√Esai: Pengertian, Jenis, Ciri, Struktur, Cara dan Contohnya

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Esai? Mungkin anda pernah mendengar kata Esai? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, jenis, ciri, struktur, cara dan contohnya. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Esai: Pengertian, Jenis, Ciri, Struktur, Cara dan Contohnya

Pengertian Esai

Esai ialah sebuah tulisan yang memvisualisaikan pendapat penulis mengenai pokok spesfisik yang hendak dinilainya. Menurut KBBI, Esai ialah suatu karya tulis yang berdiskusi suatu kejadian secara sesaat dari faktor seseorang penulisnya.

Jenis Jenis Esai

Berikut ini terdapat beberapa jenis jenis dari esai, yakni sebagai berikut:

  • Deskriptif

Deskriptif ialah jenis esai yang menguraikan individu yang memukau ketertarikan penyair.

  • Esai Argumentatif

Esai jenis ini mempunyai tujuan untuk mempercayai pendengar ataupun pembaca menerima gagasan, pemikiran, tingkah laku, dan keyakinan penyair atas desas-desus ataupun kejadian.

  • Tajuk

Tajuk ialah jenis esai yang umum dipublish dalam koran.

  • Esai Cerita

Esai cerita ialah esai yang berperan untuk menggambarkan ataupun mendatangkan baik barang, individu maupun keadaan lainnya supaya bisa dibayangkan oleh pendengar ataupun pembaca.

  • Cukilan Watak

Dalam esai jenis ini mengharuskan penyair menguraikan petikan perilaku individu tersangkut desas-desus kepada pendengar ataupun pembaca.

  • Esai Paparan

Jenis esai ini berperan untuk menguraikan lebih detail sebuah keadaan pada pembaca ataupun pendengar.

  • Pribadi

Dalam jenis esai ini, penyair berkisah mengenai dirinya sendiri, penyair mengatakan anggapannya mengenai tersangkut desas-desus yang memikat perhatiannya.

  • Reflektif

Reflektif ialah esai yang ditulis untuk memikirkan desas-desus politik, peraturan pemerintah dan desas-desus penting lain yang sering ditulis oleh sastrawan dalam membenakan desas-desus yang ada.

  • Kritik

Kritik ialah jenis esai yang mengandung sebuah kecaman kepada suatu karya seni.

  • Esai Lukisan

Esai lukisan ialah karya tulis yang memvisualisasikan sesuatu dengan tujuan untuk menolong pembaca mengetaui kondisi yang ingin disampaikan.

Ciri Ciri Esai

Berikut ini terdapat 2 ciri ciri yang didapat di esai, yakni sebagai berikut:

  • Merupakan Karya Tulis Pendek

Esai ialah salah satu jenis prosa yang menjadi sajak dalam bentuk tulisan. Esai ini ditulis dalam jumlah wacana yang pendek, untuk itu isinya bersifat analisis yang ringkas, padat dan jelas.

  • Mempunyai Gaya Bahasa yang Khusus

Esai bisa ditulis oleh seluruh orang yang berasumsi tentang kejadian ataupum membawa kejadian untuk berdiskusi, sehingga esai mempunyai gaya bahasa yang khusus seperti dengan kepribadian penulisnya.

Struktur Esai

Berikut ini terdapat 3 struktur dalam esai, yakni sebagai berikut:

  • Pendahuluan

Pendahuluan ialah mengulas tentang topik yang diuraikan dalam semua esai.

  • Isi

Isi ialah bagian yang diuraikan topik dengan secara rinci.

  • Kesimpulan

Kesimpulan ialah bagian terakhir dalam esai.

Cara Membuat Esai

Berikut ini terdapat beberapa cara membuat esai dengan baik dan benar, yakni sebagai berikut:

  • Memilih tema ataupun topik
  • Membentuk garis besar gagasan yang akan bahas
  • Menuliskan anggapan sebagai penulis dengan kalimat yang ringkas dan jelas
  • Menulis tubuh esai; mendahullui dengan memilih poin penting yang akan dibahas, kemudian membuat beberapa subtema penjelasan supaya pembaca lebih mudah mengerti maksud dari ide, berikutnya tingkatkan subtema yang sudah dibuat sebelumnya
  • Membentuk paragraf pertama yang berupa sebagai pendahuluan
  • Membentuk kesimpulan

Contoh Esai

Berikut ini salah satu contoh esai, yakni sebagai berikut:

Contoh Esai yang Baik

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1. Latar Belakang

Rumah Makan Sambal Lalap merupakan perusahaan yang bergerak dibidang makanan dan minuman siap saji yang beralamat di jalan Diponegoro No. 192 Telukbetung Utara, Bandar Lampung. Rumah Makan Sambal Lalap menangani pengendalian persediaan bahan baku berupa bahan baku utama, bahan baku pendukung, bahan baku bumbu dan bahan baku sayuran. Saat ini, Rumah Makan Sambal Lalap belum memiliki penentuan pengendalian pengelolaan persediaan bahan baku yang pasti, sehingga sering mengalami permasalahan terhadap jumlah persediaan bahan baku habis pakai dan tidak habis pakai.

Bahan baku habis pakai misalnya, seperti ikan lele, ayam, ikan, sayur-sayuran, rempah-rempah, minyak goreng dan lain-lainya. Sedangkan bahan baku tidak habis pakai (jangka waktu nya lebih dari 1 hari), misalkan buah-buahan, teh, gas elpiji, tisu, minuman botol (teh botol sosro) dan lain-lainya.

Permasalahan pengendalian persediaan bahan baku sering kali terjadi pada bahan baku yang pemesanannya dilakukan dalam rentang waktu tertentu dengan jumlah kebutuhan yang tidak menentu. Penumpukan persedian ataupun kekurangan persediaan bahan baku akan mengakibatkan pengeluaran biaya yang semakin tinggi dan penggunaan waktu yang lebih lama. Pada Rumah Makan Sambal Lalap, setiap pencatatan, penyimpanan data transaksi dan laporan persediaan dibuat menggunakan Microsoft Excel. Rumah Makan Sambal Lalap hanya membuat laporan persediaan bahan baku secara sederhana.

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang Esai: Pengertian, Jenis, Ciri, Struktur, Cara dan Contohnya
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi

 

Baca Lainnya :  √Genre Musik: Pengertian, Fungsi, Bagian Serta Macam-Macamnya
Baca Lainnya :  √Ilmu Gizi dan Zat Gizi: Pengertian, Jenis-Jenis Serta Fungsinya
Baca Lainnya :  √Ragam Hias: Pengertian, Motif, Pola Serta Teknik Menggambar