Desain adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Desain?Mungkin anda pernah mendengar kata Desain? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, tujuan, fungsi, manfaat, prinsip, metode, jenis. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Desain

 

Pengertian Desain

Desain merupakan bentuk perencanaan pembentukan suatu objek, sistem, struktur dan juga komponen yang dilakukan seseorang yang bertujuan agar objek yang diciptakan memiliki fungsi, memiliki nilai keindahan, dan berguna bagi manusia. Desain juga termasuk dalam sebuah karya seni terapan, seni industri, seni guna, arsitektur dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Desain dapat berupa sketsa gambar atau model.


Pengertian Desain Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian desain menurut para ahli yakni:

1. Dudy Wiyancoko

Beliau menjelaskan bahwasanya desain adalah berbagai hal yang berkaitan dengan pembuatan konsep, analisis data, project planning, drawing/rendering, cost calculation, prototyping, frame testing, dan test riding.


2. Soekarno dan Lanawati Basuki

Menurut Soekarno dan Lanawati Basuki, pengertian desain adalah suatu pola rancangan yang menjadi dasar pembuatan suatu benda, misalnya busana.


3. Oxford Dictionaries

MenurutOxford Dictionaries, desain adalah sebuah rencana atau gambar yang dibuat untuk menunjukkan tampilan dan fungsi atau cara kerja suatu bangunan, pakaian, atau benda lain sebelum dibuat.


4. Menurut Soekarno & Lanawati Basuki

Desain merupakan suatu pola rancangan yang menjadi pokok dasar pembuata dari suatu benda, seperti busana.


5. Menurut Janner Simarmata

Beliau berpendapat bahwa Desain dapat di arttikan berupa aplikasi yang dirancang sehingga dapat sesuai dengan kebutuhan atau keinginan.


6. Menurut Coirul Amin

Desain merupakan sebuah kerangka bentuk, rancangan, motif, pola, corak.


7. J. B. Reswick

Menurut J. B. Reswick, pengertian desain adalah aktivitas kreatif yang didalamnya terkandung penciptaan sesuatu yang baru dan bermanfaat yang sebelumnya tidak ada.


8. Menurut Andya Primanda

Desain merupakan suatu upaya dalam menemukan titik terang dar berbagai macam masukan yang seringkali adanya perbedaan.

Baca Lainnya :  Distribusi adalah

Tujuan Desain

Berikut ini adalah beberapa tujuan desain yakni:

  • Sebagai alat bantu yang di gunakan untuk merancang sebuah objek, sistem, komponen, atau struktur yang bermanfaat bagi manusia
  • Sebagai sarana untuk menyampaikan ide atau gagasan seorang desainer kepada khalayak umum.
  • Sebagai sarana untuk menggambarkan objek – objek tertentu kepada masyarakat sebelum objek tersebut di wujudkan secara nyata.
  • Untuk menciptakan sesuatu yang dapat meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kualitas hidup manusia.
  • Desain yang dipadukan dengan unsur seni dan teknologi bertujuan untuk menciptakan keamanan, kenyamanan, dan keindahan.
  • Agar manusia mengetahui apa saja kemampuan dan keterbatasan di dalam dirinya dan hal-hal di sekitarnya.

Fungsi Desain

Berikut ini adalah fungsi dari desain yakni:

  • Merupakan sebuah proses untuk membuat atau menciptakan obyek baru
  • Merupakan sebuah alat untuk mengkomunikasikan suatu karya cipta baru seorang desainer kepada masyarakat umum
  • Merupakan sebuah wadah untuk menampilkan objek-objek kepada masyarakat dengan suatu gambaran ataupun nyata
  • Merupakan sebuah ilmu pengetahuan dan wawasan kepada manusia, supaya bisa mengerti bentuk dalam bentuk penggambaran bidang, ruang, susunan, konfigurasi, komposisi, nilai dan sebagainya.
  • Sebagai alat bantu dalam proses menciptakan suatu objek baru.
  • Sebagai sarana desainer untuk menyampaikan ide atau karya ciptanya kepada khalayak.
  • Sebagai wadah untuk memaparkan tampilan objek-objek tertentu kepada masyarakat dengan suatu gambaran atau keadaan sebenarnya.
  • Sebagai sarana untuk meningkatkan ilmu pengetahuan manusia sehingga lebih memahami bentuk gambar bidang, ruang, susunan, konfigurasi, komposisi, value, dan sebagainya.

Manfaat Desain

Adapun manfaat desain dalam kehidupan sehari-hari yaitu:

  • Memberikan Hasil Gambar Yang Lebih Menarik Dan Indah
  • Mempercepat Proses Pekerjaan
  • Dapat Menyampaikan Pesan Dalam Bentuk Grafis
  • Menjadi Tempat Pengungkapan Perasaan
  • Dapat Menghasillkan Uang

Prinsip-Prinsip Desain

Adapun prinsip-prinsip desain antara lain sebagai berikut:

1. Keseimbangan

Merupakan bentuk simetris atau sama ukuran, bentuk dan gambar pola yang dibuat. Keseimbangan dapat di buat pula secara informal atau asimetris dan keseimbangan radial atau memancar.


2. Kesatuan

Prinsip ini dapat tercapai apabila terpenuhi prinsip keseimbangan, irama, penekanan, proporsi, dan keselarasan. Teori-teori Psikologi Gestalt tentang kedekatan, ketertutupan dan kesamaan dapat membantu terpenuhinya prinsip kesatuan dalam karya Seni Rupa.

Baca Lainnya :  Norma Agama

3. Perbandingan

Merupakan bentuk yang berkenaan dengan ukuran antara bagian satu dengan bagian lainnya. Besar kecil, luas, sempit, panjang pendek, atau tinggi rendah adalah persoaalan Proporsi. Dalam Seni Rupa prinsip proporsi ini digunakan untuk mempertimbangkan perbandingan bidang kertas atau kanvas dengan objek yang digambar atau di lukis. Prinsip perbandingan lebih menekankan pada varisasi atau keragaman ukuran unsur yang satu dengan unsur yang lain dalam satu kesatuan yang utuh.


4. Komposisi

Komposisi atau sequence merupakan desain arsitektur adalah penataan elemen secara keseluruhan agar alur menjadi lebih nyaman. Contoh penerapan komposisi pada desain arsitektur yang paling mudah dipahami adalah penataan denah komposisi ruang, seperti saat ingin menata interior kamar, ruang tamu maupun dapur.


5. Irama

Merupakan sebuah prinsip ini di timbulkan dari kesan gerak dari unsur yang melekat pada karyanya yang dapat diupayakan melalui pengulangan, pergantian, perubahan ukuran, dan gerak mengalun.


6. Skala

Skala adalah perbandingan dari ruang atau bangunan dengan lingkungan atau elemen arsitektural lainnya. Pada dasarnya, skala pada desain arsitektur tak ada aturan khusus karena skala bisa disesuaikan dengan nuansa atau kesan yang diinginkan.


7. Contrast

Contrast merupakan bentuk, yang berupa pewarnaan, ukuran, posisi, hingga tekstur ataupun visual. Contoh penerapan sederhananya adalah penggunaan sofa berwarna mencolok seperti merah atau kuning di tengah-tengah ruangan yang didominasi warna putih.


Metode Desain

 Adapun beberapa metode desain yang sering digunakan adalah sebagai berikut:

  1. Explosing, merupakan sebuah metode mencari inspirasi dengan berpikir secara kritis untuk menghasilkan suatu desain yang belum pernah diciptakan.
  2. Redefining, merupakan sebuah metode dengan cara mengolah kembali suatu desain agar menjadi sesuatu yang berbeda dan lebih baik.
  3. Managing, merupakan sebuah metode yaitu metode desain dengan cara menciptakan desain secara berkelanjutan dan terus-menerus.
  4. Phototyping, merupakan sebuah metode desain dengan cara memperbaiki dan atau memodifikasi desain warisan nenek moyang.
  5. Trendspotting, merupakan sebuah metode desain dengan cara membuat suatu desain berdasarkan tren yang sedang berkembang.

Jenis-Jenis Desain

Adapun jenis desain dibagi menjadi 2 macam yaitu sebagai berikut:

1. Desain Struktur

Desain struktur adalah suatu desain yang menggambarkan wujud suatu benda atau objek yang terdiri dari beberapa unsur desain. Beberapa unsur desain tersebut diantaranya;

  • Susunan dari garis
  • Bentuk
  • Ukuran
  • Warna
  • Tekstur
  • Value (nilai gelap terangnya)
Baca Lainnya :  41 Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli dalam Bukunya

2. Desain Hiasan

Desain hiasan merupakan suatu desain yang dirancang khusus untuk memberikan hiasan terhadap desain struktur suatu objek. Adapun tujuan desain hiasan adalah untuk menambah keindahan dan mutu dari desain struktur objek tersebut.


Jenis Cabang Seni Desain

Adapun jenis cabang dalam seni grafis diantaranya yaitu :

  • Desain Grafis

Desain grafis merupakan suatu bentuk komunikasi visual yang dipakai untuk menyampaikan pesan atau informasi seefektif mungkin dengan menggunakan media gambar. Jika dalam seni grafis teks atau tulisan juga dianggap sebagai gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol yang bisa dibunyikan. contohnya seperti poster, majalah, undangan, surat kabar, logo perusahaan, kemasan, buku, cerita bergambar, karikatur dan lain sebagainya.


  • Desain Interior

Desain interior merupakan salah satu bidang keilmuan yang didasarkan ilmu desain dengan tujuan dapat memecahkan permasalahan akan kebutuhan ruangan yang nyaman dan indah dalam sebuah tempat tinggal, seperti ruangan rumah tinggal, hotel, rumah sakit, restoran, kantor, pusat hiburan, sekolah, bahkan ruang dapur, dan toilet.


  • Desain Arsitektur

Desain arsitektur merupakan suatu kegiatan yang berupaya memecahkan kebutuhan manusia akan tempat tinggal yang nyaman dan indah. Seperti rumah , perkantoran, tempat ibadah, rumah sakit, bangunan umum, bangunan industri dan lain sebagainya. Dalam dunia arsitektur, terdapat dua pendangan yang berbeda. Dari kedua pandangan itu yakni, pandangan yang menempatkan desain arsitektur sebagai bagian dari bidang keahlian teknik (keinsinyuran) dan pandangan yang menempatkan desain arsitektur sebagai bagian dari seni.


  • Desain Produk

Desain Produk merupakan cabang seni rupa terapan yang yang berupaya memecahkan permasalahan kebutuhan masyarakat akan benda pakai dan peralatan sehari-hari untuk menunjang kegiatannya.  Contohnya seperti desainer produk mendesain sepatu tidak hanya agar sepatu tersebut tampak bagus, namun juga harus nyaman dipakai dan mudah diproduksi.

 


Demikian Penjelasan Materi Tentang Desain: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Prinsip, Metode, Jenis
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya