Materi Tajuk Rencana

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Tajuk Rencana? Mungkin anda pernah mendengar kata Tajuk RencanaDisini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, ciri, fungsi, materi, jenis struktur, cara, contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Tajuk-Rencana

Pengertian Tajuk Rencana

Editorial adalah artikel tentang penerbitan media massa yang mencerminkan pandangan media massa tentang peristiwa penting. Atau, editorial adalah opini dan sikap resmi media sebagai penerbit acara dan isu yang sedang dibahas dalam komunitas yang lebih luas.

Pernyataan fakta dan pendapat biasanya ditulis dalam cara yang ringkas, logis, dan menarik dengan maksud mempengaruhi opini sehingga pembaca menyadari pentingnya berita dan menerjemahkan berita yang menonjol. Saya.


Ciri-Ciri Tajuk Rencana

Berikut ini adalah beberapa fitur editorial dan terdiri dari:

  1. Berisi editorial tentang acara yang sedang dibahas.
  2. Berisi ulasan tentang masalah yang dipublikasikan.
  3. Biasanya, di tingkat negara, berita internasional dapat menjadi editorial jika berita tersebut mempengaruhi tingkat negara.
  4. Berisi editor pemikiran subyektif.

Fungsi Tajuk Rencana

Berikut ini beberapa fitur pengeditan:


  • Menjelaskan berita (explaining the news)

Rencana editorial menjelaskan berita penting kepada pembaca. Editorial bertindak sebagai guru, menjelaskan bagaimana peristiwa tertentu terjadi dan faktor-faktor apa yang dianggap membuat perbedaan dalam kebijakan pemerintah.


  • Deskripsi latar belakang (isi latar belakang)

Editorial dapat menjelaskan peristiwa ini dalam konteks sejarah. Editorial dapat menunjukkan hubungan antara berbagai peristiwa, seperti politik, ekonomi, dan sosial. Kadang-kadang, editorial menyertakan pandangan dan menunjukkan kesamaan dengan sejarah, yaitu kesamaan yang bertujuan untuk mendidik masyarakat.

Baca Lainnya :  Prinsip Ekonomi

  • Prediksi masa depan (prediksi masa depan)

Editorial menyajikan analisis yang melampaui batas acara saat ini dengan tujuan memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan.


  • Komunikasikan penilaian moral (lulus penilaian moral)

Menurut tradisi lama, editor ditugaskan untuk melindungi hati nurani rakyat. Mereka diharapkan menjaga masalah moral dan menjunjung tinggi posisi mereka. Oleh karena itu, penulis editorial berurusan dengan “penilaian nilai”. Mereka memberi tahu pembaca apa yang benar dan apa yang salah. Mereka memperjuangkan yang benar dan menyerang yang jahat (Rivers, 1994: 23-24).


Materi Pada Tajuk Rencana

Beberapa bahan yang sering dimuat ke editorial termasuk:

  • Dokumen tersebut berisi informasi
    Termasuk materi yang menjelaskan banyak peristiwa yang sedang dikembangkan dan percakapan aktual di komunitas.
  • Bahan untuk dijelaskan
    Memberikan deskripsi terperinci dan jelas tentang masalah dan intervensi spesifik yang saat ini sedang dibahas di masyarakat.
  • Materi diskusi
    “Bahan diskusi” berarti, secara tertulis, analisis berdasarkan alasan yang didukung oleh data dan fakta yang akurat, dan deskripsi jawaban untuk pertanyaan sebab dan akibat.
  • Membujuk materi
    Materi yang biasanya dibujuk untuk mengundang berbagai kelompok untuk merespons peristiwa yang sedang terjadi.
  • Memuji
    Berisi materi yang akan menghadiahkan pihak-pihak yang dianggap berhasil dalam melakukan sesuatu atau berkontribusi kepada masyarakat luas.
  • Bahan lucu
    Berisi materi yang memberikan hiburan bagi pembaca. Biasanya mengandung humor. Ini digunakan untuk mengundang orang untuk memperhatikan fenomena yang sedang berlangsung atau diperdebatkan.

Jenis-Jenis Tajuk Rencana

Berikut ini beberapa jenis tajuk rencana:


1. Tajuk rencana adalah informasi

Judul semacam ini jarang. Either way, itu terutama karena penulis judul masih tidak tahu kebijakan yang diambil oleh korannya.


2. Tajuk rencana bersifat deskriptif

Jenis judul ini mirip dengan interpretasi yang menggambarkan suatu peristiwa atau berita.


3. Tajuk rencana yang bersifat memberikan argumentasi

Judul rencana ini analitis dan menyediakan diskusi tentang mengapa sesuatu terjadi dan konsekuensinya.


4. Tajuk rencana yang bersifat menjuruskan timbulnya aksi

Judul rencana ini adalah tema yang menggerakkan tindakan orang. Penulis utama ingin menyelesaikan sesuatu dengan cepat. Namun, pembaca surat kabar sekarang terbiasa dengan situasi ini dan kecil kemungkinannya untuk mengambil tindakan.

Baca Lainnya :  Esofagus adalah

5. Tajuk rencana yang bersifat jihad

Judul rencana ini umumnya bertanggal dan memiliki sikap yang jelas terhadap masalah ini. Tujuannya untuk melakukan perubahan. Contoh tajuk berita terkini tentang antidepresan dan penghapusan perjudian.


6. Tajuk rencana yang bersifat membujuk

Jenis headline yang menarik ini dimaksudkan untuk komunitas pembaca untuk mengambil tindakan dan membentuk opini publik.


7. Tajuk rencana yang bersifat memuji

Jika Anda memiliki tajuk ajakan bertindak, wajar jika memiliki tajuk yang dimaksudkan untuk memuji atau memuji kinerja yang sedang berlangsung di massa.


8. Tajuk rencana yang bersifat menghibur

Judul-judul jenis ini murni hiburan dan sering ditemukan di surat kabar, sering kali berkaitan dengan sejarah minat manusia. Sebagai contoh, ada sakit kepala atas kematian gajah tertua di Kebun Binatang Lagunan di Jakarta (Assegaff, 1983: 65-66).


Struktur Teks Tajuk Rencana

Struktur teks adalah potongan-potongan individual yang membentuk editorial sehingga menjadi teks lengkap. Berikut ini adalah struktur umum.


1. Pertanyaan pendapat

Ini adalah pertanyaan opini yang mencakup topik fenomena atau masalah yang sedang dibahas. Ini juga merupakan perspektif penulis tentang fenomena dan masalah yang terjadi di masyarakat. Di bagian ini, Anda juga bisa merujuk ke pertanyaan atau teori yang diperkuat oleh argumen “alasan”.


2. Argumentasi (alasan)

Ini adalah alasan untuk memperkuat pendapat / pendapat yang disampaikan, diskusi ini dapat mengambil bentuk fakta, pertanyaan umum, pendapat tentang hasil penelitian, dll, menurut para ahli. Di bagian ini, penulis mencoba meyakinkan publik bahwa apa yang ditulisnya benar.


3. Reiteration (Pernyataan Ulang Pendapat)

Akhir teks dan menyertakan penegasan kembali pernyataan atau pendapat tertulis sehingga pembaca dapat mempelajari teks tersebut. Biasanya disertai dengan saran kepada pembaca.


Cara Membuat Tajuk Rencana

Judul judul rencana editorial sebenarnya sama dengan judul artikel opini, provokatif, ringkas dan ringkas, relevan, fungsional, informal, representatif, dan mengacu pada bahasa standar. Harus. Berikut ulasannya:


  • Provokatif

Judul harus dapat menarik perhatian publik dan perhatian pada deskripsi editorial kami. Mengingat bahwa fitur sangat strategis bagi pers, editorial harus sangat menarik.


  • Singkat dan Padat

Buka langsung ke subjek dan sesuaikan ke kolom yang tersedia.

Baca Lainnya :  Daur Biogeokimia

  • Relevan

Terkait dan sesuai dengan subjek. Jangan tinggalkan topik. Anda harus mendapatkan judul yang sesuai dari topik. Topik yang baik harus mencerminkan keseluruhan deskripsi.


  • Fungsional

Fungsional berarti bahwa setiap kata dalam judul editorial independen, independen, independen dari kata lain, dan memiliki makna yang jelas dan jelas.


  • Informal

Hindari menulis pola ketat, dingin dan formal. Judul yang kami sajikan menarik, menarik, hidup, dan segar.


  • Representatif

Judul yang Anda tetapkan mewakili subjek. Mengacu pada logika dan aturan penelitian ilmiah, judul editorial yang baik harus mencakup dua variabel: variabel independen dan variabel dependen.


  • Merujuk pada Bahasa Baku

Judul harus mengikuti aturan bahasa dan harus disesuaikan dengan bagian itu dan memperhitungkan audiens.


Contoh Tajuk Rencana

Anak-anak Indonesia putus sekolah dalam waktu singkat

Kesan pertama saya ketika saya bertemu Veronica Colondam adalah cantik, hangat dan antusiasme. Pendiri Labutyl Draination Foundation (YCAB) telah aktif sejak 1999 dalam mencegah penggunaan narkoba pada anak-anak dan remaja. Yayasan ini berkembang setiap tahun dan saat ini memiliki tiga program utama yang bukan hanya pencegahan narkoba.

Dengan kata lain, mempromosikan gaya hidup sehat bagi kaum muda di sekolah (BANTUAN), rumah untuk pembelajaran dan pengembangan (HOLD), dan operasi langsung untuk wirausaha (HOPE). Dengan begitu banyak program, penggemar makanan Jepang ini merasa bahwa kerja kerasnya dan tim YCAB masih ada. Data Departemen Pendidikan 2007 menunjukkan bahwa lebih dari 1,1 juta anak Indonesia putus sekolah.

Ini menunjukkan bahwa semakin banyak anak putus sekolah, semakin besar risiko keluar di jalan dan menjadi pengguna narkoba. Ketiga ibu tersebut juga berbagi ide dan rencananya dengan YCAB dan VIVAnews.

Menurutnya, rencananya berupa “debu” yang masih disempurnakan untuk melindungi anak-anak bangsa. Ada juga program penempatan kerja. Paket B dan C, SMP dan SMA. Setelah itu, pilihan keterampilan diperlukan tahun lalu, tetapi kualitas pendidikan tetap dipertahankan karena orang-orang yang bekerja segera di jurusan dipilih, seperti penataan rambut dengan tim pendidikan Rudy Hadisuwarno dan keramahtamahan di Binus (Bina Nusantara). Dulu.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Tajuk Rencana: Pengertian, Ciri, Fungsi, Materi, Jenis, Struktur, Cara dan Contoh
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi