√Gaya Berat: Pengertian, Rumus Beserta Contohnya Lengkap

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Gaya Berat? Mungkin anda pernah mendengar kata Gaya Berat? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, rumus beserta contohnya. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Gaya Berat: Pengertian, Rumus Beserta Contoh Gaya Berat

Pengertian Gaya Berat

Banyak orang salah mendefinisikan tentang berat dan massa. Dalam ilmu fisika, berat benda ialah suatu gaya yang dikarenakan oleh gravitasi yang berhubungan dengan massa benda tersebut. Massa benda konsisten dimana-mana, sebaliknya berat suatu objek akan berganti-ganti seperti dengan besarnya laju gravitasi di lokasi tersebut.

Massa benda ialah terdapatnya objek yang ada dalam benda. Massa benda bersifat tetap, maksudnya tidak dikuasai oleh gravitasi. sebaliknya berat benda menerangkan besarnya gaya gravitasi yang beraktivitas pada objek tersebut. Karena berat ialah suatu gaya maka berat objek diukur dengan memerlukan neraca pegas.

Massa benda besarnya sama dimanapun penilaian massa dilakukan, sementara berat benda berganti terkait lokasinya. Hal ini dampak dari besarnya laju gravitasi di setiap lokasi tidak sama, terkai selisihnya dari pusat bumi.

Rumus Gaya Berat

Berat suatu objek berganti terkait pada lokasinya dari pusat bumi. Setiap objek yang ada di bumi mempunyai berat. Berikut ini rumus gaya berat dibawah ini:

Rumus Gaya Berat

w = m.g

Penjelasannya:

w : berat benda (N)

m : massa benda (kg)

g : gravitasi bumi (m/s2)

Contoh Gaya Berat

  • Sebuah kursi bermassa 8 kg terletak di atas lantai. Berapakah berat kursi ketika laju gravitasi di lokasi tersebut dengan 6,7 m/s2?

Dicari: w = …?

Jawab:

w = m.g

w 8 kg.6,7 m/s2

w = 53,6 N

Jadi, berat kursi tersebut ialah 53,6 N.

  • Sebuah lemari pakaian bermassa 35 kg diletakkan diatas lantai. Berapakah berat lemari pakaian tersebut ketika laju gravitasi di lokasi tersebut dengan 10,7 m/s2?
Baca Lainnya :  √Kesehatan Lingkungan: Pengertian, Ruang Lingkup, Objek, Tujuan dan Contoh

Dicari: w = …?

Jawab:

w = m.g

w = 35 kg.10,7 m/s2

w = 374,5 N

Jadi, berat lemari pakaian tersebut ialah 374,5 N.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Gaya Berat: Pengertian, Rumus Beserta Contohnya Lengkap
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi