√Ekonomi Kreatif: Pengertian, Ciri, Macam Serta Manfaatnya

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Ekonomi Kreatif? Mungkin anda pernah mendengar kata Ekonomi Kreatif? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, ciri, macam serta manfaatnya. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Ekonomi Kreatif: Pengertian, Ciri, Macam Serta Manfaatnya

Pengertian Ekonomi Kreatif

Ekonomi kreatif ialah suatu gagasan atau ide di era ekonomi baru yang mengoptimalkan informasi dan inspirasi dengan menyandarkan gagasan dan keahlian dari sumber daya manusia berupa aspek produksi yang pokok. Gagasan atau ide tersebut umumnya akan ditopang dengan kehadiran industri kreatif yang sebagai pelaksanaannya.

Ciri Ciri Ekonomi Kreatif

Berikut ini terdapat beberapa ciri ciri ekonomi kreatif, yakni sebagai berikut:

  1. Mempunyai faktor pokok berbentuk inspirasi, kemampuan dan bakat yang daya mengembangkan ketenteraman melewati promosi kreasi intelektual.
  2. Terdiri atas persedian produk kreatif langsung pada konsumen dan penyokong pembuat nilai kreatif pada bagian lain yang secara tidak langsung berkaitan dengan konsumen.
  3. Daur hidup singkat, keuntungan tinggi, keragaman tinggi, rivalitas tinggi dan mudah diteladani.
  4. Mendasar pada konsep.
  5. Peningkatan tidak terbatas dalam beragam macam bidang usaha.
  6. Gagasan atau ide yang diciptakan berbentuk relatif.

Macam-Macam Ekonomi Kreatif

Berikut ini terdapat beberapa macam-macam ekonomi kreatif, yakni sebagai berikut:

  • Periklanan

Aktivitas kreatif yang berhubungan dengan jasa periklanan (hubungan satu arah dengan memakai standar tertentu), seperti proses produksi, produksi dan penyalur dari iklan yang diperoleh.

  • Arsitektur

Aktivitas kreatif yang berhubungan dengan jasa desain bangunan, perancangan biaya, kontruksi, pemeliharaan bangunan warisan, pengontrolan konstruksi baik secara lengkap dari level makro hingga dengan level mikro.

  • Pasar Barang Seni

Aktivitas kreatif yang berhubungan dengan perdagangan barang-barang asli, unik dan eksentrik serta mempunyai nilai estetika seni yang tinggi melewati lelang, galeri, toko, pasar swalayan dan internet.

  • Kerajinan

Aktivitas kreatif yang berhubungan dengan karya, produksi dan penyalur produk yang dibuat dan diperoleh oleh tenaga pengrajin yang bersumber dari desain awal hingga dengan proses penuntasan produknya.

  • Desain

Aktivitas kreatif yang berhubungan dengan karya desain grafis, desain interior, desain produk, desain industri, dialog ciri-ciri perusahaan dan jasa riset pemasaran serta produksi bungkusan dan jasa pembungkusan.

  • Fashion

Aktivitas kreatif yang berhubungan dengan karya desain pakaian, desain alas kaki dan desain aksesoris mode lainnya, pembuatan pakaian pola dan aksesorisnya, dialog pertengahan produk fashion serta penyalur produk fashion.

  • Musik

Aktivitas kreatif yang berhubungan dengan karya pameran, reproduksi dan penyalur dari rekaman suara ataupun lagu.

  • Seni Pertunjukan

Aktivitas kreatif yang berhubungan dengan usaha peningkatan konten dan pembuatan pameran, misalnya pameran teater opera.

  • Layanan Komputer dan Perangkat Lunak

Aktivitas kreatif yang berhubungan dengan peningkatan teknologi informasi termasuk jasa fasilitas komputer, pengolahan data, peningkatan database, peningkatan perangkat lunak, penggabungan sistem, desain dan analisis sistem.

Manfaat Ekonomi Kreatif

Berikut ini terdapat beberapa manfaat ekonomi kreatif, yakni sebagai berikut:

  • Datangnya bisnis startup
  • Akselerasi pembaharuan
  • Bisnis menjadi lebih bersaing
  • Membuat manusia yang inovatif
  • Mengembangkan nilai produk
  • Membuka lapangan kerja
  • Peningkatan ekonomi

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang Ekonomi Kreatif: Pengertian, Ciri, Macam Serta Manfaatnya
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi dan Mahasiswa

 

Baca Lainnya :  √Surat Pengunduran Diri: Pengertian, Cara, Format Serta Contohnya
Baca Lainnya :  Rahasia Jitu Lulus Cara Mengerjakan Tes Kraepelin dengan Akurat
Baca Lainnya :  √Debit dan Kredit: Pengertian, Manfaat dan Perbedaan Debit dan Kredit