Evolusi adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Evolusi? Mungkin anda pernah mendengar kata Evolusi? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, ciri, prinsip, jenis, contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Evolusi adalah

Pengertian Evolusi

Evolusi merupakan suatu bentuk perubahan, pertumbuhan maupun perkembangan yang terjadi pada sesuatu yang lebih baik. Termasuk perubahan yang terjadi pada makhluk hidup secara bertahap dan berurutan sepanjang masa kehidupan dari satu kondisi ke kondisi lainnya dalam jangka waktu yang lama sehingga munculnya suatu spesies baru.


Pengertian Teori Evolusi Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa teori evolusi menurut para ahli antara lain sebagai berikut:


1. Menurut Charles Lyell

Menurut Charles Lyell mengatakan bahwa teori evolusi merupakan suatu teori yang mana menetapkan teori uniformitarianisme (keseragaman). Menurut Lyell, sebuah proses dapat mengubah lapisan batu dan bentuk permukaan bumi selalu sama atau tidak berubah dari waktu ke waktu. Charles Darwin terinspirasi dengan sebuah teori Hutton dan Lyell ketika dia berpikir bahwa perubahan di bumi perlahan menunjukkan bahwa bumi tersebut tua.


2. Menurut Charles Darwin

Menurut Charles Darwin mengatakan bahwa teori evolusi merupakan bahwa evolusi menciptakan keanekaragaman hayati. Makhluk hidup telah berevolusi melalui sebuah mekanisme terhadap seleksi alam. Organisme yang kuat akan bertahan. Darwin juga menyoroti kemampuan organisme untuk beradaptasi dengan seleksi alam. Darwin yakni dapat menggambarkan fenomena ketiga ini menggunakan contoh terkenal yang menunjukkan perkembangan pada leher jerapah.

Baca Lainnya :  Taman Nasional

3. Menurut August Weissman

Menurut August Weissman menggerogoti teori Lamarck mengatakan bahwa teori evolusi merupakan suatu teori dimana Weismann memotong ekor tikus dari generasi ke generasi. Menurut dalam sebuah teori Lamarck, yakni akan menyebabkan adanya kemunculan dalam jenis tikus tanpa ekor. Namun, hasil eksperimen Weismann menunjukkan bahwa ekor tikus tetap sama hingga generasi terakhir.


4. Teori Evolusi Menurut Lamarck

Teori evolusi menurut Lamarck mengatakan bahwa teori evolusi merupakan sebuah teori bahwa dari makhluk hidup yang paling sederhana sampai yang paling rumit ada hubungan keturunan antara satu dengan yang lain. Pendapat yang lain bahwa binatang beradaptasi terhadap berbagai macam unsur lingkungan seperti iklim, suhu, dan topografi dengan menggunakan dan mengembangkan organ tubuh yang ada. Sedangkan organ tubuh yang tidak digunakan menjadi terhenti perkembangannya. Contoh teori Lamarck adalah jerapah sekarang yang berleher panjang nenek moyangnya adalah jerapah yang berleher pendek, karena sering digunakan untuk mengambil makanan di tempat yang tinggi akhirnya menjadi panjang dan sifat ini diwariskan pada keturunannya. Sehingga jerapah sekarang semuanya berleher panjang.


Ciri-Ciri Evolusi

Berikut adalah beberapa ciri-ciri adanya evolusi antara lain yakni:


  • Berlangsung dan memerlukan waktu lama.
  • Adanya serangkaian perubahan-perubahan kecil yg saling mengikuti dengan lambat pula.
  • Terjadi dengan sendirinya, tanpa rencana atau kehendak tertentu.
  • Terjadi secara bertahap dan berkelanjutan.
  • Terjadi perubahan secara genetik, perubahan morfologi dan fisiologi.
  • Terjadi karena usaha masyarakat menyesuaikan diri dengan keperluan, keadaan dan kondisi baru yg timbul.

Prinsip Evolusi

Adapun beberpa prinsip evolusi antara lain sebagai berikut:

 


  1. Pada suatu saat evolusi terjadi lebih cepat dari yang lainnya. Bentuk-bentuk baru muncul dan bentuk lama punah.
  2. Laju kecepatan evolusi tidak berlangsung sama pada tiap-tiap organisme yang berbeda. Umumnya evolusi mula-mula berlangsung cepat pada saat spesies baru muncul dan kemudian diperlambat apabila kelompoknya terbentuk.
  3. Spesies baru bukan merupakan bentuk dari yang paling sempurna yang langsung hidup, tetapi berasal dari bentuk sederhana yang belum terspesialisasi.
  4. Evolusi tidak selalu dari yang sederhana ke kompleks, ternyata banyak contoh ”evolusi regresif” yaitu dari bentuk kompleks menuju bentuk sederhana. Sebagai contoh adalah kasuari diturunkan dari burung bersayap yang dapat terbang kemudian berkembang menjadi kasuari yang tidak bersayap dan tidak dapat terbang.
  5. Evolusi terjadi dalam populasi bukan dalam individu, oleh proses mutasi, reproduksi diferensial dan seleksi alam.
Baca Lainnya :  Iman Kepada Hari Akhir

Jenis-Jenis Evolusi

Berikut adalah beberapa jenis-jenis evolusi antara lain sebagai berikut:


1. Evolusi organik

Evolusi Organik merupakan suatu bentuk perubahan yang terjadi pada makhluk hidup atau komponen biotik dari generasi ke generasi baik morfologis maupun fisiologis. Hal ini dikenal juga dengan evolusi biologis.


2. Evolusi Kosmik

Evolusi Kosmik menjelaskan bahwa bumi yang ada sekarang berasal dari adanya ledakan galaksi yang terjadi jutaan tahun lalu. Para ahli geologi juga telah menunjukkan bahwa bumi ini mengalami perubahan-perubahan selama proses pertumbuhannya.


3. Evolusi Peradaban

Evolusi Peradaban merupakan suatu teori yang menjelaskan tentang manusia sebagai makhluk yang memiliki akal, budi, dan pikiran juga mengalami evolusi. Manusia mampu menyesuaikan diri dengan alam sekitarnya dengan memakai serta mengembangkan teknik, pengetahuan serta cara hidup.


4. Evolusi biologi

Evolusi Biologi merupakan suatu perubahan secara berangsur- angsur yang terjadi pada makluk hidup yang ada di bumi sesuai dengan perubahan zaman. Menurut pengertian evolusi, semua jenis makluk hidup sebenarnya berasal dari makluk terendah. Sesuai dengan peredaran zaman dan perubahan geologi-astronomi terjadi perubahan berangsur pada makluk hidup sampai terjadi terjadi makluk yang sekarang ada. Berdasarkan pemikiran evolusi, manusia digolongkan sebagai hewan. Hewan sendiri mengalami tingkat perkembangan dan bentuk seperti makluk terendah, mulai dari virus, bakteri, protozoa, cacing, ikan sampai pada mamalia. Evolusi pun sampai kini masih berlangsung. Bahkan dikira lebih cepat dikira prosesnya kini dari pada masa purba.


Contoh Evolusi

Berikut adalah beberapa contoh evolusi antara lain yakni:


  • Dahulu wanita tidak mendapat persamaan derajat dengan pria, namun sekarang wanita sudah dapat menyamai bahkan menyaingi pria.
  • Dahulu manusia mempertahankan hidup dengan berburu, kemudian dengan bercocok tanam, barter, dagang, dan sekarang banyak manusia yang mempertahankan hidup dengan menjual jasa.
  • Perubahan tata nilai kemasyarakatan, pada awalanya masyarakat desa umumnya masih memegang teguh nilai-nilai sosial seperti kesopanan, gotong-royong, dan juga tenggang rasa. Namun seiring perkembangan zaman, lambat laun nilai-nilai tersebut mulai terkikis 
Baca Lainnya :  Teks Eksposisi adalah

Demikian Penjelasan Materi Tentang Evolusi adalah: Pengertian, Ciri, Prinsip, Jenis, Contoh
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya