar sesama manusia
  • Saling Menghargai Perbedaan baik agama, suku, dan bahasa
  • Selalu akrab dengan tetangga maupun masyarakat.
  • Bersikap ramah jika saling bertemu.
  • Bersatu tidak terpecah belah antara saudara.
  • Selalu bekerja sama
  • Ikut serta dalam kegiatan kerja bakti/gotong royong

Manfaat Hidup Rukun 

Berikut ini adalah manfaat dari hidup rukun, yakni sebagai berikut:

1. Saling tolong menolong

Tolong menolong sangat dibutuhkan bagi manusia salah satu manfaat dari hidup rukun adalah indahnya saling membantu untuk menyelesaikan sebuah masalah, jika kita tidak memiliki kehidupan yang rukun dengan keluarga, teman, masyarakat, mereka tidak akan mau membantu kita. maka dari itu perlunya tolong menolong terhadap sesama agar semua masalah dapat diselesikan dan pekerjan yang berat pun menjadi ringan.

Baca Lainnya :  Sistem Pencernaan Pada Hewan Ruminansia (Memamah Biak)

2. Menciptakan keharmonisan

Hidup rukun akan menciptakan kehidupan yang harmonis di antara tiap-tiap individu dan masyarakat. Dapat saling harga menghargai satu sama lain, menghormati perbedaan setiap perbedaan yang ada, dan saling memahami diri tiap-tiap pribadi. Tidak akan memaksakan kehendak yang akan membuat perselisihan serta juga pertikaian.


3. Terhindar dari konflik dan perselisihan

Pada dasarnya seseorang yang terbiasa hidup rukun akan memiliki kemampuan komunikasi yang lebih baik dengan orang lain, sehingga akan lebih kecil kemungkinan terjadi salah paham yang merupakan penyebab utama dari konflik.Saat kita terbiasan hidup rukun dengan siapapun, kita akan lebih mudah memahami orang lain, sehingga kemungkinan untuk terjadi konflik dan perselisihan pun semakin kecil.


4.  Menciptakan ketenangan hidup

Hidup dimana saja akan merasa tenang apabila kerukunan sudah tercipta. karna tidak adanya musuh, Tak ada yang perlu dikhawatirkan karna semuanya terasa aman, tentram dan damai.


5. Terciptanya komunikasi yang baik

Dengan terciptanya hidup rukun dengan siapapun, kita akan lebih mudah untuk berkomunikasi dengan orang lain. Komunikasi ini sangat penting, karena manusia tidak mungkin dapat hidup sendirian. Dengan hidup rukun, kita akan semakin dapat berkomunikasi dan mengerti orang lain dengan lebih baik. Komunikasi yang tepat juga sangat penting untuk menghindari permasalahan.


Bentuk-Bentuk Hidup Rukun

Berikut ini adalah bentuk- bentuk dari hidup rukun, antara lain sebagai berikut:

1.Rukun Beragama

Di Indonesia, memiliki ragam budaya, adat istiadat, dan agama dalam membentuk kerukunan antara agama, maka dibutuhkan rasa toleransi yang kuat dan saling menghargai sesama manusia, tidak saling menjelek-jelekkan agama yang lain. Dapat saling memahami perbedaan agama dan keyakinan merupakan pondasi atau dasar dalam hidup rukun antar agama.

Baca Lainnya :  √Masyarakat: Pengertian Menurut Para Ahli, Ciri Serta Jenisnya

2. Rukun Keluarga

Rukun keluarga merupakan hal yang utama, karana dari keluarga yang akan menjadi pondasi atau dasar dalam membentuk kerukunan-kerukunan yang lebih besar. Hubungan antara keluarga yang harmonis, saling menghargai, saling memahami, dan saling melengkapi merupakan bentuk dari rukun keluarga.


3. Rukun Tetangga

Rukun tetangga merupakan hal penting agar terciptanya hubungan baik dengan lingkungan sekitar serta terjalin hubungan saling menghormati, saling menyapa, dan saling tolong menolong diantara tetangga satu dengan tetangga yang lainya.


4. Rukun Warga

Rukun warga, merupakan wujud dari rukun tetangga, tentu sebagai contoh rukun warga yang baik dapat dilakukan dan dapat terjalin dengan saling gotong royong dan saling menjaga ketentram daerah masing -masing individu, dengan mengurangi keegoisan masing-masing.


5. Rukun Sekolah

Kerukunan yang dapat tercipta karena adanya kesamaan dari visi misi dalam hal pendidikan. Hubungan kekerabatan sudah berbeda diantara individu satu sama lain. Tak ada kedekatan secara faktor geografis. Di sini, kerukunan terjadi antar individu karena mempunyai tujuan yang sama yakni belajar mulai dari tingkat SD, SMP, sampai dengan di Perkuliahan.


6. Rukun tempat kerja

Rukun tempat kerja ini terbentuk karena adanya kesamaan dalam visi dan misi didalam ruang pekerjaan, meskipun setiap individu berbeda posisi dan juga kemampuan tetapi untuk menwujudkan visi dan misi dalam ruang kerja diperlukan kerja sama yang baik dalam upaya mencapai tujuan bersama.


7. Rukun alam

Bentuk dari kerukunan yang tercipta diantara hubungan manusia dengan alam. Bila kerukunan yang baik antara manusia dengan alam itu tercipta akan membuat juga lingkungan dan ekosistem yang sehat dan baik. dalam rukun alam ini sebab akibat berlaku, Conthonya , Apabila manusia dapat memelihara sungai dan merawatnya dengan baik maka sungai pun akan memberikan hal baik juga kepada manusia.


Nilai-Nilai Hidup Rukun

Adapun nilai nilai yang terbentuk dalam hidup rukun, antara lain sebagai berikut :

Baca Lainnya :  √Ilmu Politik: Pengertian, Sejarah, Teori dan Mekanisme Ilmu Politik

1. Kebersamaan

Kebersamaan akan terlihat sangat jelas hal tersebut dapat dilihat dari kekompakan dalam bertindak antara tiap tiap individu dengan individu yang lain. Adanya rasa saling memiliki dan juga rasa saling senasib sepenanggunan.


2. Persatuan dan kesatuan

Nilai persatuan dan kesatuan sangat penting agar tidak terjadinya pecah belah antara satu individu dengan individu lainya yang memungkinkan timbulnya permusuhan dan pertengkaran.


3. Kekuatan

Hidup rukun akan memperlihatkan nilai kekuatan yang sangat besar. Bersatunya dua atau lebih komponen akan membuat kekuatan yang besar. Hal inilah yang ditakuti oleh sebuah bangsa atas bangsa yang lain karena kerukunan juga merupakan kekuatan suatu bangsa.


4. Toleransi tinggi

Adanya toleransi antara individu sangat di perlukan karna dengan adanya sikap toleransi akan timbulah sikap saling menghormati dan menghargai antar kelompok atau antar individu dalam masyarakat atau dalam lingkup lainnya. Sikap toleransi dapat menghindari terjadinya diskriminasi, walaupun banyak terdapat kelompok atau golongan yang berbeda dalam suatu kelompok masyarakat.


Contoh Hidup Rukun

  • Bersikap adil dan tidak pilih kasih sehingga memperlakukan salah satu anggota keluarga lebih istimewa dibanding lainnya.
  • Saling menyayangi dan peduli satu sama lain, misalnya ketika anak sedih maka orang tua menjadi pendengar keluh kesah mereka.
  • Saling mendukung satu sama lain, misalnya ketika adik mengikuti lomba maka anggota keluarga lainnya memberi semangat dan dukungan dengan ikut menonton perlombaan.
  • Apabila terjadi perselisihan atau konflik, diselesaikan dengan jalan musyawarah dengan mufakat untuk kebaikan semua anggota keluarga.
  • Adik dan kakak saling tolong menolong, misalnya kakak membimbing adik mengerjakan PR yang tidak dipahaminya.

Demikian Penjelasan Materi Tentang Hidup Rukun:Pengertian, Ciri, Manfaat, Bentuk, Nilai, Contoh

Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya