Hardware adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Hardware?Mungkin anda pernah mendengar kata Hardware  Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, ciri, fungsi, klasifikasi, contohnya. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Hardware adalah

Pengertian Hardware

Hardware merupakan perangkat keras pada komputer dan termasuk dalam perangkat elektronik yang nampak secara fisik serta alat yg bisa kita lihat, sentuh, pegang dan secara fisik ada wujudnya. yang berfungsi sebagai penunjang kinerja perangkat tersebut. Selain tampak secara fisik, hardware juga dapat diraba oleh pengguna dan digunakan sesuai fungsinya. Hardware juga dapat disebut dengan perangkat keras serta identik dengan komputer.


Pengertian Hardware Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pengertian hardware menurut para ahli antara lain sebagai berikut:


1. James O’Brien

Menurut James O’ Brien hardware adalah semua perlatan fisik yang digunakan dalam pemrosesan informasi, termasuk diantaranya CPU, RAM, monitor, mouse, keyboard, printer, scanner, dan lain-lain. Perangkat keras merupakan media komunikasi yang menghubungkan beberapa jaringan dan memproses paket data sehingga transmisi data lebih efektif.


2. Rainer

Menurut Rainer hardware adalah salah satu perangkat dalam komputer yang berbentuk fisik seperti processor, monitor, keyboard, dan printer. Hardware berfungsi untuk menerima data atau informasi, memproses dan menampilkan informasi mentah menjadi informasi baru yang berguna.


3. R. Wilman dan Riyan

Menurut R. Wilman Dan Riyan hardware adalah serangkaian peranti elektronik yang tercompact pada ponsel yang berfungsi terkait piranti-piranti menjadi satu bagian yang tidak terpisahkan.


4. Wijaya Ariyana dan Deni Arifianto

Menurut Wijaya Ariyana dan Deni Arifianto hardware adalah komponen komputer yang dapat dirasakan secara fisik yaitu dapat diraba dan dilihat atau kasat mata.

Baca Lainnya :  Lembaga Politik

5. Joko Untoro

Menurut Joko Untoro hardware adalah perangkat fisik berupa komputer beserta segala instrumen pendukungnya.


Ciri- Ciri Hardware

Berikut adalah beberapa ciri- ciri hardware diantaranya yaitu:


  • Dapat dilihat kasat mata
  • Dapat disentuh dengan tangan
  • Mempunyai bentuk fisik
  • Bersifat keras
  • Terdapat pada bagian luar sebuah komputer
  • Sebagai media penengah atau penyambung antara user dengan software

Fungsi Hardware

Berikut adalah beberapa fungsi hardware antara lain sebagai berikut:


  1. Menerima Input yang dilakukan oleh user. Masukan tersebut nantinya akan diproses menjadi informasi baru.
  2. Mengolah Data/ Informasi setelah menerima masukan atau input, beberapa hardware memiliki fungsi khusus untuk mengolah atau memproses input tersebut menjadi informasi baru.
  3. Memberikan Output setelah diproses, hardware tertentu akan memberikan output atau keluaran kepada user. Setiap output yang dilihat oleh user akan ditampilkan melalui hardware khusus.
  4. Menyimpan Data/ Informasi output yang dihasilkan oleh komputer dapat disimpan dalam perangkat penyimpanan sekunder pada komputer. Hardware untuk menyimpan data tidak hanya terpasang di dalam komputer, namun ada juga hardware yang dipasang di luar.

Klasifikasi Hardware

Berikut adalah klasifikasi jenis- jenis hardaware antara lain yakni:


1. Hardware Input (Input Device)

Harware input atau disebut input device merupakan perangkat yang digunakan untuk memasukkan data ke komputer yang lalu data tersebut masuk ke dalam tahap pengolahan atau sebuah proses. Banyak jenis perangkat untuk mengiput dan mengontrol sebuah komputer. Contoh harware input: Mouse, Keyboard, scanner, mouse pen, disk drive, joystick,tracball


2. Hardware Process (Process Device)

Process device atau perangkat pemrosesan merupakan jenis hardware yang memiliki fungsi untuk memproses dan mengolah data-data pada komputer. Perangkat ini bisa disebut juga sebagai otak dari sebuah komputer, karena merupakan perangkat yang penting untuk melakukan proses terhadap data yang di input atau dimasukkan. Contoh Hardware Process adalah CPU, VGA, Ram dan sebagainya

Baca Lainnya :  √Kerajaan Banten: Sejarah, Raja, Peninggalan dan Masa Kejayaan

3. Output Device (Hardware Output)

Output Device atau perangkat hardware output merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk menampung dan menghasilkan data-data di dalam komputer yang kemudian dikeluarkan melalui perangkat lain yang terhubung ke komputer. Seperti informasi atau data yang dikeluarkan dalam bentuk gambar, teks, video, dan audio. Contoh Output Device adalah Monitor komputer, Proyektor, Printer, Dan lain-lain


4. Storage Unit ( Hardware Storage)

Storage Unit atau hardware storage adalah hardware yang dapat menyimpan informasi dan data, baik perangkat di dalam komputer maupun di luar komputer. Salah satu contoh storage unit adalah harddisk yang berfungsi sebagai alat penyimpanan data di dalam komputer. Penyimpanan data tidak hanya dapat dilakukan dalam komputer, namun bisa juga dilakukan di luar komputer dengan harddisk eksternal.


5. Periferal ( Hardware Periferal)

Periferal adalah perangkat tambahan hardware yang berfungsi membantu komputer dalam menjalankan perintah dari pengguna. Modem adalah salah satu contoh perangkat tambahan pada komputer yang berfungsi menghubungkan perangkat komputer dengan jaringan internet.


Contoh Hardware

Berikut adalah beberapa contoh hardware antara lain sebagai berikut:

  • Mouse merupakan contoh perangkat keras pendukung yang dimanfaatkan sebagai input data, yang bisa mengendalikan kursor, fungsi klik dan scroll.  Anda juga bisa menggunakan mouse dengan kabel dan yang tanpa kabel
  • Keyboard merupakan perangkat keras yang tersusun dan terdiri dari banyak tombol,  sehingga memudahkan anda saat mengoperasikan komputer. Input data sangat didukung dengan keberadaan hardware ini. Anda bisa menggunakan keyboard dengan kabel atau nirkabel.
  • Scanner merupakan contoh perangkat keras yang bekerja layaknya mesin fotocopy. Jadi bisa memindai data berupa teks pada buku, foto dan sebagainya. Sehingga bisa menciptakan softcopy atau file dari berbagai media tersebut.
  • CPU (Central Processing Unit) atau Processor merupakan contoh perangkat keras dan termasuk dalam otak dari komputer. Sehingga seluruh proses yang berlangsung pada seperangkat komputer dikendalikan oleh prosesor. Semakin canggih prosesornya sudah pasti semakin bagus pula performa komputernya.
  • Printer merupakan contoh perangkat keras yang berguna untuk mencetak hasil kerja pada komputer. Kertas biasanya media yang lazim digunakan. Saat ini ada pula produk yang menggabungkan ketiga fungsi pada sebuah printer. Sehingga perangkat ini bisa untuk mencetak, fotocopy dan scan.
  • Motherboard merupakan contoh perangkat keras sejenis papan sirkuit yang mengkoneksikan seluruh hardware pada perangkat komputer. Guna mendukung kinerjanya, motherboard dilengkapi chip BIOS (Basic Input Output System).
  • Video Graphic Array atau VGA merupakan contoh perangkat keras yang bertugas memproses visualisasi data berbentuk grafis. Perkembangan hardware ini sangat pesat, guna mendukung industri desain grafis, game dan multimedia.
  • Sound Card atau biasa disebut dengan kartu suara ini memiliki fungsi dalam pemrosesan data dengan format suara. Perangkat keras ini bermanfaat saat komputer mengeluarkan suara atau melakukan perekaman suara.
  • Monitor. Media output ini berguna dalam menayangkan hasil dari proses data grafisnya yang didukung oleh VGA.
  • Speaker merupakan contoh perangkat keras yang memiliki fungsi untuk mengeluarkan suara, yang merupakan hasil pemrosesan dari kartu suaranya.
  • Harddisk merupakan contoh erangkat keras yang tersusun dari piringan sebagai media penyimpanan sistem operasi, software dan data pengguna komputer.
  • Proyektor merupakan salah satu contoh perangkat keras yang umumnya perangkat ini digunakan sebagai penunjang presentasi, proses belajar mengajar atau menonton film. Anda tinggal mengkoneksikan pada komputer, dan menembakkan cahaya proyektor pada media yang sesuai.
  • RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory). RAM adalah media simpan data ketika diproses oleh prosesor. Sedangkan ROM merupakan media simpan yang sifatnya hanya read only.
Baca Lainnya :  √Trombosit adalah

Demikian Penjelasan Materi Tentang Hardware adalah: Pengertian, Ciri, Fungsi, Klasifikasi, Contohnya
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi