Gelombang Radio

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Gelombang Radio?Mungkin anda pernah mendengar kata Gelombang Radio? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang. Pengertian, manfaat, dampak, jenis, karakteristik, contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Gelombang Radio

Pengertian Gelombang Radio

Gelombang radio merupakan suatu bentuk radiasi elektromagnetik yang memiliki jangkauan frekuensi yang cukup luas dan biasanya dihasilkan oleh rangkaian isolator dlm alat-alat  elektronika bentuknya tidak terlihat dan Frekuensi Radio kecil tapi memiliki panjang gelombang paling panjang. Biasanya digunakan untuk ponsel, televisi, radio, serta radar dan astronomi. Frekuensi dan panjang gelombang yang dihasilkan tergantung pada jumlah energi yang terlibat. dan radiasi elektromagnetiknya bergerak dengan cara osilasi elektrik maupun magnetik.


Manfaat Gelombang Radio

Adapun manfaat gelombang radio antara lain yaitu sebagai berikut:

  • Membawa informasi penting lebih mudah dan navigasi.
  • Menyalurkan transmisi radio
  • Mempermudah kontak dengan kendaraan udara (pesawat)
  • transmisi data satelit para astronot di ruang angkasa mampu menjangkau dan berbicara dengan orang-orang di bumi.
  • Memantau dan mengontrol inviroments industri tertentu
  • Mampu Meningkatan akurasi. Dengan menggunakan gelombang radio orang dapat memantau dan mengontrol inviroments industri tertentu.

Dampak Gelombang Radio

Berikut adalah dampak gelombang radio antara lain sebagai berikut:

  1. Dapat menyebabkan penyakit katarak jika  Paparan gelombang mikro yang berlebihan radiasi elektromagnetik yang dipacarkan dalam HP
  2. Dapat menyebabkan kanker kulit (Sinar ultraviolet).
  3. Dapat menyebabkan katarak mata(Sinar ultraviolet).
  4. Dapat menghitamkan warna kulit (Sinar ultraviolet).
  5. Dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh (Sinar ultraviolet).
  6. Dapat menyebabkan kemandulan (Sinar gamma).
  7. Dapat menyebabkan kerusakan sel/jaringan hidup manusia (Sinar X dan terutama sinar gamma).
  8. Dapat menyebabkan keluhan nyeri di bagian kepala, telinga, tenggorokan dan beberapa bagian tubuh lain bila berada dekat dengan peralatan elektronik atau menara pemancar.
Baca Lainnya :  √Senyawa Kimia: Pengertian, Ciri, Jenis, Sifat Serta Penamaannya

Jenis-Jenis Gelombang Radio

Berikut ini adalah jenis-jenis gelombang radio antara lain yakni:

  1. Gelombang panjang (long wave) ; gelombang jenis ini memiliki signal yang panjang sehingga mampu menjangkau range area yang sangat luas. Kerugian dari gelombang ini adalah memerlukan daya listrik yang sangat besar sehingga mahal dalam operasionalnya, Karena jenis gelombangnya panjang dan lebar menyebabkan rentan terhadap gangguan (noise)
  2. Gelombang pendek (short wave) gelombang yang menggunakan udara sebagai mediator. Jenis gelombang ini adalah SW (short wave), Keuntungan dari gelombang ini adalah Mampu menjangkau wilayah (coverage area) yang luas Banyak digunakan oleh pemancar internasional atau antar benua, Kerugian dari gelombang ini adalah Banyak noise-nya khususnya dari matahari, cuaca, udara, halilintar dsb, Suara manusia dapat didengar dengan baik tetapi pengguanaan sound effect kehilangan mutu kulitasnya (kabur)
  3. Gelombang medium (medium wave) ; gelombang yang menggunakan permukaan bumi sebagai mediator. Secara umum kebanyakan gelombang yang dipakai oleh stasiun radio. Jenis yang dipakai oleh gelombang ini adalam AM (amplitudo modulation) dan FM (frequency modulation) Keuntungan dari gelombang ini adalah Permukaan bumi kurang dipengaruhi cuaca sehingga tidak terjadi noise Mutu penyiaran lebih bagus dalam kualitas suara dan sound effect. Kerugian dari gelombang ini adalah Tanah menyerap gelombang lebih cepat daripada udara yang menyebabkan jarak jangkauan siaran lebih sempit sehingga memerlukan booster, Tanah di Indonesia mengandung besi yang cepat menyerap gelombang sehingga merupakan penghantar yang buruk

Karakteristik Gelombang Radio

Adapun karakteristik dan sifat gelombang radio antara lain sebagai berikut:

1. Perambatannya tidak memerlukan medium sehingga dapat merambat diruang hampa.
2. Dapat mengalami polarisasi karena gelombang elektromagnetik merupakan gelombang transversal
3. Diudara atau ruang hampa, kecepatannya sama dengan kecepatan cahaya
4. Arah perambatannya tidak dipengaruhi medan listrik dan medan magnet dan gelombang elektromagnetik tidak bermuatan listrik
5. Dapat mengalami pemantulan, pembiasan, interferensi dan difraksi. Adapun sifat gelombang radio antara lain sebagai berikut:

  • Dipantulkan (Refleksi) Tentunya sahabat sudah sangat mengerti tentang pemantulan ini, jadi secara garis besar saya rasa kita sudah sepaham. Dalam pemantulan gelombang berlaku hukum pemantulan gelombang, yaitu : Besar sudut datangnya gelombang sama dengan sudut pantul gelombang.Gelombang datang, gelombang pantul, dan garis normal terletak pada satu bidang datar.
  • Dibiaskan (refraksi) Pembiasan gelombang adalah pembelokan arah rambat gelombang karena melalui medium yang berbeda kerapatannya.
  • Dipadukan (interferensi) Perpaduan gelombang terjadi apabila terdapat gelombang dengan frekuensi dan beda fase saling bertemu. Hasil interferensi gelombang akan ada 2, yaitu konstruktif (saling menguatkan) dan destruktif (saling melemahkan). Interferensi Konstruktif terjadi saat 2 gelombang bertemu pada fase yang sama, sedangkan interferensi destruktif terjadi saat 2 gelombang bertemu pada fase yang berlawanan.
  • Dibelokkan/disebarkan (Difraksi) Difraksi gelombang adalah pembelokkan/penyebaran gelombang jika gelombang tersebut melalui celah. Geja difraksi akan semakin tampak jelas apabila celah yang dilewati semakin sempit.
Baca Lainnya :  √Dokumentasi: Pengertian, Jenis, Kegiatan, Fungsi Serta Tujuannya

Contoh Gelombang Radio

1. Radio

Radio merupakan suatu alat elektronik yang digunakan untuk komunikasi dan menyampaikan informasi dalam bentuk suara. Sistim kerja radio sendiri memang memanfaatkan gelombang radio. Diradio digunakan untuk mengirimkan sinyal dengan cara modulasi dan radiasi.


2. Televisi

Telivisi merupakan salah satu alat elektronik yang digunakan untuk menyampaikan informasi dalam bentuk suara dan gambar. Kinerja televisi juga menggunakan gelombang radio. Hal ini untuk dapat menayangkan informasi dan bisa ditonton oleh seluruh masyarakat yang menggunakannya.


3. Radar

Radar merupakan suatu alat yang sering digunakan pada sistim pesawat dan juga kapal selam yang digunakan untuk mengetahui objek lain yang ada disekitanya. Alat ini sering kali digunakan pada sistem pesawat terbang dan kapal selam. Manfaat radar yang paling sering digunakan adalah untuk mengetahui cuaca buruk.

4. Ponsel

Ponsel merupakan sebuah alat komunikasi jarak jauh. Saat ini ponsel merupakan kebutuhan pokok bagi setiap orang dalan kesehariannya. Apalagi seiring berkembangnya teknologi, berbagai macam media dan aplikasi yang bisa diinstal. Hal ini memberikan kenyamanan dan kemudahan untuk orang berkomunikasi. Gelombang radio disini dimanfaatkan sebagai pancaran sinyalnya.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Gelombang Radio: Pengertian, Manfaat, Dampak, Jenis, Karakteristik, Contoh

Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya