√Firewall: Pengertian, Macam, Fungsi, Manfaat Serta Cara Kerjanya

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Firewall? Mungkin anda pernah mendengar kata Firewall? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, macam, fungsi, manfaat serta cara kerjanya. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Firewall: Pengertian, Macam, Fungsi, Manfaat Serta Cara Kerjanya

Pengertian Firewall

Firewall ialah gabungan antara perangkat keras dan perangkat lunak yang berfungsi untuk membelah antara jaringan komputer menjadi 2 atau bisa lebih untuk melindung keamanan data.

Macam-Macam Firewall

Berikut ini terdapat 2 macam-macam firewall, yakni sebagai berikut:

  • Personal Firewall

Personal firewall tersebut dipersiapkan untuk menjaga komputer yang terinteraksi ke jaringan dari akses yang tidak dikehendaki. Akhir-akhir ini, firewall tersebut dalam peredaran menjadi gabungan program yang berfungsi untuk melindungi komputer secara total dengan ditambahkannya beberapa karakteristik pelindung semacam perangkat penjagaan mengenai virus, anti spyware, anti spam, penemuan gangguan keamanan jaringan dan lain-lainnya. Personal Firewall secara umum hanya mempunyai 2 karakteristik pokok, yakni packet filter firewall dan stateful  firewall.

  • Network Firewall

Network Firewall tersebut dipersiapkan untuk menjaga jaringan secara keseluruhan dari beraneka macam serangan. Diperoleh 2 bentuk firewall yang umumnya ditemui yakni menjadi  perangkat penemuan atau perangkat lunak yang diinstalasikan dalam server. Secara umum, Network Firewall mempunyai beberapa karakteristik pokok, yakni packet filter firewall dan stateful  firewall, circuit level gateway, application level gateway dan NAT firewall. Network Firewall biasanya berbentu tembus pandang dari pemakai dan memakai teknologi routing untuk memasang paket yang disetujukan dan mana paket yang ditolak.

Fungsi Firewall

Berikut ini terdapat beberap fungsi dari firewall, yakni sebagai berikut:

  1. Untuk mengatur dan memantau paket data yang bergerak dalam jaringan, Firewall harus dapat mengelola, menentukan dan juga memantau jalur data yang disetujukan untuk mengakses jaringan tersembunyi yang dijaga firewall.
  2. Firewall harus dapat memonitoring atau memantau paket daya yang akan melalui jaringan tersembunyi.
  3. Menjalankan autentifikasi mengenai akses.
  4. Firewall dapat memonitoring lebih dari semampunya header paket data, keahlian tersebut menghendaki firewall untuk bisa membaca protokol aplikasi tesebut.
  5. Mencatat setiap transaksi beragam macam peristiwa yang berlangsung dalam firewall, terebut menguatkan untuk dapat menopang menjadi pengintai dini akan kesempatan untuk menembus jaringan.

Manfaat Firewall

Berikut ini terdapat beberap manfaat dari firewall, yakni sebagai berikut:

  • Mengelola jalur ataupun trafik data antar jaringan satu dengan jaringan yang lainnya.
  • Mengelola port ataupun paket data yang dibolehkan atau bisa yang ditolak.
  • Autentikasi mengenai akses.
  • Mengawasi dan memonitoring jalur jaringan.

Cara Kerja Firewall

Firewall bekerja dengan cara mengkaji peket data yang keluar dan masuk ke dalam kawasan aman yang dijaga oleh firewall tersebut. Paket data yang tidak terhindar dari analisis akan ditolak masuk ataupun keluar jaringan yang dijaga.

Penyaring atau penyeleksi firewall akan bekerja untuk mengontrol atau mengawasi sumber paket data yang masuk dengan keteta[am yang dibuat guna mengawasi paket yang diizinkan masuk. Sistem firewall tersebut juga menghalangi jaringan tertentu dan mencatat jalur paket data yang meragukan.

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang Firewall: Pengertian, Macam, Fungsi, Manfaat Serta Cara Kerjanya
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi dan Mahasiswa

 

Baca Lainnya :  Rotasi Bumi
Baca Lainnya :  Pasang Surut Air Laut
Baca Lainnya :  √Penelitian Kualitatif: Pengertian, Ciri, Jenis dan Metode Menurut Para Ahli