√Film: Pengertian, Sejarah, Komponen, Macam Serta Fungsi Film

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Film? Mungkin anda pernah mendengar kata Film? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, sejarah, komponen, macam serta fungsi. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Film: Pengertian, Sejarah, Komponen, Macam Serta Fungsi Film

Pengertian Film

Film ialah hasil cipta karya seni yang memiliki keutuhan dari jumlah komponen seni guna dan memenuhi keperluan yang berbentuk psikis. Komponen seni yang terdapat dan membantu sebuah film diantaranya seni rupa, seni fotografi, seni arsitektur, seni tari, seni puisi sastra, seni teater, seni musik, seni pantomin dan novel.

Sejarah Film

Film tayang perdana kali diciptakan pada tahun 1805 oleh Lumiere Brothers. Lalu sekitar pada tahun 1899, George Melies mulai memamerkan film dengan model editing yang berjudul Trip To The Moon. Pada tahun 1902, Edwin Peter menciptakan film yang berjudul Life Of In American Fireman.

Di Indonesia, film menggapai keemasannya pada tahun 1970 sampai 1980 ataupun akuratnya sebelum masuknya siaran-siaran Television pada tahun 1988. Masyarakat sangat apresiasi dalam merespons film yang ada di Indonesia. Keadaan tersebut tergantung dengan nilai dari film tersebut yang benar-benar dapat melengkapi keperulan ilmu jiwa dan spikis masyarakat Indonesia.

Komponen-Komponen Film

Berikut ini terdapat beberapa komponen-komponen film, yakni sebagai berikut:

  1. Produser
  2. Sutradara
  3. Penulis Skenario
  4. Penata Kamera
  5. Penata Artistik
  6. Penata Musik
  7. Editor
  8. Penambah dan Penata Suara
  9. Pemeran

Macam-Macam Film

Berikut ini terdapat 4 macam-macam jenis film, yakni sebagai berikut:

  • Film Berita

Film berita ialah macam jenis film tentang fenomena ataupun kejadian yang sungguh-sungguh berlangsung. Karena berbentuk berita maka film yang disiapkan kepada publik harus berisi kualitas berita. Etika berita tersebut yakni bermakna dan memikat.

  • Film Kartun

Film kartun diciptakan untuk anak-anak. Mengenai tokoh film kartun yang bisa kalian kenal ialah Donald bebek, Putri Salju, Mickey Mouse yang dibuatkan oleh ahli seni dari Amerika Serikat Walt Disney.

  • Film Cerita

Film cerita ialah macam jenis film yang berisi tentang cerita yang normal dipamerkan di ruangan bioskop dengan pemeran yang tersohor dan penyaluran sebagai barang komoditas.

  • Film Dokumenter

Film Dokumenter ialah karya ciptaan mengenai fakta berlainan dengan film berita yang menjadi rekaman fakta, maka film dokumenter yakni hasil pemahaman pribadi.

Fungsi Film

Umumnya film disaksikan sebagai rekreasi. Tetapi fungsi yang berisi dalam film diantaranya ialah fungsi memberi informasi, mendidik dan juga mengubah sikap atau perilaku. Film nasional berfungsi sebagai sarana mendidik untuk membentuk generasi muda dalam bentuk bangsa dan bangun karakter.

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang Film: Pengertian, Sejarah, Komponen, Macam Serta Fungsi Film
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya

 

Baca Lainnya :  √Syair : Pengertian, Ciri, Jenis Beserta Contohnya
Baca Lainnya :  √Seni Patung: Pengertian, Sejarah, Jenis, Teknik Serta Contohnya
Baca Lainnya :  √Promosi: Pengertian, Jenis, Manfaat, Tujuan dan Contoh Promosi