Hewan Omnivora

Diposting pada

Selamat datang di Pakosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Hewan Omnivora? Mungkin anda pernah mendengar kata Hewan Omnivora? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, ciri, sistem pencernaan, keuntungan, contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Hewan Omnivora

Pengertian Hewan Omnivora

Hewan Omnivora merupakan salah satu jenis spesies hewan pemakan tumbuhan dan hewan sebagai sumber makananya. Secara umum hewan omnivora tidak buas tidak seperti hewan karnivora. Hewan omnivora ini pemakan daging binatang kecil dan bukan sebagai makanan utamanya. Hewan omnivora merupakan penggabungan dari dua jenis hewan yang digabungkan antara hewan herbivora dan karnivora. Hewan tidak memiliki ciri khusus. Namun omnivora tidak liar seperti karnivora. Contoh.


Ciri-Ciri Hewan Omnivora

Berikut adalah ciri-ciri hewan omnivora antara lain yakni:


  • Memakan tumbuh tumbuhan dan daging.
  • Memiliki pencernaan yang kompleks
  • Memiliki gigi yang tajam pada bagian depan
  • Memiliki gigi yang datar pada bagian belakang
  • Sebagian besar bukan merupakan Hewan yang menyusui (Mamalia) dan sebagian yang lain adalah yang menyusui (Mamalia)
  • Berkembang biak secara bertelur namun ada juga sebagian yang beranak.

Sistem Pencernaan Hewan Omnivora

Sistem pencernaan omnivora menunjukkan klasifikasi perbedaan yang signifikan baik dari herbivora dan karnivora. Mekanisme yang hadir untuk mencerna baik tanaman dan hewan, terutama dengan enzim protease untuk mencerna protein. Mereka telah mengembangkan dengan baik taring pada rongga mulut mereka untuk merobek daging dalam makanan. Biasanya, usus herbivora lebih panjang dari karnivora, tapi omnivora memiliki usus yang panjang dibanding kedua jenis pola makan.

Baca Lainnya :  Makhluk Hidup

Keuntungan dan Kerugian Omnivora

Menjadi omnivora mempunyai beberapa keunggulan, seperti mampu untuk makan berbagai macam produk dan juga mempunyai pola makan yang lebih fleksibel. Omnivora bisa memilih komponen makanan mereka dari kedua spesies tanaman dan hewan di sekitar mereka dan karena itu mempunyai lebih banyak pilihan daripada herbivora dan karnivora. Hal ini bermanfaat untuk omnivora karena bila satu item makanan menjadi jarang mereka bisa beralih ke item yang lebih banyak dengan lebih mudah sehingga spesies mempunyai pola makan lebih selektif.

Karena perubahan musim dan ketersediaan makanan, beberapa omnivora harus fleksibel dalam makanan mereka. Misalnya, pola makan omnivora beruang, perubahannya berdasarkan musim. Pada musim semi dan musim panas, mereka makan unggulata terutama yang masih muda, atau hewan hooved seperti rusa, dan tumbuhan muda yang lebih lembut dan mudah dicerna. Selama musim gugur dan musim dingin, beruang makan mangsa yang lebih kecil, seperti semut, dan mereka makan akar tanaman dan kacang-kacangan yang masih muda, dikarenakan tanaman segar yang kurang berlimpah. Sistem pencernaan herbivora sudah dirancang khusus. Sistem pencernaan herbivora memungkinkan bagi mereka untuk bisa makan berbagai jenis tanaman dan bagian tanaman, termasuk komponen tanaman berserat kasar. Salah satu kelemahan dari omnivora yaitu bahwa sistem pencernaan mereka terspesialisasi dan dirancang untuk makan baik tumbuhan dan bahan hewan, karena itu tidak mempunyai kemampuan sama seperti pencernaan yang dikhususkan seperti sistem pencernaan herbivora ini. Akibatnya, omnivora tidak bisa makan semua jenis tanaman, termasuk biji-bijian dan gandum. Sebagai contoh, beberapa manusia makan biji-bijian dalam bentuk dimasak atau diolah, tetapi mereka dan omnivora lainnya tidak bisamencerna biji-bijian mentah. Mempunyai sistem pencernaan terspesialisasi yang harus bisa menangani dengan baik tanaman dan hewan yang akan dimakan sehingga bisa menjadi kerugian bagi omnivora karena membatasi jenis tanaman yang dapat dikonsumsi dan dicerna.

Baca Lainnya :  Materi Viskositas

Contoh Hewan Omnivora

Berikut adalah beberapa contoh hewan omnivora antara lain sebagai berikut:


1. Beruang

Beruang merupakan hewan omnivora yang memakan apa saja termasuk tumbuh tumbuhan maupun daging dari hewan kecil lain. Beruang memakan jenis buah buahan, tanaman, madu, serangga, burung, dan binatang kecil lainnya. Beruang identik dengan makanan kesukaannya yaitu madu sampai terdapat tokoh kartun yang menggambarkan hewan omnivora satu ini dengan makanan kesukaannya yaitu madu.


2. Gorila

Gorila merupakan salah satu contoh hewan omnivora yang termasuk dalam kategori hewan mamalia ini merupakan hewan jenis primata yang bertubuh besar dibandingkan jenis primata lainnya. Gorila biasanya memakan tumbuh tumbuhan, terkadang juga memakan hewani seperti seranggadan sejenisnya. Selain itum gorila adalah hewan yang memiliki DNA layaknya manusia setelah simpanse yaitu 97- 98%. Kemiripan DNA tersebut bisa dilihat dari struktur tubuh yang bertubuh tegak, dan memiliki tangan dan juga kaki yang memiliki  fungsi layaknya tubuh manusia dan juga intelegensinya yang dinilai cukup tinggi.


3. Lumba- Lumba

Lumba lumba merupakan contoh hewan omnivora dimana hewan ini memiliki habitat hidup di air yang juga dikenal bersahabat dengan manusia. Hewan imut dan cerdas ini adalah mamalia laut yang termasuk jenis omnivora. Lumba lumba memakan cumi cumi, ikan kecil, plankton, dan lainnnya. Lumba lumba memiliki sonar sistem yang berfungsi untuk berkomunikasi dan melihat keberadaan benda benda yang ada disekitarnya.


4. Burung Flaminggo

Burung ini warnanya merah dan mempunyai kaki jenjang serta paruh unik jadi terlihat eksotik jika dikerumuni kelompoknya. Burung flamingo memakan alga biru, hijau serta udang. Udang ini ialah makanan khusus burung flamingo sebab mempunyai kandungan nutrisi yang banyak. Warna tubuhnya kemerahan sebagai efek dari tingginya beta karotin yang dikonsumsi mereka. Udang serta alaga mempunyai kandungan betakarotin lumayan tinggi.

Baca Lainnya :  Panca Indera

5. Tikus

Tikus merupakan salah satu hewan kecil yang bisa dikatakan rakus. Karena Tikus bisa memakan makanan yang beraneka ragam seperti tumbuhan berupa rumput, sayur, kelapa, padi, ketela dan masih banyak lainya. Tikus juga sangat suka memakan binatang kecil. Mulai dari serangga hingga ikan yang hidup diair tawar salah satunya ikan sawah. Maka dari situlah Tikus disebut sebagai hewan Omnivora. Karena mau memakan semua jenis makanan dari golongan tumbuhh-tumbuhan dan dari golongan hewan.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Hewan Omnivora: Pengertian, Ciri, Sistem Pencernaan, Keuntungan, Contoh
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi