Hewan Mamalia

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Hewan Mamalia?Mungkin anda pernah mendengar kata Hewan Mamalia? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, ciri, pengelompokan, contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Hewan Mamalia

Pengertian Hewan Mamalia

Mamalia merupakan jenis hewan yang melahirkan mempunyai daun telinga , mempunyai kelenjar susu , mempunya rahim. Hewan mamalia merupakan hewan vertebrata yang mempunyai ciri dengan adanya kelenjar susu, yang ada pada betinanya sebagai sumber makanan bagi anaknya. Pada dasarnya, mamalia bisa dinyatakan sebagai hewan yang memiliki tulang belakang.  hewan mamalia merupakan hewan yang mempunyai sistem pencernaan yang lengkap. Sistem pencernaan hewan mamalia terdiri atas mulut, faring, esofagus, lambung, usus halus, usus besar dan juga anus. Sistem pernapasan hewan mamalia yaitu bernapas menggunakan paru-parunya. Terlebih meskipun hewan mamalia itu (ikan) hidup di laut, hewan mamalia tersebut dapat bernapas dengan paru-paru. Paru-paru yang terdapat pada hewan mamalia terdiri atas dua lobus. Yakni Dua lobus tersebut berada di dalam ruang pleura dan pada dinding laring terdapat pada pita suara.


Ciri-Ciri Hewan Mamalia

Adapun ciri-ciri hewan mamalia antara lain sebagai berikut:

  • Memiliki kelenjar susu
  • Memiliki anggota gerak yang dapat digunakan untuk beraktivitas seperti berjalan, berenang, atau bisa juga untuk memegang sesuatu
  • Tubuhnya dipenuhi oleh rambut/ bulu
    Daerah tinggalnya sebagian didaratan
  • Cara berkembang biaknya melahirkan
  • Memiliki tulang belakang disebut dengan (vertebrata)
  • Hewan mamilia mempunyai kuku juga cakar di bagian jarinya untuk berburu makanan serta untuk
  • Memiliki sejumlah gigi taring, gigi seri serta memiliki gigi graham
  • Memiliki alat pernafasan yang berupa paru – paru
  • Memiliki Jantung yang terdiri dari 2 serambi dan juga 2 bilik.
  • Termasuk hewan yang suhu tubuh termasuk ke dalam homoiterm
  • Memiliki tempat perkembang biakan embrio di dalam rahim yaitu uterus
  • Sistem ekskresi Mamalia mempunyai ginjal metanefros
  • Memiliki alat indra yang terdiri dari mata, telinga, lidah, dan hidung.
  • peredaran darahnya tertutup
  • Menghasilkan kelenjar keringat
Baca Lainnya :  √Tindakan Sosial: Pengertian, Ciri, Jenis Serta Contoh Tindakan Sosial

Pengelompokan Hewan Mamalia

Berikut adalah beberapa jenis ordo hewan mamalia antara lain yakni:

1. Ordo Demoptera

Mamalia Ordo Demoptera merupakan hewan mamalia yang memiliki ciri dan memiliki parasut meski bukan sayap. Parasut tersebut didapatkan dari kulit atau membran yang terhubung antara keempat kakinya. Pada umumnya hewan ini makanan utamanya adalah buah atau pun dedaunan Salah satu contoh hewan yang golong sebagai mamalia jenis ordo demoptera adalah tupai terbang, monyet terbang dan beberapa jenis serangga.


2. Ordo Lagomorpha

Mamalia Ordo Lagomorpha merupakan hewan mamalia yang memiliki ciri khas gigi seri sebanyak 4 gigi atau yang lebih mirip dengan pahat. Gigi seri tersebut hampir menyerupai ordo redentia. mamalia jenis ini merupakan hewan mamalia yang makanan utamanya adalah tumbuh-tumbuhan. Hewan mamalia yang termasuk ke dalam mamalia lagomorpha adalah kelinci.


3. Ordo Insektivora

Mamalia Ordo Insektivora merupakan mamalia yang memiliki ciri khusus yakni mata yang tertutup, telapak kaki bagian depan yang cenderung melebar dan cakar yang kuat serta tebal. Mamalia jenis ordo ini tergolong mamalia kecil. Selain itu, mamalia ordo insektivora memiliki ciri gemar memakan serangga, biji-bijian, cacing dan beberapa hewan kecil lainnya. Contoh mamalia ordo insektivora yakni tapir dan tikus tanah.


4. Ordo Marsupialia

Mamalia Ordo Marsupialia merupakan mamalia dimana betinanya memiliki kantung (marsupium) yang terdapat di bagian perutnya. Kantung marsupium tersebut dapat digunakan sebagai tempat menyimpan anak yang baru lahir ke muka bumi terlebih lagi bagi yang lahir dalam keadaan yang prematur. Contoh hewan yang masuk ke dalam jenis atau Ordo Marsupialia ini ialah kangguru


5. Ordo Primata

Mamalia Ordo Primata merupakan jenis mamalia yang sudah tidak asing lagi di pendengaran anda. Jenis mamalia primata memiliki ciri khas ibu jari yang berhadapan, memiliki anggota gerak tubuh yang panjang, mata menghadap ke depan, serta korteks serebral yang berkembang dengan baik. Contoh dari hewan mamalia ordo primata diantaranya yaitu kera, orang utan, monyet, dan lutung

Baca Lainnya :  √Sepak Bola: Pengertian Menurut Para Ahli (Sejarah, Teknik dan Peraturan)

6. Ordo Carnivore

Mamalia Ordo Carnivore merupakan hewan mamalia yang memakan daging. Ciri khusus ordo mamalia yakni memiliki taring yang tajam untuk mengunyah daging serta cakar untuk mencabik mangsa. Contohnya Anjing, Kucing, Serigala, Harimau, Cheetah, Beruang, Musang, Panda, Sigung dan Berang-berang


7. Ordo Perissodactyla

Mamalia Ordo Perissodactula merupakan mamalia herbivora dengan ciri khas kepemilikan kuku dengan jumlah jari kaki ganjil. Ciri-ciri hewan mamalia ini adalah, Tidak memiliki tanduk, memiliki lambung yang sederhana telapak kaki yang jumlahnya ganjil. Beberapa jenis hewan mamalia yang termasuk mamalia perissodactyla adalahzebra, kuda dan tapir.


8. Ordo Cetacean

Mamalia Ordo Cetacean merupakan mamalia  yang hidup di habitat berair seperti lautan. Contohnya paus dan lumba-lumba. Meskipun mamalia laut tidak menyusui anaknya karena tidak memiliki kelenjar susu, namun dikaterogikan sebagai mamalia dikarenakan memenuhi ciri mamalia lainnya seperti adanya kelenjar susu, paru-paru dan melahirkan anaknya.


9. Ordo Probossoidea

Hewan mamalia dari ordo probossoidea memiliki ciri-ciri sebagai berikut ini :

  1. Bentuk tubuh yang besar,mempunyai probossoidea dengan dua lubang hidung,serta dapat untuk memegang.
  2. Berat badan mencapai sekitar 3,5 sampai 5 ton lebih,dengan umur bisa mencapai 50 tahun.
  3. Leher yang pendek, kepala besar, telinga lebar, gigi seri atas dua buah dan memanjang.

Dan sudah mudah ditebak yaitu gajah sumatra yang secara umum memiliki badan lebih gemuk dan lebar, berat badan gajah sumatra dewasa mencapai 3,5 sampai 5 ton dan lebih kecil dari gajah afrikaseperti halnya spesies gajah asia lainnya, gajah sumatra tidur sambil berdiri dan selama tidur telinganya dikipas-kipas karena mampu mendeteksi air sejauh 5 km.


10. Ordo Chiroptera

Mamalia Ordo Chiroptera merupakan mamalia yang selanjutnya ialah chiroptera yang merupakan dari famili mamalia kelelawar. Mamalia ini dibagi menjadi 2 jenis antara lain megachiroptera sekitar ada 175 spesies dan microchiroptera yang ada 788 jenis spesies.

Baca Lainnya :  Hutan - Pengertian, Fungsi, Jenis-Jenis dan Manfaatnya

Famili ordo chiroptera merupakan satu-satunya jenis mamalia yang dapat terbang. Meski dengan demikian ada beberapa perbedaan mengenai dari kelelawar jenis lain yang bisa juga terbang.


11. Ordo Rodentia

Mamalia Ordo Rodentia merupakan mamalia termasuk dalam kelompok mamalia pengerat. Gigi seri tumbuh pada rahang bawah dan berbentuk seperti pahat. Taring dan beberapa geraham depan tidak tumbuh. Contoh hewan dalam kelompok ini adalah Rattus sp (tikus) dan Cavia cobaya (marmut). Mereka disebut pengerat karena memang seperti itulah mereka mengonsumsi makanan.


12. Ordo Artiodactyla

Mamalia Ordo Artiodactyla merupakan mamalia yang memiliki jari kaki yang berjumlah genap. Contohnya seperti antelope, kijang, banteng, kambing, jerapah, unta dan sapi putih.


Contoh Hewan Mamalia

  1. Beruang
  2. Serigala.
  3. Anjing.
  4. Dubuk.
  5. Kucing.
  6. Harimau.
  7. Macan Tutul.
  8. Cheetah.
  9. Cerpelai.
  10. Singa.
  11. Banteng.
  12. Jerapah.
  13. Gajah.
  14. Sapi.
  15. Domba.
  16. Kambing.
  17. Antilop.
  18. Kerbau.
  19. Rusa.
  20. Kelinci
  21. Kerbau
  22. Gajah


Demikian Penjelasan Materi Tentang Hewan Mamalia: Pengertian, Ciri, Pengelompokan, Contoh

Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya