Teks Tantangan adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Teks Tantangan? Mungkin anda pernah mendengar kata Teks Tantangan? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang contoh, pengertian, ciri, struktur dan kaidah. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan. 

Contoh Teks Tantangan

Pengertian Teks Tantangan

Teks Tantangan adalah teks yang mengandung informasi bantahan terhadap hal yang sedang  menjadi perdebatan di masyarakat yang dilengkapi dengan data-data dan argumen yang bisa memperkuat bantahan tersebut berbagai sumber lainnya. Teks tantangan biasanya dipakai ketika menyanggah pendapat dalam debat.


Ciri-Ciri Teks Tantangan

Berikut terdapat ciri-ciri yang membedakan teks ini dengan maupun teks lain antara lain sebagai berikut:

  1. Struktur terdiri dari: Pengantar (Isu), Argumen (menentang), dan Simpulan atau Saran.
  2. Mengandung informasi yang memuat bantahan terhadap hal yang menjadi perdebatan di masyarakat disertai dengan data-data dan argumen untuk memperkuat bantahan.
  3. Ciri-ciri kebahasaan: Kalimat kompleks, kata hubung, kata rujukan, pilihan kata.

Struktur Teks Tantangan

Terdapat 3 struktur yang membangun teks tantangan sehingga menjadi utuh, inilah 3 struktur yang menyusun teks ini:

  • Pengantar (Isu):  merupakan bagian yang mengandung topik yang akan dibantah/ disanggah
  • Argumen: merupakan bagian yang mengandung rangkaian alasan atau bukti dengan tujuan mendukung bantahan.
  • Simpulan: merupakan mengandung pernyataan yang menegaskan bantahan.

Kaidah Kebahasaan Teks Tantangan

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa teks ini mempunyai 4 kaidah kebahasaan yang mesti kamu tahu sebelum membuat sebuah teks tantangan:

  1. Kalimat kompleks: kalimat yang mempunyai lebih dari satu struktur dan satu kata kerja.
  2. Pilihan kata: supaya gagasan teks bisa disampaikan dengan baik Pilihan kata yang digunakan pada teks tantangan kebanyakan bersifat argumentatif subyektif.
  3. Kata rujukan: kata yang menunjukkan rujukan sebagai pemberi informasi, Contohnya menyebutkan kata, berdasarkan, dan lainnya.
  4. Kata hubung: berfungsi untuk menghubungkan kata.

Cara Menyusun Teks Tantangan

Berikut ini terdapat beberapa cara menyusun teks tantangan, yakni sebagai berikut:

  1. Pertama hal yang dilakukan yaitu menentukan tema dan judul teks.
  2. Kedua Mencari sumber informasi yang akan dijadikan bahan pembicaraan.
  3. Ketiga Menganalisis bahan dengan mengolah data atau informasi sehingga menjadi pernyataan berupa:
    • penyusunan kalimat berupa kalimat topik pada setiap struktur teks.
    • pengembangan kalimat topik dengan kalimat pengembang.
    • menyusun paragraf sesuai dengan struktur.
    • menyunting kalimat sesuai dengan unsur kebahasaan.
    • menggabungkan paragraf menjadi teks yang padu.
    • Hasil analisis kemudian menyusun teks dengan urutan struktur sehingga menjadi teks tantangan yang utuh.

Contoh Teks Tantangan

Berikut ini terdapat beberapa contoh teks tantangan, yakni sebagai berikut:


Larangan Membawa HP Ke Sekolah

Pengantar

Saat ini, dalam penggunaan handphone atau yang sering disebut HP sudah menjadi bagian kehidupan masyarakat Indonesia, khususnya sudah banyak digunakan oleh berbagai anak-anak. Tidak hanya digunakan di rumah, akan tetapi banyak anak-anak sudah berani membawa HP ke sekolah. Padahal sekolah pun telah memberi larangan untuk tidak membawa HP sekolah. Pihak sekolah memberi alasan serta larangan karena telah terbukti anak muridnya telah asyik bermain HP pada saat jam pelajaran masih berlangsung. Berbagai Guru mata pelajaran pun sudah sering memergokinya.


Argumen

Menurut dari berbagai sumber, munculnya larangan tersebut tidak sesuai untuk diterapkan pada kurikulum 2013 sebagai kurikulum nasional 2013 yang saat ini di Indonesia. Sebab, siswa/i perlu untuk sebagai media informasi dan referensi dalam mencari informasi dalam mata pelajaran yang sedang dipelajari.

Perpustakaan memang sebagai salah sumber informasi, akan tetapi informasinya bisa itu saja. Anak didik perlu media informasi lain yang terbaru dan bisa menemukan rumusan masalah yang berbeda. Oleh sebab itu, tak jarang dari berbagai orang murid untuk tidak memberikan HP kepada anaknya dan menyuruhnya membawa HP ke sekolah. Alasannya sebagai alat komunikasi dan berjaga-jaga, jika terjadi diluar dugaan.


Kesimpulan

Pihak sekolah diminta kembali untuk memberikan solusi dan memikirkan kebijakan untuk tidak membawa atau larangan membawa HP ke sekolah. Secara keseluruhan, maka pihak sekolah juga harus mempertimbangkan apa dampak positif dan juga negatif bila ada larangan membawa HP ke sekolah. Sebab pendidikan memang pendidikan sebagai hal yang diutamakan.


Kenaikan Harga BBM

Sebanyak 10 ribu buruh yang tergabung dalam Majelis Pekerja Indonesia (MPBI), terdiri dari KSPI, KSPSI, KSBSI dan Federasi SP lainnya hari ini (17/6/2013) kembali turun aksi menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dengan mengepung gedung DPR RI, di mana akan dilakukan sidang paripurna DPR terkait pembahasan APBN-P 2013. Seperti diketahui, pemerintah memastikan akan menaikkan harga BBM subsidi jenis premium dan solar pada pekan ini. Rencananya harga premium akan naik Rp 2.000 menjadi Rp 6.500 per liter dan solar naik Rp 1.000 menjadi Rp 5.500 per liter. Saat ini kedua jenis BBM tersebut dijual dengan harga Rp 4.500 per liter.

Baca Lainnya :  Ekologi adalah

Menurut para pendemo, langkah pemerintah menaikkan harga BBM, dibarengi pembagian Bantuan Langsung Sementara (BLSM) pada masyarakat miskin adalah tindakan pembodohan dan tidak produktif. Kenaikan harga BBM juga merupakan tindakan yang tidak pro rakyat kecil terutama buruh.


Kenaikan harga BBM itu membuat daya beli buruh turun. Kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) sebesar Rp 500 ribu- Rp 700 ribu akan tergerus atau sia-sia karena harga sembako naik, sewa rumah dan kontrakan naik, transportasi naik dan inflasi akan naik di atas 10%. Dampaknya pada 44 Juta buruh formal akan jadi miskin lagi jadi buruh akan makin menderita.


Kenaikan BBM juga menunjukkan bahwa pemerintah gagal dalam mengelola keuangan negara. Pemerintah dianggap gagal dalam mengoptimalkan potensi pajak, dari 60 juta orang dengan penghasilan kena pajak, baru sekitar 8.8 juta atau 14,7% yang membayar pajaknya. Dan dari 5 juta badan usaha yang mendaftarkan dirinya sebagai wajib pajak, baru 520 ribu atau 10,4 % saja yang membayar pajaknya. Penerimaan pajak penghasilan (pph ) turun dari Rp 584.9 triliun menjadi Rp 530,7 triliun, turun Rp 54,1 triliun ditambah kasus korupsi yang terjadi di Dirjen Pajak.


Berdasarkan pemeriksaan BPK 2012, dana bantuan sosial yang bermasalah sebesar Rp 31,66 triliun, jadi aparat yang korup yang jadikan rakyat sengsara. Untuk itu, masih banyak cara untuk menekan defisit anggaran.


Kenaikan BBM juga menunjukkan bahwa pemerintah gagal dalam mengelola kebijakan energi. Pemerintah telah mengorbankan rakyat untuk kepentingan asing, karena minyak yang dikelola oleh pertamina hanya sekitar 14% dari total yang ada dan selebihnya dikuasai swasta dan asing, sehingga Indonesia harus mengimpor minyak, di saat yang sama Indonesia juga mengekspor. Pemerintah juga tidak serius membangun kilang minyak untuk meningkatkan kapasitas produksi Pertamina dan tidak serius menyiapkan gas sebagai energi alternatif.


Pemberian BLSM Rp 150 ribu per bulan untuk setiap keluarga, artinya tiap keluarga dengan empat orang dapat bantuan Rp 1.250 per orang per hari. Sedangkan kenaikan BBM Rp 2.000 per liter, ditambah naiknya harga sembako, transportasi, dan kontrakan yang bila dihitung tidak akan kurang dari Rp 400 ribu per keluarga.


Rakyat miskin akan tekor Rp 250 ribu per bulan bila subsidi BBM diganti BLSM. BLSM hanya diberikan selama empat bulan. Sedangkan imbas dari kenaikan BBM akan selamanya dirasakan rakyat miskin dan buruh. Apalagi, kenaikan harga BBM ini menjelang bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri, pasti kenaikan harga akan berlipat-lipat.


Selain itu, pemberian BLSM sebagai penganti subsidi BBM kepada rakyat miskin juga sarat kepentingan politis, pemberian BLSM ini akan dimanfaatkan partai penguasa untuk menarik dukungan masyarakat, kenaikan harga BBM dan pemberian BLSM hanya untuk kepentingan para politisi dan pencitraan para pejabat di mata rakyat.


Sebaiknya, pemerintah harus mempertimbangakan matang-matang saat memutuskan kenaikan harga BBM. Jangan terlalu tinggi dan harus dibarengi dengan kontrol yang kuat agar kenaikan itu tak berimbas pada kenaikan harga barang, transportasi, dan lain-lainnya. Pemerintah perlu memikirkan kebijakan strategis lain untuk memperbaiki perekonomian, bukan hanya memikirkan kenaikan harga BBM.


Merokok di Kalangan Pelajar

Merokok bukan lagi kegiatan yang asing di kalangan pelajar. Merokok sudah menjadi kebiasaan terutama di kalangan pelajar SMA, SMP, bahkan SD. Merokok dianggap bisa menjadi penghilang rasa penat dan stres untuk sebagian besar pelajar. Maka hasrat ingin menghisap rokok akan terus hinggap hingga dewasa.


Merokok sangat merugikan bagi perokok itu sendiri dan orang-orang disekitarnya. Asap rokok mengandung nikotin, tar, dan bahan kimia lainnya yang menyebabkan asma, penyakit pernafasan, kanker paru-paru, dan penyakit jantung koroner. Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan perilaku boros. Banyak sebagian pelajar rela berbohong kepada orang tuanya untuk meminta uang demi bisa membeli rokok.


Merokok di kalangan pelajar juga memengaruhi aktivitas mereka di sekolah. Sebagai contoh pelajar yang merokok lebih mudah cepat lelah saat berlari cepat karena aktivitas paru-paru mereka sudah tidak maksimal dan merokok juga dapat menurunkan memori kerja otaknya. Hal ini mengakibatkan nilai seorang pelajar akan menurun.


Bagi sebagian kalangan remaja, mereka merokok karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. Dari faktor lingkungan jika lingkungan mereka sebagian besar perokok aktif, mereka akan mudah terpengaruh. Sedangkan dari faktor orang tua dan keluarga bahwa anak-anak muda yang berasal dari rumah tangga yang tidak bahagia, dimana orang tua tidak begitu memperhatikan anak-anaknya dan memberikan hukuman fisik yang keras lebih mudah untuk menjadi perokok dibanding anak-anak muda yang berasal dari lingkungan rumah tangga yang bahagia.

Baca Lainnya :  √Talibun: Pengertian, Ciri, Fungsi, Pola Beserta Contohnya

Tidak hanya itu, iklan rokok ternyata juga menjadi faktor merokok di kalangan pelajar. Banyak iklan yang memberikan gambaran bahwa merokok adalah lambang kemewahan, pria sejati, dan lain-lain. Hal itu memicu remaja untuk ikut berperilaku layaknya iklan tersebut.


Mengingat banyaknya dampak dari adanya rokok, masing-masing pihak seharusnya ikut berperan dalam mengatasi banyaknya perokok saat ini. Untuk pemerintah seharusnya memberikan penyuluhan tentang bahaya merokok kepada masyarakat. Pemerintah juga bisa menaikkan harga rokok untuk mengurangi minat membeli rokok. Untuk seorang guru, ia seharusnya lebih banyak menasehati murid-muridnya akan bahaya merokok. Untuk orang tua, seharusnya mereka lebih mengawasi anak-anaknya dan selalu mengingatkan anaknya.


Namun, terlepas dari semua peran dari berbagai pihak di atas diri kita sendirilah yang sebenarnya lebih penting dalam mengatasi banyaknya perokok. Untuk pelajar yang tidak pernah merokok sebaiknya jangan sekali-kali mencobanya. Para pelajar harus bisa membentengi diri dari hal-hal yang negatif dan lebih menekankan pada hal-hal yang positif.


Contoh Teks Tantangan Tentang Pendidikan

Di zaman yang serba maju kini ini, pendidikan telah dan sudah menjadi tolak ukur asumsi tingkat kesuksesan seorang individu di masa mendatang. disertakan bersama mempunyai pendidikan yang tinggi maka seseorang sanggup mempunyai pekerjaan yang lebih baik. Pendidikan sendiri juga berfungsi sebagai senjata untuk menghadapi persaingan di dunia kerja. Mengingat tingginya tingkat persaingan kerja ketika ini, maka menjadikan tingkat pendidikan sangat penting.


Orientasi

Pendidikan yang kita kenal di Indonesia terbagi menjadi beberapa kategori yakni SD, SMP, SMA, Sekolah Menengah kejuruan sederajat dan perguruan tinggi tinggi. Untuk mencapai tingkatan perguruan tinggi tinggi bukanlah kasus yang mudah. Hal ini dikarenakan tingkat persaingan perguruan tinggi tinggi di Indonesia semakin meningkat tiap tahunnya. Hal ini bukan tanpa alasan, kesadaran akan pentingnya tingkat pendidikan seseorang menjadikan orang tersebut merasa harus untuk meneruskan sekolahnya ke perguruan tinggi tinggi.


Argumen

Umumnya tamatan perguruan tinggi tinggi memang menjadi prioritas dalam dunia kerja, hal ini alasannya mereka telah dan sudah dianggap benar benar menguasai suatu bidang tertentu yang telah dan sudah dibuktikan dengan ijazah perguruan tinggi tinggi mereka. Tidak heran jikalau dalam dunia kerja ketika orang yang Istimewa untuk lulusan Sekolah Menengan Atas dan lulusan sarjana bertemu, maka orang dengan ijazah sarjana yang akan diprioritaskan.

Untuk menjawab tantangan kerja semacam ini, kita harus membekali diri dengan pendidikan yang tinggi. Pada dasarnya untuk meraih pendidikan di tingkat universitas tidaklah terlalu sulit menyerupai yang dibayangkan. Siswa Istimewa untuk perlu tekun dan telaten dalam belajar. disertakan bersama mencar ilmu siswa akan bertambah terpelajar dan bisa bersaing secara kompetitif dengan siswa lainnya untuk masuk ke suatu perguruan tinggi tinggi.


Kesimpulan

Pada dasarnya tingkat pendidikan tidak Istimewa untuk menjadi satu satunya contoh utama untuk menentukan tingkat kesuksesan seseorang di masa mendatang. Selain tingkat pendidikan, soft skill atau keahlian juga sangat besar lengan berkuasa dalam dunia kerja. Akan menjadi percuma jikalau seorang yang berpendidikan tinggi Istimewa untuk mengetahui teori namun tidak bisa mengaplikasikannya kedalam skill atau keahliannya. Hal ini diperkuat dengan adanya uji praktek dala suatu proses melamar kerja. Maka dari itu untuk menghadapi tantangan dunia kerja. Tidak Istimewa untuk menenyam pendidikan setinggi mungkin saja, namun mereka juga harus menguasai keterampilan dasar atau soft skill.


Contoh Teks Tantangan Tentang Sampah

Orientasi

Jika mendengar sehubungan sampah, tentunya benda ini sudah tidak aneh lagi untuk kita. Jika mendengar kata ini sekilas akan terlintas setumpukan limbah yang berbau busuk melintas di benak kita. Para jago mengartikan sampah sebagai benda atau meterial sisa hasil produksi maupun konsumsi yang sudah tidak sanggup dipakai dan dimanfaatkan lagi.

Terkadang sampah juga sering diartikan sebagai barang yang merugikan alasannya sanggup merusak keindahan dan aroma pada lingkungan sekitar. Maka dari itu kebanyakan orang akan membuang sampah alasannya sudah tidak berguna. Sampah sendiri sanggup dapat dikategorikan menurut materi penyusunnya yakni sampah organik dan non organik.


Argumentasi

Jika sampah tidak dibuang pada tempatnya maupun ditumpuk tanpa sistem pengelolaan yan baik maka sampah sanggup menyajikan dampak negatif pada kesehatan insan disekelilingnya. Tumpukan sampah maupun sampah yang berantakan sanggup mendatangkan hama dan wabah pengganggu menyerupai serangga lalat, kutu, kecoa, tikus, basil dan sebagainya yang tentunya sanggup mengakibatkan penyakit.


Memang sampah sangat berbahaya dan sanggup mengancam kesehatan jikalau berada di lingkungan terlebih lagi pada pemukiman padat penduduk. Maka dari itu, diharapkan adanya sistem pengelolaan sampah yang baik dengan melaksanakan daur ulang sampah untuk mencegah pencemaran lingkungan. Pada dasarnya, segala jenis sampah yang kita buang sanggup kita olah kembali untuk dimanfaatkan.


Seperti dijadikan materi membuat kerajinan yang bersifat benefit dari segi ekonomi. Sistem pengelolaan sampah sanggup dikategorikan menjadi 3 tahapan utama yakni tahap pengumpulan, tahap pemisahan/pengangkutan, dan tahap selesai yakni pengolahan.

Baca Lainnya :  √Klasifikasi Makhluk Hidup: Pengertian, Macam, Proses dan Manfaat

Sampah tidak harus selalu dibuang begitu saja, melainkan harus dipilih menurut jenisnya yang nantinya sanggup dijadikan materi daur ulang. Hal ini tentunya lebih baik dan irit daripada Istimewa untuk membuangnya saja di kawasan pembuangan akhir. Hal ini diperkuat dengan pernyataan bahwa kawasan pembuangan sampah selesai yang bercampur menjadi satu akan mengurangi dan bahkan merusak estetika lingkungan sekitarnya. Terlebih lagi jikalau sampah tersebut Istimewa untuk dibakar. Tentunya penyelesaian semacam ini malah akan mengakibatkan perasalahan baru.


Kesimpulan

Sampah ialah hasil selesai dari proses kegiatan insan dan ialah sebuah konsekuensi yang harus ditanggung. Namun banyak sekali insan yang mengabaikannya dan tidak mau andil dalam mengolah sampah yang notabennya mereka hasilkan sendiri. Hal ini terjadi alasannya mereka selalu beranggapan sampah ialah hal yang biasa dalam kehidupan yang sah sah saja meskipun tidak ikut dalam proses penanggulanannya.


Contoh Teks Tantangan Tentang Teknologi

Orientasi

Internet sanggup dikatakan sebagai salah satu teknologi yang menyajikan layanan untuk mencari informasi tertentu yang dibutuhkan manusia. Penggunaan internet sendiri sudah sangat umum dan menjadi viral alasannya internet menyajikan fasilitas jalan masuk informasi untuk mempermudah kehidupan manusia. Namun tidak sedikit yang beranggapan bahwa pemanfaatan internet menyajikan kerugian dan dampak negatif bagi banyak pihak. Hal ini sanggup ditandai ketika seseorang sudah merasa dimanja internet dan menjadi lupa waktu dan Istimewa untuk menghabikan kesehariannya dengan untuk bermain internet mencari kesenangan sendiri.


Argumentasi

Namun bersama-sama tidak sepenuhnya evaluasi di atas benar. Penggunaan internet intinya memang sanggup memmemberi proteksi dan mempermudah jalan masuk dalam mencari intormasi yang dibutuhkan oleh penggunanya Istimewa untuk dalam hitungan detik saja. Selain itu untuk memakai internet ini sangat gampang alasannya anda Istimewa untuk memerlukan smartphone, tablet, maupun laptop saja sebagai medianya.


Dulu kita memang sering disibukkan membaca koran dan buku Istimewa untuk untuk mengetahui info atau informasi terbaru yang tengah terjadi. Namun dengan adanya internet tentunya sanggup memmemberi proteksi kita mengatasi permasalahan keterlambatan informasi tersebut. Internet dinilai lebih efisien dan lebih efektif dipakai untuk mengetahui informasi dan kondisi sehubungan hal yang tengah berlangsung.


disertakan bersama adanya internet kita sanggup mengakses informasi secara real time. Dalam artian jik tengah terjadi suatu insiden di suatu kawasan kita sanggup pribadi mengakses beritanya ketika itu juga melalui aneka macam layanan internet menyerupai google, sosial media dan sebagainya.


Selain dipakai untuk mendapat informasi secara kilat, internet juga sanggup dipakai untuk aneka macam sarana menyerupai promosi bisnis, perjuangan dan produk tertentu yang tengah kita kelola. Hal ini sanggup terjadi ketika kita mempromosikan bisnis kita pada jejaring sosial tertentu menyerupai facebook, twitter, instagram dan sebagainya.


Selain itu kita juga sanggup mendapat pundi pundi uang dengan cara mengikuti acara periklanan online (online advertisement program) yang banyak diselenggarakan oleh pihak pihak tertentu. Jika kita mendapati internet Istimewa untuk dipakai untuk keperluan tidak senonoh oleh penggunanya maka pengguna tersebut belum benar benar paham sehubungan manfaat dari pemanfaatan internet.


Kesimpulan

Internet memang sudah seharusnya menjadi sebuah sarana yang menyajikan laba berupa fasilitas dalam mengakses informasi. Namun internet justru menjadi sarana yang menghancurkan moral dan mengurangi kualitas kepribadian seorang individu.


Contoh Teks Tantangan Tentang Kesehatan

Masalah-Masalah yang Muncul Akibat Obesitas

Berat badan yang berlebihan dalam dunia kesehatan dikenal sebagai obesitas. Obesitas dalam hal ini didefinisikan sebagai sebuah kondisi dimana tubuh manusia menyimpan lemak berlebih. Obesitas sangat potensial menyebabkan gangguan pada kehidupan manusia.


Dalam dunia kedokteran, obesitas dikenal sebagai faktor utama penyebab penyakit jantung. Akibat berlebihan berat badan, jantung bekerja lebih keras jika jantung bekerja lebih keras hal ini jelas sangat berbahaya bagi kesehatan.


Serangan jantung pun dapat terjadi selain itu obesitas pula menyebabkan pembuluh darah pecah sehingga apa yang disebut sebagai stroke dapat terjadi. Tidak hanya serangan jantung dan stroke, obesitas dapat pula meningkatkan jumlah gula dalam darah. Jumlah gula yang tidak terkontrol ini menyebabkan gangguan kesehatan yang dikenal sebagai diabetes.


Selain masalah diatas obesitas juga dapat mengganggu kehidupan sehari-hari, utamanya wanita. Kebanyakan kaum wanita sering berusaha keras menjaga agar terhindar dari obesitas. Bagi wanita gemuk adalah sebuah kekurangan. Dengan gemuk kesempurnaan penampilan mereka menjadi berkurang dan ini tentusaja dapat berpengaruh negative terhadap kepercayaan bagi diri mereka.


Penelitian serius sangat diperlukan untuk meneliti pengaruh obesitas pada manusia. Namun, dari penjelasan yang dipaparkan diatas telah jelas bagi kita bahwa diabetes tidak baik untuk kesehatan.


Demikian Penjelasan Materi Tentang 7 Contoh Teks Tantangan: Pengertian, Ciri, Struktur & Kaidah
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi