√Distribusi: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis, Faktor dan Pelaku

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Distribusi? Mungkin anda pernah mendengar kata Distribusi? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, fungsi, tujuan. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Distribusi: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis, Faktor dan Pelaku

Pengertian Distribusi

Barang dan jasa hasil kegiatan produksi dari para produsen tidak dapat dikonsumsi oleh konsumen jika tidak ada peran distribusi. Apa itu distribusi?

Distribusi adalah proses perpindahan atau penyaluran barang dan jasa dari produsen kepada konsumen. Distribusi merupakan salah satu aspek dari pemasaran sehingga distribusi dapat diartikan juga sebagai kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen kepada konsumen, sehingga penggunaannya sesuai dengan yang diperlukan (jenis, jumlah, harga, tempat, dan saat dibutuhkan).

Kegiatan distribusi berfungsi mendekatkan produsen dengan konsumen sehingga barang atau jasa yang diproduksi dapat dikonsumsi oleh konsumen di seluruh wilayah Indonesia. Orang atau pihak yang melakukan proses distribusi disebut distributor.


Fungsi Distribusi

Berikut ini terdapat beberapa fungsi dari distribusi, yakni sebagai berikut:

  • Pembelian Produk

Ialah proses awal dari distribusi yang dibuat oleh produsen. Tetapi, apabila distribusi barang dari produsen dijalankan secara langsung kepada pelanggan, maka proses tersebut tidak berlaku.


  • Klasifikasi Produk

Sesudah proses pembelian barang, terdapat aktivitas klasifikasi barang menurut fungsi dan jenisnya supaya pemasaran dan penghitungan barang menjadi lebih ringan.


  • Promosi Produk

Sesudah barang diklasifikasikan maka akan berlangsung proses promosi barang, yakni memperkenalkan barang tersebut kepada khalayak. Proses promosi barang tersebut bisa dijalankan dengan memasang display produk di etalase toko, iklan di berbagai media dan promosi langsung ke pelanggan.


  • Penyaluran Produk

Ialah kegiatan utama dari distribusi, yakni distribusi barang kepada pelanggan. Proses distribusi harus dijalankan dengan cepat dan tepat, supaya distributor memperoleh laba dari aktivitas distribusi tersebut.


Tujuan Distribusi

Berikut ini terdapat beberapa tujuan dari distribusi, yakni sebagai berikut:

  • Menanggung Kelangsungan Aktivitas Produksi

Proses distribusi yang berjalan dengan baik akan menolong aktivitas produksi. Dengan menjalankan aktivitas distribusi, maka produk yang sudah diperoleh tidak tertahan di gudang produsen, namun berpindah ke tangan distributor.


  • Menanggung Produk Sampai ke Pelanggan

Sesuai dengan tujuan utamanya, aktivitas distribusi akan menentukan produk dari produsen bisa sampai ke pelanggan. Proses distribusi tersebut dapat dijalankan dengan cara promosi sampai proses pengiriman barang ke pelanggan.


Jenis-Jenis Distribusi

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis distribusi, yakni sebagai berikut:

Distribusi Langsung (Direct Channel of Distribution)

Distribusi langsung adalah penyaluran atau penjualan barang yang dilakukan secara langsung oleh produsen ke konsumen yang dilakukan tanpa perantara. Bentuk saluran distribusi langsung dapat dibagi dalam empat, yaitu.

Selling at the point production, yaitu bentukpenjualan langsung dilakukan di tempat produksi. Contohnya petani buah yang melakukan penjualan buah-buahan yang dihasilkan di kebunnya kepada konsumen dan usaha pakaian jadi yang menjual hasil produksinya langsung kepada konsumen di tempat penjahitan.

Selling at the producers retail store, yaitu penjualan yang dilakukan tempat pengecer. Bentuk penjualan ini biasanya produsen tidak melakukan penjualan langsung kepada konsumeja vtetapi melalui/ dilimpahkan kepada pihak pengecer.

Selling door to door, yaitu penjualan yang dilakukan oleh produsen langsung kepada konsumen dengan mengerahkan salesmannya ke rumah-rumah atau ke kantor-kantor konsumen.

Selling through mail, yaitu penjualan yang dilakukan perusahaan dengan menggunakan jasa pos.

Distribusi Tidak Langsung (Indirect Channel of Distribution)

Distribusi tidak langsung adalah penyaluran atau penjualan barang dari produsen kepada konsumen melalui perantara. Saluran distribusi tidak langsung, khususnya untuk barang konsumsi dibagi beberapa bagian, antara lain:

  • Produsen —> Konsumen

Bentuk saluran ini adalah bentuk yang paling pendek dan sederhana sebab tanpa menggunakan perantara. Produsen dapat menjual barang yang dihasilkan melalui pos atau langsung mendatangi rumah konsumen.

  • Produsen —> Pengecer —> Konsumen

Dalam saluran distribusi ini produsen menginginkan suatu lembaga lain, maksudnya dalam hal ini pengecer yang menyampaikan peroduknya ke konsumen, di mana pengecer langsung membeli produk tanpa melalui pedagang besar dan menjualnya kembali kepada konsumen.

  • Produsen —> Pedagang Besar —> Pengecer —> Konsumen

Jenis saluran distribusi ini dilaksanakan oleh produsen yang tidak ingin menjual secara langsung tetapi menginginkan suatu lembaga guna menyalurkan produknya, sehingga dalam hal ini produsen menjual kepada pedagang besar saja. Kemudian pada pedagang besarlah yang menjual kembali kepada pengecer dan meneruskannya ke tangan konsumen. Jadi di sini produsen hanya berhubungan dengan pedagang besar.

  • Produsen—>Agen—>Pedagang Besar —> Pengecer —> Konsumen

Jenis saluran distribusi lainnya yang sering dipakai para produsen adalah dengan melibatkan agen di dalamnya. Di sini agen fungsinya adalah sebagai penyalur yang kemudian mengatur system penjualannya kepada saluran pedagang besar selanjutnya kepada pengecer dan kemudian sampai ke tangan konsumen. Saluran distribusi ini sering dipergunakan untuk produk yang tahan lama.

  • Produsen —> Agen —> Pengecer —> Konsumen

Dalam saluran distribusi ini produsen memilih agen yang akan dipertemukan produsen untuk menjalankan kegiatan penjualan kepada pengecer dan selanjutnya pengecer menjualnya kepada konsumen. Pada dasarnya saluran distribusi yang dipakai baik itu agen maupun pengecer tujuannya dalah untuk mendapatkan keuntungan dengan sasaran konsumennya. Agen di sini bertugas mempertemukan pembeli dengan penjual. Agen tidak mengambil alih pemilikan dari barang tersebut.


Faktor-faktor yang Mempengaruhi Distribusi

Berikut ini terdapat beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi distribusi, yakni sebagai berikut:

  • Faktor Barang

Jenis, bentuk, ukuran, sifat dan kemasan barang sangat berpengaruh dalam proses distribusi. Barang dari jenis makanan dan bukan makanan, tentu berbeda proses distribusinya, barang yang mudah rusak dan tahan lama juga tentu berbeda dalam proses distribusinya.


  • Faktor Perusahaan

Pengalaman dan kemampuan manajemen serta pengawasan yang dilakukan perusahaan selama proses distribusi tentu akan sangat berpengaruh terhadap kegiatan distribusi. Ketersediaan dana dan teknologi yang digunakan perusahaan untuk kegiatan distribusi juga berpengaruh terhadap kelancaran distribusi.


  • Faktor Pasar

Jumlah konsumen, letak geografis konsumen, jumlah pesanan dan kebiasaan dalam pembelian dari konsumen di pasar menjadi faktor yang ikut berpengaruh terhadap kegiatan distribusi.


  • Faktor Kebiasaan dalam Pembelian

Ada tidaknya perantara, volume pembelian dan biaya penyaluran barang dari produsen kepada kosumen.


  • Faktor Jarak Tempuh

Jarak antara tempat produksi dengan konsumen menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kelancaran proses distribusi. Jarak tempuh antara Jawa dan Bali serta antara Jawa dan Papua menjadikan proses distribusi barang dan jasa kedua tempat tersebut dari pulau Jawa berbeda.


  • Faktor Teknologi Informasi dan Komunikasi

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih sangat membantu proses distribusi barang dan jasa. Distribusi barang antar Negara, baik impor maupun ekspor, semakin cepat dan mudah dengan bantuan teknologi informasi.


Pelaku Distribusi

Berikut ini terdapat beberapa pelaku dari distribusi, yakni sebagai berikut:

  • Pedagang

Pedagang merupakan bagian yang membeli barang dari produsen dan menjualnya kembali ke pelanggan akhir.

  • Agen

Agen merupakan perusahaan yang mempunyai kewajiban untuk distribusi barang dari produsen kepada pelanggan.

  • Makelar

Makelar merupakan bagian yang menghubungkan produsen dengan calon pembeli suatu produk, baik itu barang maupun jasa.

  • Eksportir

Eksportir merupakan bagian yang mendistribusikan barang dari produsen dalam negeri kepada pelanggan yang berada di luar negeri.

  • Importir

Importir merupakan bagian yang mendistribusikan barang dari luar negeri kepada pelanggan di dalam negeri.

  • Komisioner

Komisioner merupakan bagian yang menjalankan pembelian dan penjualan atas namanya sendiri.

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang Distribusi: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis, Faktor dan Pelaku
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi dan Mahasiswa

 

Baca Lainnya :  √Film: Pengertian, Sejarah, Komponen, Macam Serta Fungsi Film
Baca Lainnya :  Latar Belakang Politik Etis: Isi, Tujuan, Penyimpangan dan Faktor
Baca Lainnya :  √Ringkasan: Pengertian, Ciri, Tujuan Serta Teknik Membuat Ringkasan