Etika Bisnis

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentan Etika Bisnis? Mungkin anda pernah mendengar kata Etika Bisnis? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, prinsip, manfaat dan contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Etika Bisnis: Pengertian Menurut Para Ahli, Prinsip, Manfaat dan Contoh

Pengertian Etika Bisnis

Etika bisnis ialah salah satu aturan yang tidak tertulis yang mengelola berjalannya suatu bisnis secara adil dan tidak tergantung pada pihak individu maupun perusahaan di kalangan masyarakat.

Pada dasarnya, suatu etika bisnis menjadi standar nilai karena menyangkut peran yang penting pada setiap karyawan dalam pengambilan keputusan untuk berbisnis secara eksternal, demi kepentingan masyarakat.


Pengertian Etika Bisnis Menurut Para Ahli

Berikut ini beberapa pendapat dari para ahli tentang etika bisnis, antara lain sebagai berikut:

  • Bertens

Menurut pendapat dari Bertens, etika bisnis ialah suatu etika yang memiliki ketentuan lebih luas tentang standar minimal yang diatur oleh hukum dalam kegiatan bisnis.

  • Hill dan Jones

Menurut pendapat dari Hill dan Jones, etika bisnis ialah suatu ajaran strategis pada setiap pimpinan perusahaan yang mengambil keputusan yang terkait sikap moral yang tidak kompleks.

  • Sim

Menurut pendapat dari Sim, etika bisnis ialah suatu karakter nilai dan moral dalam pelayanan yang konsisten pada masyarakat yang bekaitan dengan pimpinan yang efisien dan efektif.

  • Steade et al

Menurut pendapat dari Steade et al, etika bisnis ialah suatu standar etik yang bertujuan untuk mengambil keputusan dalam berbisnis.

  • Sumarni

Menurut pendapat dari Sumarni, etika bisnis ialah suatu penilaian dalam kegiatan berbisnis yang menerapkan pada kejujuran dalam berusaha.


Prinsip-Prinsip Tentang Etika Bisnis

Ada 4 Prinsip yang mengenai tentang etika bisnis untuk menjadikan pedoman dalam berbisnis, antara lain:

  • Prinsip Kejujuran

Setiap menjalankan berbisnis, prinsip kejujuran harus ditanam dalam diri kita agar saat berkomunikasi dan sikap terhadap klien bisa menjalin usaha semakin percaya.

  • Prinsip Integritas Moral

Prinsip integritas moral ialah suatu prinsip yang memiliki tindahkan dalam berbisnis dan dilandasi pemikiran dalam setiap pembicaraan pada setiap orang.

  • Prinsip Loyalitas

Dalam prinsip berbisnis, siap klien maupun pebisnis harus menerapkan loyalitas yang tinggi dalam menjalani bisnis yang sesuai dengan visi dan misi.

  • Prinsip Saling Menguntungkan

Dalam prinsip ini, setiap perusahaan maupun klien harus menanamkan kesadaran saling menguntungkan, karena keputusan berbisnis harus berusaha semua pihak merasa menguntungkan.


Manfaat-Manfaat Etika Bisnis

Dalam perilaku dalam beretika, sangat penting untuk melakukan kontak jangka panjang pada sebuah bisnis, karena bisnis sering menerapkan strategi untuk menghasilkan keuntungan perusahaan. Berikut ini manfaat-manfaat keuntungan bagi perusahan dalam etika bisnis, antara lain sebagai berikut:

  1. Dalam berbisnis, etika bisnis dalam perusahan sangatlah penting yang mempunyai pegawai yang banyak. Karena setiap pegawai harus menanamkan standar etik yang sama, jika pegawai memiliki masalah maka akan diambil keputusan bersama
  2. Etika bisnis untuk bertujuan menanamkan kesadaran bermasyarakat tentang sebuah bisnis dengan menerapkan suatu kesadaran.
  3. Etika bisnis harus mempunyai daya saing yang tinggi bagi perusahan, karena perusahan akan meningkatkan perkembangan bisnis terhadap daya saing di pasar global.
  4. Bagi perusahan besar, etika bisnis dapat menanamkan kepercayaan kepada klien untuk berinvestasi, karena harga kenaikan saham tergantung minat dari klien pada perusahaan tersebut.

Contoh Etika Bisnis dalam Perusahaan

Ada beberapa contoh tentang etika bisnis dalam perusahaan antara lain:

  • Menyebutkan Nama

Perusahaan pasti mengerti beretika bisnis terhadap klien, karena setiap bertemu klien pasti pimpinan perusahaan akan menyebutkan nama secara lengkap dan detail perusahaannya.

  • Berdiri saat Berkenalan

Setelah menyebutkan nama kepada klien, pimpinan pasti berdiri saat menyebutkan nama agar terlihat sopan kepada klien. Karena klien melihat nilai positif kepada anda.

  • Ucapkan Terima Kasih

Setiap kita menghadiri sebuah acara bisnis maupun ketemu klien pasti kita mengucapkan terima kasih. Dengan mengucapkan terima kasih kepada klien, maka klien tersebut memandang anda sebagai rekan kerja yang saling membutuhkan bantuan.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Etika Bisnis: Pengertian Menurut Para Ahli, Prinsip, Manfaat dan Contoh
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Mahasiswa

 

Baca Lainnya :  Paragraf Deduktif adalah