Dial- Up adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Dial-Up? Mungkin anda pernah mendengar kata Dial-Up? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, fungsi, kelebihan, kekurangan, cara koneksi, contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Dial-Up

Pengertian Dial-Up

Dial-Up merupakan salah satu jenis koneksi antara komputer dengan menggunakan saluran telepon tetap (semisal speedy) ataupun bergerak (operator tsel, im3, atau yang lain). Dengan kata lain Dial-Up yaitu suatu perangkat yang dapat menghubungkan komputer ke internet dengan menggunakan saluran telepon. Sedangkan syarat yang utama untuk melakukan koneksi dial-up harus ada modem. Modem merupakan perangkat keras yang dapat mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau dapat juga sebaliknya.

Sedangkan yang dimaksud dengan dial-up networking ialah suatu perangkat protokol dan juga perangkat lunak “software” yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke ISP “Internet Service Provider”. Apakah itu ISP? singkatan ISP merupakan penyedia layanan supaya kita dapat mengakses atau terhubung ke jaringan internet.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui mengenai dial-up networking, yang diantaranya sebagai berikut ini:

  • Pada dial-up networking menggunakan modem sebagai interfacenya untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet.
  • Dengan cara melakukan dial-up modem pada saat ini termasuk salah satu cara yang murah dalam mengakses jaringan internet dan yang paling banyak digunakan, tapi kelemahannya yaitu kecepatan yang rata-rata lambat jadi jika mengakses website yang mempunyai konten yang besar membutuhkan waktu yang lumayan lama.
  • Bisanya dial-up networking melakukan komunikasi dengan ISP menggunakan standar point-to-poit protokol saat menakses jaringan internet.
  • Dan kecepatan maksimal saat men-download file ataupun data dalam dial-up networking ini sangat terbatas, hal ini terletak pada bandwith sistem telepon dan kualitas salurannya.
Baca Lainnya :  Akuntansi Biaya

Fungsi Dial-Up

Fungsi Dial-up yaitu untuk menyambungkan koneksi komputer dengan layanan internet dengan menggunakan saluran telepon. Dial-up sangat sangat mudah untuk digunakan dan lebih praktis, kita bisa menggunakannya dimana saja asalkan telepon yang digunakan dapat terkoneksi dengan internet.


Kelebihan Dial-Up

Berikut adalah beberapa kelebihan dial-up antara lain sebagai berikut:


  1. Koneksi internet lebih mudah untuk digunakan, karena secara langsung terhubung dengan saluran telepon atau modem untuk akses internet.
  2. Hampir semua komputer PC atau laptop telah terpasang modem Dial-Up, jadi sudah jelas bahwa modem Dial-Up adalah media koneksi modern yang mudah untuk digunakan hampir seluruh pengguna komputer.
  3. Penggunaan koneksi menggunakan modem Dial Up lebih murah, hal itu karena koneksinya hanya bersifat sesaat, tidak setiap saat koneksinya tersambung, hanya pada saat pengguna mengakses saja dan bisa melanjutkan akses kembali pada saat koneksi telepon terputus.

Kekurangan Dial-Up

Adapun beberapa kekurangan dial-up antara lain yakni:


  1. Kecepatan aksesnya hanya berkisar antara 12 hingga 20 Kbps, sehingga mungkin terasa lebih lambat untuk dapat mengakses internet yang dibutuhkan.
  2. Apabila modem Dial Up digunakan secara bersamaan dengan telepon rumah sedangkan modem Dial-Up terkoneksi dengan telepon rumah yang dalam keadaan sibuk, maka secara otomatis internet akan terputus. Hal itu karena koneksi akan teralih secara otomatis untuk sambungan telepon yang sedang digunakan.

Cara Koneksi Dial-Up

Berikut adalah cara koneksi dial-up antara lain yaitu:


Langkah Pertama:

  • Adanya perangkat keras atau hardware (Laptop/komputer, modem dan saluran telepon).
  • Perangkat Lunak (Software), pada umumnya dial up sudah disediakan oleh ISP yang kita gunakan.
  • Username (login) dan Password, juga disediakan oleh isp yang kita gunakan, login tidak dapat diganti sedangkan password dapat kita ganti secara berkala untuk menjaga keamanan.
Baca Lainnya :  Ekonomi Industri

Selanjutnya hal yang harus kita lakukan yaitu :

  1. Berlangganan ke salah satu ISP (Speedy, Indosat, Telkomsel)
  2. Memasang modem ke komputer atau laptop kita
  3. Menginstall software internet yang disediakan oleh ISP
  4. Menghubungkan diri (dial-up) ke ISP

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat dial up secara manual menggunakan windows 7 :

  1. Pertama buka Control Panel, lalu pilih Network and Internet lalu pilih View Network Status and Task.
  2. Setelah itu pilih set up a new connection or network.
  3. Lalu sobat pilih set up a dial-up connection. Setelah itu sobat akan masuk ke halaman Informasi Internet Service Provider (ISP).
  4. Lalu masukan dial-up phone number, username, password dan connection name-nya. Jika ingin koneksi internet sobat dapat digunakan oleh pengguna lain centang allow other people to use this connection. Dikarenakan saya menggunakan provider dari indosat, maka isi dial-up phone numberdengan *99# user dan passwordnyaindosatgprs. Jika koneksi sobat ingin dapat digunakan oleh yang lain, centang Allow other people to use this connection.
  5. Setelah semuanya diisi, Lalu klik connect. Tunggu hingga selesai untuk register komputer ke jaringan ISP.
  6. Setelah register selesai maka akan muncul tulisan You are connected to the Internet dan sudah bisa menjelajah dunia internet dengan klik Browse the internet now, atau klik close untuk keluar.

Jika ingin memutuskan koneksi internet, cukup sobat klik dial-up yang sudah dibuat tadi setelah itu klik disconnect, Maka secara otomatis koneksi jaringan akan terputus. Dan sebaliknya jika sobat ingin menghubungkan lagi koneksinya, cukup klik dial-up yang sudah dibuat tadi dan klik Connect


Contoh Dial-Up

Contoh dari mengkoneksikan internet dengan menggunakan dial-up adalah seperti pada saat kita menggunakan line telepon yang menggunakan koneksi dan di gunakan pada handphone yang berfasilitas modem dan dapat pula menggunakan USB.

Baca Lainnya :  Jaringan Epidermis

Demikian Penjelasan Materi Tentang Dial-Up adalah: Pengertian, Fungsi, Kelebihan, Kekurangan, Cara Koneksi, Contoh
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi