√Destilasi: Pengertian, Jenis, Tujuan Serta Prinsip Kerja Lengkap

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Destilasi? Mungkin anda pernah mendengar kata Destilasi? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, jenis, tujuan serta prinsip kerja lengkap. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Destilasi: Pengertian, Jenis, Tujuan Serta Prinsip Kerja Lengkap

Pengertian Destilasi

Destilasi ialah sebuah cara yang dipakai untuk membagi bahan kimia menurut perbedaan keluasaan menguap bahan. Dalam desalinasi Tersebut, larutan partikel didihkan sehingga menguap dan uap tersebut lalu didihkan kembali ke dalam sifat cairan. Partikel yang mempunyai titik didih lebih kecil akan menguap terlebih dulu.

Jenis-Jenis Destilasi

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis destilasi, yakni sebagai berikut:

  • Destilasi Sederhana

Destilasi Destilasi sederhana tersebut biasanya dengan menaikan temperatur, impitan uapnya berada diluar impitan atmosfer atau bisa titik didih standar.

Pada destilasi sederhana, dasar pelepasannya yakni perbedaan titik didih yang jauh ataupun salah satu zat berbentuk volatil. Jika larutan dipanaskan maka zat yang mempunyai titik didih lebih kecil akan menguap terlebuh dulu.

Selain perbedaan titik didih, tetapi perbedaan kevolatilan yakni keinginan sebuah pokok berupa gas. Destilasi tersebut dijalankan pada impitan atmosfer. Distilasi tersebut dipakai untuk membagi lauran air dan alkohol.

  • Destilasi Azetrop

Destilasi Azetrop ialah jenis destilasi yang menguapkan partikel cair tanpa pergantian strukturnya.

  • Destilasi Vakum

Destilasi vakum umumnya dipakai jika larutan yang ingin didistilasi tidak normal dengan pengertian dapat pembusukan sebelum dan mendekati titik didihnya ataupun lauratan bertitik didih kurang lebih 150 °C.

Cara tersebut dipakai tidak dapat dipakai pada campuran dengan titik didih yang kecil jika kondensornya memakai air dingin karena struktur yang menguap tidak dapat dikondensasi air. Untuk menurunkan tekanan dipakai pompa vakum yang berfungsi sebagai penyusut tekanan pada sistem distilasi tersebut.

  • Destilasi Uap

Destilasi uap dipakai pada laurtan sintesisdengan titik didih kurang lebih 200 °C atau lebih. Destilasi tersebut bisa menguapkan senyawa dengan suhu mendekati 100°C dalam tekanan atmosfer dengan uap ataupun air mendidih.

  • Destilasi Bertingkat

Fungsi destilasi bertingkat ialah untuk membagi struktur cair, dua atau lebih dari suatu campuran menurut perbedaan titik didihnya. Destilasi juga dapat dipakai untuk larutan dengan perbedaan titik didih kurang lebih 20°C dan bekerja pada tekanan atmosfer ataupun dengan tekanan kecil.

Tujuan Destilasi

Tujuan destilasi ialah untuk menjernihkan partikel cair pada titik didihnya dan membagi larutan dari partikel padat. Uap yang yang dikeluarkan dari larutan berupa uap bebas. Bibit yang jatuh berupa destilat dan bagian cair yang tidak menguap berupa residu. Apabila yang dibutuhkan ialah bagian larutannya yang tidak teruapkan maka prosedur tersebut disebut dengan pembekuan dengan penguapan.

Prinsip Kerja Destilasi

Prinsip kerja destilasi ialah apabila suatu partikel dalam campuran tidak sama-sama menguap, maka uap campuran akan mempunyai struktur yang berbesa dengan campuran aslinya. Jika salah satu partikel menguap maka pembaginya akan berlangsung sempurna. Aka tetapi, jika kedua partikel tersebut menguap maka pembaginya akan hanya berlangsung sebagian, tetapi destilat akan berupa kaya dapat suatu struktur daripada campuran aslinya.

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang Destilasi: Pengertian, Jenis, Tujuan Serta Prinsip Kerja Lengkap
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi

 

Baca Lainnya :  15 Konsep Geografi: Pengertian, Prinsip dan Penjelasannya
Baca Lainnya :  √Saraf Kranial: Pengetian, 12 Jenis Beserta Fungsinya
Baca Lainnya :  Tumbuhan Paku: Pengertian, Ciri, Reproduksi dan Klasifikasi