Hibernasi adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Hibernasi? Mungkin anda pernah mendengar kata Hibernasi?  Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, ciri, fungsi, proses, fakta, contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Hibernasi adalah

Pengertian Hibernasi

Hibernasi merupakan suatu proses tidur panjang untuk menghemat energi. Dimana kondisi tubuh hewan menjadi tidak aktif yang menyebabkan menurunkan metabolisme pada hewan melambat, lalu pernapasan, suhu, dan tingkat metabolisme serta detak jantung menurun. Hibernasi dilakukan saat musim dingin ketika kondisi lingkungan cukup sulit dan hampir tak ada makanan tersedia karena tak ada tumbuhan yang hidup. Dengan melakukan hibernasi, maka hewan tersebut dapat membakar cadangan energi dan lemak tubuh secara perlahan.


Ciri-Ciri Hewan Hibernasi

Berikut adalah ciri-ciri hewan yang melakuka hibernasi antara lain yakni:


  • Saat hewan berhibernasi, organ tubuhnya seolah mati, paru-parunya terlihat seperti penderita asma dan otaknya menunjukkan tanda-tanda pasien Alzheimer’s
  • Hewan yang melkakuka hibernasi biasanya memiliki bulu yang tebal
  • Biasanya hewan tersebut tinggal di daerah kutub
  • Secara umum hewan tersebut tahan terhadap musim dingin
  • Adanya cadangan lemak tubuh untuk bertahan hidup
  • Memiliki Suhu tubuh rendah, serta detak jantung dan pernapasan sangat lambat.

Fungsi Hiberbasi

Fungsi hibernasi adalah untuk menghemat energi selama periode ketika tidak tersedia makanan yang cukup. Untuk mencapai penghematan energi ini, proses endoterma akan menurunkan tingkat metabolisme terlebih dahulu, yang kemudian menghasilkan penurunan suhu tubuh. Hibernasi bisa berlangsung beberapa hari, minggu, atau bulan tergantung pada spesies, suhu lingkungan, waktu tahun, dan kondisi tubuh individu Agar sistem metabolisme tubub mereka tetap terjaga saat selama musim dingin, sehingga mereka tidak mati saat musim dingin.

Baca Lainnya :  Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli dan Secara Umum

Proses Hibernasi Pada Hewan

Sebelum memasuki masa hibernasi, hewan-hewan tersebut biasanya melakukan proses mengkonsumsi makanan sebanyak-banyaknya, seperti yang terjadi pada beruang. Hewan-hewan melakukan fase hibernasi untuk menyimpan cadangan lemak bagi tubuh mereka untuk beradaptasi menghadapi musim dingin, atau musim-musim dengan suhu iklim yang menurun dari biasanya. Bahkan setelah bangun dari hibernasi, hewan-hewan ini membutuhkan beberapa saat untuk melanjutkan kegiatan normal mereka. Sebagian pendapat menyebut hibernasi sebagai tidur yang mirip dengan kematian. Selama hibernasi, denyut jantung akan melambat dan beberapa organ non vital menjadi tidak aktif sepenuhnya. Ini adalah kondisi dimana tubuh menggunakan energi minimal.


Fakta Hibernasi

Berikut adalah beberapa fakta mengenai hibernasi yang dilakukan hewan antara lain yakni:


1. Bukan Sekadar Tidur Panjang

Tapi bukankah saat kita tidur pun tubuh kita tetap butuh energi untuk melakukan metabolisme? Nah, itulah yang membedakan hibernasi dengan tidur biasa. Saat hibernasi, metabolisme hewan akan menurun drastis, sehingga energi yang dibutuhkan pun akan jauh lebih sedikit pula.

Beruang hitam amerika bisa menurunkan tingkat metabolisme mereka sebesar 75 persen saat berhibernasi. Suhu tubuh mereka pun menurun hingga 5-6 derajat, sehingga energi panas yang terbuang juga lebih sedikit. Kelelawar yang berhibernasi bahkan bisa memperlambat embusan napasnya hingga satu hembusan per jam!


2. Tidak selalu berarti tidur pulas

Hibernasi tidak selalu berarti tidur pulas tanpa terbangun. Beruang yang sedang berhibernasi terkadang bisa terbangun untuk minum dan menghangatkan diri sebelum kembali tidur. Beruang betina bisa melahirkan dan bahkan mengurus bayi-bayinya sambil beristirahat. Dan beruang yang sedang berhibernasi juga bisa terbangun jika ada gangguan. Periode hibernasi pun tidak selalu lama. Beruang bisa berhibernasi selama berbulan-bulan, tapi tupai tanah hanya akan berhibernasi selama beberapa minggu.

Baca Lainnya :  √ 48 Nama Selat di Indonesia dan Letaknya

3. Hibernasi untuk bertahan hidup

Tujuan utama hewan melakukan hibernasi adalah untuk menghemat energi. Di musim dingin, ketersediaan makanan akan menurun drastis. Jika hewan tetap bangun dan melakukan aktivitas seperti biasa, mereka akan menghabiskan banyak energi, padahal belum tentu mereka bisa mendapat makanan sebanyak biasanya. Itu berbahaya karena mereka bisa kelaparan.

Karena itulah beberapa hewan tadi melakukan tidur panjang yang bisa menghemat pengeluaran energi. Tapi sebelum hibernasi tentu mereka harus makan banyak dulu supaya bisa bertahan hingga musim semi tiba. Beruang coklat misalnya, bisa makan hingga 45 kg makanan dalam sehari untuk persiapan hibernasi, alias 2 kali lipat jumlah makanan mereka biasanya.


Contoh Hewan Yang Melakukan Hibernasi

Berikut adalah beberapa contoh hewan yang melakukan hibernasi antara lain yakni:


1. Beruang

Beruang merupakan salah satu jenis hewan yang melakukan hibernasi, hal ini dilakukan beruang sebab pada musim dingin makanan mereka mejadi langka, beruang melakukan hibernasi disarangnya sendiri. Entah itu di lereng bukit, lubang pohon, di bawah akar pohon, celah bebatuan, goa-goa, atau bahkan semak-semak. Biasanya diakhir musim panas dan musim gugur beruang akan melipatgandakan asupan makananya, lalu mereka akan terlelap sampai musim panas tiba


2. Kumbang

Biasanya kumbang akan melakukan hibernasi saat musim gugur tiba, pemandangan kumbang berkumpul secara berkoloni hingga ratusan ekor bukan lah hal yang aneh. Pada saat seperti ini kumbang akan bersiap untuk melakukan hibernasi ke dalam lubang besar yang sudah mereka siapkan sebelumnya.


3. Hamster

Jangan panik ketika hamster peliharaanmu tidur dalam waktu yang lama selama cuaca dingin. Hamster membutuhkan kehangatan ekstra dengan melakukan hibernasi singkat dan di saat seperti ini sebaiknya hindari membangunkan hamster. Tindakan mendadak seperti itu dapat memicu serangan jantung pada hamster.

Baca Lainnya :  Masyarakat Politik adalah

4. Kelelawar

Seperti halnya tikus dormice, bahwa kelelawar pun juga mengalami proses hibernasi. Sehingga bisa dikatakan bahwa bukan hanya hewan berbulu tebal saja yang mengalami hibernasi. Kelelawar pun juga mengalami hal tersebut. Umumnya, hewan ini akan berkoloni mencari tempat tidur yaitu di dalam gua. Namun, tidak menutup kemungkinan mereka juga akan tidur di dalam rumah penduduk. Khususnya rumah yang tidak berpenghuni.


5. Kura-Kura

Panjang hibernasi kura-kura kotak tergantung dari lokasi mereka tinggal. Untuk yang tinggal di bagian utara, iklim dingin mungkin hibernasi selama 6 bulan. Sedangkan mereka yang tinggal di iklim hangat mungkin tidak hibernasi sama sekali. Selama berhibernasi, kura-kura kotak ini tidak harus menghirup udara, mereka mengambil oksigen melalui kulitnya.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Hibernasi adalah: Pengertian, Ciri, Fungsi, Proses, Fakta, Contoh
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswa