E-Book adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang E-Book?Mungkin anda pernah mendengar kata E-Book? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang: Pengertian, mafaat, fungsi, tujuan, jenis, format, cara membuat, kelebihan dan kekurangan. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

E-Book

Pengertian E-Book

E-book merupakan suatu buku yang bentuknya digital atau elektronik dimana biasanya berisi informasi atau panduan/ tutorial. Buku elektronik ini hanya bisa dibuka dan dibaca melalui perangkat elektronik seperti komputer, tablet, dan smartphone. Bentuk digital dari buku cetak, terdiri dari berbagai macam informasi digital (bisa text, gambar, audio, video) yang dapat dibuka melalui komputer, tablet,  smartphone, atau perangkat lainnya. Sebagai buku yang berbentuk digital maka dari segi penggunaan dan penyimpanannya akan lebih praktis, sehingga banyak orang yang lebih memilih membeli ebook daripada buku cetak.


Manfaat E-Book

Adapun beberapa manfaat E-Book dibawah ini antara lain sebagai berikut:

  1. Mudah dibawa. Beberapa buku dalam format eBook dapat dibawa dengan mudah, sementara itu membawa buku dalam format cetak sangat berat.
  2. Ukuran fisik kecil. Karena eBook memiliki format digital, dia dapat disimpan dalam penyimpan data (harddisk, CD-ROM, DVD) dalam format yang kompak. Puluhan, bahkan ratusan, buku dapat disimpan dalam sebuah DVD sehingga tidak mengambil banyak tempat (ruangan yang besar) begitu juga dengan E journal.
  3. Tidak lapuk. E book tidak menjadi lapuk layaknya buku biasa. Format digital dari eBook dapat bertahan sepanjang masa dengan kualitas yang tidak berubah.
  4. Mudah diproses. Isi dari eBook dapat dilacak, di-search dengan mudah dan cepat. Hal ini sangat bermanfaat bagi orang yang melakukan studi literatur.
  5. Dapat dimanfaatkan oleh orang yang tidak dapat membaca. Karena format eBook dapat diproses oleh komputer, maka isi dari eBook dapat “dibacakan” oleh sebuah komputer dengan menggunakan text to speech synthesizer. Tentunya riset masih dibutuhkan untuk membuat teknologi pembacaan yang bagus. Selain untuk orang buta, pembacaan ini juga dapat digunakan oleh orang yang buta huruf. Selain itu peragaan juga dapat diset dengan menggunakan huruf (font) yang besar bagi orang yang sulit membaca dengan huruf kecil.
  6. Sangat mudah dan murah. Untuk membuat ribuan copy dari eBook dapat dilakukan dengan murah, sementara untuk mencetak ribuan buku membutuhkan biaya yang sangat mahal.
  7. Mudah didistribusikan. Pendistribusian dapat menggunakan media elektronik seperti Internet.
  8. Memudahkan menyampaikan informasi yang interaktif. Dalam eBook dapat ditampilkan ilustrasi multimedia, misalnya dengan animasi untuk menunjukkan poin yang ingin dibicarakan. Buku pelajaran Matematika dapat menunjukkan ilustrasi secara menarik sehingga mempermudah siswa dalam menangkap pelajaran. Buku komik dapat memperagakan jagoannya dengan lebih hidup. Hal ini tidak dapat atau sulit dilakukan dengan menggunakan buku yang konvensional. Manfaat dan kemudahan-kemudahan yang di atas membuat eBook menjadi alternatif baru dalam mendistribusikan tulisan.
  9. Mudah dipublikasikan, diakses, dan disalin

Fungsi E-book

Berikut adalah fungsi E-book antara lain yakni:

  • Sebagai sarana untuk belajar dan memperoleh ilmu pengetahuan dan tutorial dibidang tertentu
  • Sebagai media informasi atau tutorial yang dibutuhkan.
  • Melindungi informasi yang disampaikan berbeda dari buku fisik yang dapat rusak atau basah,buku digital berupa data di komputer yang terlindungi dari masalah-masalah tersebut.Jika hilang pengguna bisa dengan mudah mencari pengganti baik di internet atau meminta ke pembuat buku.
  • Mempermudah memahami proses memahami materi ajar, karna dalam perangkat lunak buku digital,guru dapat memberi catatan pada materi,mencari kata di materi,menampilkan file multimedia untuk memperkaya kontern buku.
Baca Lainnya :  Surat Pesanan

Tujuan Ebook

Berikut ini adalah tujuan E-Book antara lain sebagai berikut:


1. Memudahkan Pembuatan Buku

E-book adalah salah satu solusi bagi mereka yang ingin mengeluarkan buku namun kesulitan dalam pembuatannya. Seperti kita ketahui, proses pembuatan buku cetak cukup panjang dan terbilang sulit.

Hal ini tidak terjadi jika kita membuat buku digital. Namun, tentu saja format e-book tersebut harus dibuat semenarik mungkin agar layak untuk disebarkan atau dijual.


2. Menghemat Biaya Pembuatan Buku

Pembuatan buku cetak biayanya cukup besar karena masih menggunakan peralatan konvensional. Berbeda halnya dengan pembuatan e-book, biayanya nyaris tidak ada bahkan bisa gratis.


3. Memudahkan Proses Penyebaran Informasi

Penyebaran e-book sangat mudah dilakukan, yaitu melalui media internet dan juga peralatan elektronik lainnya seperti flashdisk atau hardisk.


4. Memudahkan Proses Belajar dan Mengajar

Dengan adanya e-book maka proses belajar dan mengajar menjadi lebih mudah. Pengajar bisa membuat materi pelajaran dalam bentuk ebook lalu mengirimkannya kepada muridnya.

Dari sisi pelajar tentu saja akan sangat dimudahkan karena bisa mempelajari materi pelajaran dalam bentuk e-book di mana saja dan kapan saja.


5. Melindungi Informasi yang Disebarkan

Ketika kita membuat sebuah e-book, kita bisa memberikan proteksi terhadap isi ebook tersebut. Caranya yaitu dengan memberikan password khusus, sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang bisa membukanya.

Selain itu, buku digital tidak mudah rusak seperti halnya buku cetakan. Ini menjadi keuntungan tersendiri bagi pengguna e-book.


Jenis-Jenis E-Book

Berikut adalah jenis-jenis E-Book antara lain sebagai berikut:


  1. AZW – Amazon World.
  2. Sebuah format proprietary Amazon, yang menyerupai format MOBI kadang-kadang dengan dan kadang-kadang tanpa menyertakan Digital Rights Management (DRM). DRM pada format ini dikhususkan untuk Kindle Amazon.
  3. EPUB – Electronic Publication.
  4. Format terbuka didefinisikan oleh Forum Open digital book dari International Digital Publishing Forum (idpf). EPUB mengacu kepada standar XHTML dan XML. Ini adalah standar yang sedang berkembang. Spesifikasi untuk EPUB dapat ditemukan di situs web IDPF, Adobe, Barnes & Noble, dan Apple, masing-masing memiliki DRM mereka sendiri. Format tersebut tidak kompatibel antara satu dengan yang lainnya. Saat ini sudah ada versi terbaru yaitu ePub 3, tetapi belum digunakan secara luas.
  5. KF8 -Format Kindle Fire dari Amazon.
  6. Hal ini pada dasarnya sama dengan prinsip ePub yang disusun dalam pembungkus Palm File Database (PDB) dengan Digital Right Management (DRM) milik Amazon.
  7. MOBI – Format MobiPocket.
  8. Ditampilkan menggunakan perangkat lunak membaca sendiri. MobiPocket tersedia pada hampir semua PDA dan Smartphone. Aplikasi Mobipocket pada PC Windows dapat mengkonversi Chm, doc, Html, OCF, Pdf, Rtf, dan Txt file ke format ini. Kindle menampilkan format mobipocket juga.
  9. PDB – Palm File Database.
  10. Dapat menyertakan beberapa format buku digital yang berbeda, yang ditujukan untuk perangkat berbasiskan sistem operasi Palm. Pada umumnya digunakan untuk buku digital berformat PalmDOC (AportisDoc) dan format eReader juga.
  11. PDF – Portable Document Format
  12. yang diciptakan oleh Adobe untuk produk Acrobat mereka. Format ini secara tidak langsung merupakan format yang digunakan untuk pertukaran dokumen. Dukungan perangkat lunak untuk format ini hampir mencakupi semua platform komputer dan perangkat genggam. Beberapa perangkat memiliki masalah dengan PDF karena kebanyakan konten yang tersedia akan ditampilkan baik untuk format A4 atau surat, yang keduanya tidak mudah dibaca ketika diperkecil sesuai layar kecil. Beberapa aplikasi pembaca buku digital dapat menyusun ulang tampilan beberapa dokumen PDF, termasuk Sony PRS505, untuk mengakomodasi layar kecil.
  13. PRC – Palm Resource File,
  14. Sering menyertakan alat baca Mobipocket tetapi kadang-kadang menyertakan eReader atau alat baca AportisDoc.
  15. HTML – Hyper Text Markup Languageadalah tulang punggung dari World Wide Web. Banyak teks yang didistribusikan dalam format ini. Selain itu, beberapa pembaca e-book mendukung Cascading Style Sheets (CSS) yang pada dasarnya gaya utama panduan untuk halaman HTML.
  16. CHM – Compressed HTML,sering digunakan untuk file bantuan Windows. Hal ini telah menjadi sangat populer untuk distribusi teks dan bahan pendukung lainnya melalui Web.
  17. XHTML -versi khusus dari HTML dirancang agar sesuai dengan aturan konstruksi XML. Ini adalah format standar untuk data epub.
  18. XML – tujuan umum markup language untuk pertukaran data. Dalam konteks digital book umumnya terbatas pada XHTML dan RSS feed meskipun beberapa format lain yang telah ditetapkan.
Baca Lainnya :  √Pesawat Sederhana: Pengertian, Jenis Serta Contoh Soal Lengkap

Format E-book Pada Umumnya

Berikut ini adalah beberapa format e-book diantaranya sebagai berikut:


1. Teks Polos

Teks polos adalah format paling sederhana yang dapat dilihat hampir dalam setiap piranti lunak menggunakan komputer personal. Untuk beberapa device mobile format dapat dibaca menggunakan piranti lunak yang harus lebih dahulu diinstal.


2. PDF

Format pdf memberikan kelebihan dalam hal format yang siap untuk dicetak. Bentuknya mirip dengan bentuk buku sebenarnya. Selain itu terdapat pula fitur pencarian, daftar isi, memuat gambar, pranala luar dan juga multimedia.


3. JPEG

Seperti halnya format gambar lainnya, format JPEG memliki ukuran yang besar dibandingkan informasi teks yang dikandungnya, oleh karena itu format ini umumnya populer bukan untuk buku elektronik yang memilki banyak teks akan tetapi untuk jenis buku komik atau manga yang proporsinya lebih didominasi oleh gambar.


4. LIT

Format LIT merupakan format dari Microsoft Reader yang memungkinkan teks dalam buku elektronik disesuaikan dengan lebar layar device mobile yang digunakan untuk membacanya. Format ini memiliki kelebihan bentuk huruf yang nyaman untuk dibaca.


5. HTML

Dalam format HTML ini gambar dan teks dapat diakomodasi. Layout tulisan dan gambar dapat diatur, akan tetapi hasil dalam layar kadang tidak sesuai apabila dicetak.


6. Format Open Electronic Book Package

Format ini dikenal pula sebagai OPF FlipBook. OPF adalah suatu format buku elektronik yang berbasis pada XML yang dibuat oleh sistem buku elektronik. Buku elektronik dalam format ini dikenal saat FlipBooks sebagai piranti lunak penyaji menampilkan buku dalam format 3D yang bisa dibuka-buka (flipping). Terdapat suatu proyek yang sedang berjalan yang berupaya agar format OPF ini dapat dibaca menggunakan penjelajah Internet standar (semisal: Mozilla, Firefox, atau Microsoft Internet Explorer), tanpa perlu adanya perlengkapan (piranti lunak, plugin) tambahan. Saat ini untuk melihat buku elektronik dalam format OPF sehingga diperoleh rasa benar-benar membuka buku (flipping experience) diperlukan piranti lunak penyaji pada sisi klien atau pengguna.

Baca Lainnya :  √Wilayah: 4 Pengertian Menurut Para Ahli, Ciri Serta Jenisnya

7. MOBI (Format MObiPocket)

Ditampilkan memakai perangkat lunak membaca sendiri. MobiPocket tersedia di seluruh PDA dan Smartphone. Aplikasi MobiPocket di PC Windows bisa dikonversi Chm, doc, Html, OCF, Pdf, RTF, dan Txt file ke format ini, Kindle juga dapat menampilkan format ini.


8. Docx

Format Docx yaitu suatu jenis format dari Microsoft Word yang sering dan banyak dijumpai sekarang dan tersebar di Internet, format ini sangat banyak digunakan karena pengguna dari Microsoft Word yang banyak dan file keluaran yang sangat kecil, serta huruf yang lebih banyak atau variatif membuatnya lebih digemari.


9. Format Plucker 

Program Plucker adalah gratis e-book reader aplikasi dengan format file yang terkait sendiri dan perangkat lunak untuk secara otomatis menghasilkan file Plucker dari file HTML, situs web atau RSS feed. Format adalah HTML arsip terkompresi, agak seperti Microsoft CHM.


Cara Membaca E-Book Di HP

Berikut dibawah ini terdapat beberapa cara membaca e-book di hp, antara lain:

  • Download Ebook dari internet untuk dipakai sebagai bahannya.
  • Ebook udah siap. Sekarang download Software MJ Book Maker. Software ini gratis koq, ukurannya Cuma 700 kb. Cukup kecil, simple dan nggak ribet.
  • Sambil nunggu MJ Book Maker selesai didownload, ubah File pdf ke format text dengan software Pdf2text. Bisa juga dengan cara di Save As di acrobat reader lalu di kotak dialog save as ubah Save as type dengan Plain Text (*.txt). Ebook memang harus diubah kedalam format text karena MJ Book Maker hanya bisa mengubah format *.txt ke *.jar(format untuk Java Application)
  • Kalo MJ Book Maker sudah selesai didownload, buka aplikasi tersebut. Tidak perlu nginstal karena aplikasi ini berbasis Portable.
  • Setelah hal di atas sudah selesai maka klik tombol START dan tunggu sejenak lalu klik tombol Show Midlet untuk melihat hasil aplikasi EbooK
  • Masukkan file yang berformat *.jar ke dalam handphone anda.

Kelebihan dan Kekurangan E-book

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan E-book antara lain sebagai berikut:


1. Kelebihan E-book

  • Lebih Ringkas: e-book atau buku digital terbukti jauh lebih ringkas dibandingkan dengan buku cetak. Pengguna smartphone dan perangkat genggam lainnya dapat membuka ebook kapan saja dan di mana saja
  • Lebih Awet: karena bentuknya digital, tentu saja e-book lebih awet dan tidak mudah rusak seperti halnya buku cetak.
  • Lebih Murah: Proses pembuatan e-book sangat mudah dan murah sehingga harganya cenderung lebih murah dibanding buku cetakan
  • Ramah Lingkungan: e-book tidak membutuhkan tinta dan kertas sehingga lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan buku cetak yang terbuat dari kertas dan tinta.

2. Kekurangan Ebook

  • Tidak Bisa Dipegang: memang sebagian besar orang lebih suka yang ringkas. Namun, beberapa orang lebih suka memegang buku ketimbang gadget dan ini tidak bisa diberikan oleh ebook
  • Ukuran Huruf Lebih Kecil: pada umumnya ukuran huruf pada e-book cenderung lebih kecil dibanding pada buku cetak, apalagi bila membukanya di ponsel.
  • Membuat Mata Cepat Lelah: ketika membaca e-book, cahaya dari perangkat ponsel atau perangkat genggam lainnya akan membuat mata cepat lelah. Penggunaannya jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan pada mata, misalnya mata minus.

Demikian Penjelasan Materi Tentang E-Book: Pengertian, Mafaat, Fungsi, Tujuan, Jenis, Format, Cara membuat, Kelebihan dan Kekurangan

Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya