Pengertian Customer Service

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Customer Service? Mungkin anda pernah mendengar kata Customer Service? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian menurut para ahli, tugas, fungsi, etika dan syarat. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Costumer-Service

Pengertian Customer Service

Customer Service (CS) adalah aktivitas apa pun yang bertujuan untuk memberikan kepuasan melalui layanan yang diberikan seseorang kepada klien mereka dalam menyelesaikan masalah.

Layanan yang diberikan meliputi penerimaan keluhan dan masalah yang dihadapi.


Pengertian Customer Service Menurut Para Ahli


1. Menurut Philip Kotler

Customer Service atau layanan pada dasarnya tidak berwujud, tidak membawa kepemilikan atas sesuatu, dan diberikan oleh satu pihak kepada pihak lain ketika produksinya adalah dan tidak terkait dengan produk fisik. Segala aktivitas atau manfaat yang bisa dilakukan.


2. Menurut Kasmir

Customer Service adalah kegiatan yang bertujuan atau bertujuan untuk memberikan kepuasan pelanggan melalui layanan yang dapat memenuhi kebutuhan dan kebutuhan pelanggan.


3. Menurut Turban et al.

Customer Service yaitu, menyediakan layanan kepada pelanggan sebelum, selama, dan setelah pembelian.

Baca Lainnya :  Pengertian Polimer

4. Menurut Institute of Customer Service

Customer Service adalah jumlah total pekerjaan yang dilakukan organisasi untuk memenuhi harapan pelanggan dan menghasilkan kepuasan pelanggan.


5. Menurut Businesscasesstudies.co.uk

Customer Service adalah layanan yang diberikan kepada pelanggan sebelum, selama, dan setelah pembelian barang atau jasa.


6. Menurut Moenir

Customer Service adalah aktivitas, melalui sistem, prosedur, dan metode tertentu, yang dilakukan individu atau kelompok untuk memenuhi kepentingan orang lain sesuai dengan hak-hak mereka, berdasarkan faktor-faktor penting.


Tugas dan Fungsi Customer Service
Tugas-dan-Fungsi-Customer-Service


1. Penerimaan

Resepsionis adalah layanan pelanggan sebagai resepsionis atau pelanggan yang datang ke bank dengan cara yang ramah, tenang, peduli, menghibur dan menyenangkan.

Dalam hal ini, layanan pelanggan perlu berbicara dengan hati-hati, dalam bahasa yang mudah dipahami dan dengan suara yang lembut dan jelas.


2. Deskman

Layanan pelanggan sebagai Deskmen, seseorang yang menyediakan berbagai aplikasi yang diajukan oleh pelanggan atau prospek. Untuk memberikan informasi tentang produk perbankan, jelaskan manfaatnya, jawab pertanyaan tentang produk baru, dan izinkan pelanggan untuk mengisi formulir aplikasi.


3. Salesman

Seorang salesman adalah perwakilan layanan pelanggan yang menjual produk dan pendekatan bank dan mencari pelanggan.


4. Petugas Hubungan Layanan Pelanggan

Dengan kata lain, seseorang yang dapat membangun hubungan baik dengan semua pelanggan.


5. Communicator

Communicator adalah layanan pelanggan sebagai orang yang menghubungi pelanggan dan memberikan informasi tentang bank dan segala sesuatu yang terkait dengan pelanggan itu.


Etika Customer Service

Etika-Customer-Service

  • Berkenalanlah dengan pelanggan atau pelanggan Anda.
  • Memahami atau memahami keinginan pelanggan / pelanggan.
  • Beritahu saya tentang produk perusahaan atau bank.
  • Melayani sampai akhir dengan prinsip kepuasan pelanggan / pelanggan nomor satu.
  • Mengamankan kerahasiaan pelanggan / pelanggan.
  • Kami melayani pelanggan kami dengan senyum cerah.
  • Tidak ada bias negatif terhadap pelanggan atau pelanggan.
  • Menerima keluhan pelanggan atau pelanggan.
  • Dengan terimakasih.
Baca Lainnya :  7 Tata Urutan Perundang-Undangan dari Tertinggi Sampai Terendah

Syarat Customer Service

Syarat-Customer-Service


1. Persyaratan fisik

  • Wajah dan penampilannya menarik.
  • Tinggi dan berat badan harus proporsional. Misalnya, tinggi ideal 160 cm atau lebih untuk pria dan 155 cm atau lebih untuk wanita.
  • Yang terpenting adalah kesehatan fisik dan mental.

2. Persyaratan mental

Memiliki mental yang kuat dalam melayani klien meningkatkan kepercayaan diri dan membangun kepercayaan diri. Atau bisa mengarah pada sifat jujur dan tanggung jawab besar atas apa yang Anda lakukan.


3. Persyaratan kepribadian

  • Energik atau ringan.
  • Memiliki selera humor yang baik dan selalu ingin maju.
  • Anda bisa mengendalikan diri.
  • Baik emosional maupun temperamen.

4. Situasi sosial

  • Saya memiliki kehidupan sosial yang tinggi.
  • Pintar.
  • Kepribadian tinggi.
  • Saya pandai berkencan dan berkencan dengan siapa pun.
  • Anda dapat berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk berkomitmen.

Demikian Penjelasan Materi Tentang Pengertian Costumer Service: Menurut Para Ahli, Tugas, Fungsi, Etika dan Syarat
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi