√Galaksi Andromeda: Pengertian, Sejarah, Ciri, Teori Serta Pergerakannya

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Galaksi Andromeda? Mungkin anda pernah mendengar kata Galaksi Andromeda? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, sejarah, ciri, teori serta pegerakannya. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Galaksi Andromeda: Pengertian, Sejarah, Ciri, Teori Serta Pergerakannya

Pengertian Galaksi Andromeda

Galaksi andromeda ialah salah satu galaksi di luar galaksi Bima Sakti yang bisa dipandang dengan mata telanjang, jika dipandang saat malam yang cerah, tanpa bulan dan tanpa pencemaran cahaya.

Letak Galalaksi Andromeda

Letak galaksi andromeda ialah di bagian langit utara, antara 41 derajat di bagian utara khatulistiwa langit, baik diamati antara bulan September, Oktober maupun November. Dengan memandang mata telanjang, galaksi andromeda terdapat terlihat berupa kabut tipis kecil di langit utara, tetapi apabila diamati dengan teleskop yang dapat memperlihatkan bintang-bintang keruh di pinggiran galaksi Andromeda, kelihatan berdiameter Andromeda dapat lebih dari 7 kali diameter sudut bulan. Galaksi andromeda tersebut menyimpan antara 1 triliun bintang dan bergerak mencapai Bima Sakti dengan kelajuan antara 200 sampai 300 km/detik.

Sejarah Terciptanya Galalaksi Andromeda

Berdasarkan beberapa prediksi galaksi Andromeda mempunyai usia yang lebih muda disamakan dengan galaksi Bima Sakti. Sekitar ribuan tahun sesudah galaksi bima sakti tercipta, dari debu sisa maka terciptalah galaksi Andromeda. Diprediksi ketika galaksi Bima Sakti tercipta, ada pula beberapa bintang purba yang membagi dan mencipta calon galaksi sampai akhirnya menciptakan beberapa galaksi yang mempunyai diameter kecil.

Terdapat 2 galaksi yang berdiamter kecil yang beralih saling menghampir sampai saling bertubrukan satu sama lainnya. Karena tubrukan tersebut terciptalah galaksi Andromeda yang didalamnya diperoleh bintang yang terjalin dengan gravitasinya. Sehingga, Galaksi Andomeda terus menghadapi peningkatan dengan menciptakan beberapa struktur di dalamnya. Struktur tersebut diantaranya bintang, cincin gas dan debu. Sampai masa ini diprediksi bintang-bintang tersebut berjumlah antara 1 triliun bintang. Tubrukan kedua galaksi kecil tersebut berlangsung antara 9 milyar tahun yang lalu. Peningkatan terus berlangsung sampai galaksi andromeda berupa seperti yang kedapatan pada masa ini.

Teori Terciptanya Galaksi Andromeda

Diperoleh beberapa teori terciptanya galaksi andromeda tersebut, salah satunya ialah teori spekulasi fowler. Teori spekulasi fowler tersebut dikemukakan oleh ilmuwan yang bernama Fowler sekitar tahun 1957. Fowler menguraikan bahwa 12.000 juta tahun yang lalu, galaksi masih dalam bentuk gas hidrogen dengan diamter yang sangat besar. Hidrogen tersebut terus beralih dengan gerakan rotasi sehingga menciptakan bulat, karena mempunyai gaya berat maka mendapati peregangan. Struktur pencipta galaksi tersebut mendapati gerakan yang berganti arah secara pelan dan mempunyai berat jenis yang besar sehingga terciptanya bintang-bintang. Sesudah berpuluh-puluh ribu tahun, suhu bintang-bintang tersebut semakin lama semakin menyusut. Bentuk bintang tersebut condong konsisten seperti keadaan matahari. Teori tersebut dipercayai oleh para ahli berlangsugn pada inti galaksi, yakni lokasi terciptanya bintang-bintang baru baik secara lembut ataupun eksplosif.

Menurut teori tersebut diuraikan bahwa galaksi tercipta dari himpunan gas hidrogen yang membeku dan menciptakan bintang. Bintang tersebut cerai berai, tetapi karena terkait gaya gravitasinya ia kembali menggabung pada daerah yang luas dan menciptakan galaksi, demikian pula dengan galaksi Andromeda.

Ciri Ciri Galaksi Andromeda

Berikut ini terdapat beberapa ciri ciri dari galaksi andromeda, yakni sebagai berikut:

  1. Berupa spiral
  2. Mempunyai komponen yang sama dengan galaksi Bima Sakti
  3. Berlokasi di bagian langit utara antara 41 derajat di bagian utara garis khatulistiwa
  4. Bagian bibir galaksi andromeda tertampak lebih keruh dibandingkan bagian tengahnya
  5. Mempunyai pergerakan yang condong menghampiri galaksi Bima Sakti dengan kelajuan antara 200 sampai 300 km/s
  6. Bisa dipandang dengan jelas apabila malam tidak terdapat cahaya bulan pada saat terjadinya gerhana bulan
  7. Diedaran oleh plat gas dan debu
  8. Jarak antara galaksi andromeda dengan galaksi bima sakti ialah 2,5 juta tahun cahaya
  9. Diedaran bintang dengan nuansa warna merah jambu

Pergerakan Galaksi Andromeda

Galaksi ternyata mempunyai kelompok, dalam setiap kelompok diperoleh beberapa galaksi. Demikian juga galaksi bima sakti, galaksi bima sakti tersebut dikelompokkan dengan galaksi tetangganya. Jumlah tetangga galaksi bima sakti sampai 48 galaksi.

Pada setiap kelompok diciptakan grup teritorial antar galaksi yang berdampingan\. Dalam grup teritorialnya, galaksi andromeda dan bima sakti sebagai galaksi terbesar dibandingkan galaksi lainnya. Inti massa dalam grup teritorial galaksi berada diantara galaksi bima sakti dan galaksi andromeda. Titik inti massa tersebut diingat dengan kata barycenter.

Menurut observasi yang dilakukan beberapa para ahli, ternyata galaksi andromeda beralih menghampiri galaksi Bima Sakti dengan gerakan menepi agak melenceng, demikian juga dengan gerakan galaksi bima sakti. Pergerakannya yang condong menghampiri galaksi bima sakti yang mempunyai kelajutan sampai 300 km/s.

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang Galaksi Andromeda: Pengertian, Sejarah, Ciri, Teori Serta Pergerakannya
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi

 

Baca Lainnya :  √Sistem Koloid: Pengertian dan Sifat-Sifat Koloid Serta Penjelasannya
Baca Lainnya :  √ Seni Patung : Pengertian, Sejarah, Jenis, Teknik Serta Contohnya
Baca Lainnya :  √Hukum Internasional: Pengertian, Asas, Sumber, Hubungan dan Penyelesaian