√Gempa Bumi: Pengertian, Jenis, Faktor Serta Dampak Gempa Bumi

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Gempa Bumi? Mungkin anda pernah mendengar kata Gempa Bumi? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, jenis, faktor serta dampak. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Gempa Bumi: Pengertian, Jenis, Faktor Serta Dampak Gempa Bumi

Pengertian Gempa Bumi

Gempa Bumi merupakan vibrasi ataupun guncangan yang berlangsung dibidang bumi efek dari divestasi daya dari dalam secara mendadak yang menimbulkan frekuensi seismik. Umumnya gempa bumi diakibatkan oleh mobilitas lapisan bumi.

Gempa Bumi ialah guncangan atau vibrasi dibidang bumi yang diakibatkan oleh frekuensi seismik dari inti gempa. Gempa sering berlangsung efek dari susunan antar lempeng tektonik yang disebabkan aktivitas magma dalam bumi. Getaran tersebut bersumber dari dalam lapisan menjalar ke bidang bumi dan menerobos bumi sehingga makhluk hidup yang ada dibidang bumi bisa menjumpai efek getaran tersebut. Gerak guncangan gempa bumi sangat kilat sehingga susah untuk diperkiraan. Media yang dipakai untuk menakar intensitas gempa ialah Seismograf ataupun Seismometer.

Jenis-Jenis Gempa Bumi

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis gempa bumi, yakni sebagai berikut:

Berdasarkan Penyebab

Berdasarkan penyebabnya, terdapat 5 jenis gempa bumi antara lain:

  • Gempa Bumi Tektonik

Gempa tektonik merupakan gempa yang diakibatkan karena terdapat kegiatan tektonik yakni perpindahan keraj bumi secara seketika yang mempunyai daya mulai dari minim sampai sangat super Gempa bumi tersebut menimbulkan kehancuran.

Baca Lainnya :  Integritas adalah
  • Gempa Bumi Vulkanik

Gempa vulkanik merupakan gempa yang diakibatkan oleh terdapat kegiatan magma yang umumnya berlangsung sebelum meledaknya gunung berapi. Apabila kegiatan gunung berapi semakin membesar maka akan mengakibatkan meletus serta gempa bumi.

  • Gempa Bumi Runtuhan

Gempa bumi tumbukan merupakan gempa bumi yang berlangsung pada kawasan gamping ataupun kawasan pertambangan. Gempa bumi tersebut sedikit berlangsung dan berupa lokal.

  • Gempa Bumi Buatan

Gempa bumi buatan merupakan gempa bumi yang diakibatkan oleh kegiatan manusia itu sendiri, misalnya kegiatan peledakan dinamit disebuah pertambangan maupun lainnya, kegiatan ujicoba nuklir serta memukul palu di bidang dinding maupun sebagainya.

  • Gempa Bumi Tumbukan

Gempa bumi tumbukan merupakan gempa bumi yang berlangsung efek terdapat benturan dengan benda meteor ataupun asteroid yang jatuh ke permukaan bumi.

Berdasarkan Kedalaman

Berdasarkan kedalamannya, terdapat 3 jenis gempa bumi antara lain:

  • Gempa Bumi Dalam

gempa bumi dalam merupakan gempa bumi yang menyimpan hiposentrum yang berada lebih dari 300 km di bidang bumi ataupun berada dalam lapisan bumi. Gempa bumi tersebut biasanya tidak terlampau terancam.

Baca Lainnya :  √Penelitian Kualitatif: Pengertian, Ciri, Jenis dan Metode Menurut Para Ahli
  • Gempa Bumi Menengah

gempa bumi menengah merupakan gempa bumi yang menyimpan hiposentrum yang berada antara 60 km sampai 300 km di bidang bumi. Gempa bumi tersebut biasanya mengakibatkan kehancurang dangkal dan guncangannya sangat terasa.

  • Gempa Bumi Dangkal

Gempa bumi dangkal merupakan gempa bumi yang menyimpan hiposentrum yang berada lebih rendah dari 60 km di bidang bumi. Biasanya gempa tersebut mengakibatkan kehancurang yang sangat dahsyat.

Faktor Penyebab Gempa Bumi

Faktor penyebab berlangsungnya gempa bumi ialah terdapat belahan dan pembebasan proses di suatu lokasi yang kemudian beralih dan berganti dengan kilat sebagai dorongan dari daya endogen (daya dari dalam bumi) maupun daya eksogen (daya dari luar bumi).

Dampak Akibat Gempa Bumi

Berikut ini terdapat beberapa dampak dari akibat gempa bumi, yakni sebagai berikut:

  • Berlangsungnya kerusahaan, misalnya bangunan hancur, efek gempa menimbulkan tsunami
  • Jalan terhenti dan jembatan rusak
  • Tanah pada permukaan terjadi belah-belah atau retak-retak
  • Bangunan warga yang terkan dampak hancur
  • Terjadi Kebakaran
  • Banyaknya korban berjatuhan, dari korban meninggal dunia, luka berat, luka ringan maupun korban hilang
Baca Lainnya :  Ovum adalah

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang Gempa Bumi: Pengertian, Jenis, Faktor Serta Dampak Gempa Bumi
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi