Contoh Penulisan Amplop Lamaran Kerja

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Amplop Lamaran Kerja? Mungkin anda pernah mendengar kata Amplop Lamaran Kerja? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang contoh penulisan amplop lamaran kerja. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Contoh Penulisan Amplop Lamaran Kerja yang Benar Sesuai EYD

Pada saat kita bermaksud ingin memberikan surat lamaran kerja ke sebuah perusahaan, tentunya harus disertai dengan amplop suratnya, agar terlihat lebih profesional dan mengesahkan penulisan amplop lamaran kerja juga tidak dapat ditulis dengan sembarangan, kita harus membuatnya sesuai dengan format penulisan yang baik dan benar dengan bahasa EYD. Selain agar terlihat profesional dan mengesahkan, tujuan dari penulisan amplop yang baik juga mempengaruhi seberapa besar kesempatan pada anda dapat masuk ke dalam perusahaan tersebut, jika kalau perusahaan tersebut sebagai perusahaan besar yang diinginkan oleh banyak orang. Penulisan amplop untuk melamar sebuah pekerjaan tidak dapat sembarangan dan harus mengunakan format yang baik dan benar serta dengan bahasa EYD. Lantas seperti apa penulisan amplop lamaran kerja yang baik dan benar? dibawah ini adalah standard dan penulisan yang sering digunakan oleh banyak orang, sebagai berikut:


Standard Amplop

Gunakan amplop lamaran kerja berwarna coklat yang diperoleh tali sebagai penutupnya, selain itu jangan sampai amplop yang anda pakai terlihat kotor dan kusut, karena apabila itu terjadi perusahaan beranggapan kalau anda mempunyai personalitas yang kurang baik terutama dalam kerajinan.

Baca Lainnya :  Penyembelihan adalah

Identitas Lengkap

Identitas adalah kondisi yang sangat penting dalam kondisi tersebut, jadi usahakan penulisan anda jangan sampai salah menulis identitas anda pada amplop tersebut. Identitas disini terdiri dari nama lengkap (sertakan gelar apabila punya), alamat lengkap mulai dari RT, kecamatan, dan kota (sertakan juga kode pos), seterusnya jangan lupa untuk memberi kontak yang dapat dihubungi baik itu email maupun nomor telepon. Tempatkan identitas pada bagian kiri atas amplop.


Penulisan yang Baik

Dalam penulisan amplop lamaran kerja kita juga tidak dapat sembarang, misalnya penulisan amplop pada acara kondangan. Disini kita juga harus memperhatikan huruf kapital pada awalan, misalnya M. Jojo, Ambon, dan lainnya).


Penulisan Kode atau Nama Jabatan

selain identitas, anda juga mesti memasukkan kode atau nama jabatan yang anda cita-citakan untuk memastikan kedudukan yang ingin anda isi. Kode atau nama jabatan tersebut diletakkan di bagian kanan atas amplop lamaran kerja.


Tujuan surat

Penulisan dengan lengkap dengan berbentuk segi panjang. Penerima surat terletak pada tepi kanan bawah bagian amplop menggunakan huruf kapital. Lebih bagus lagi apabila anda memakai stiker label, lalu diprint memakai huruf cetak komputer.


Tata Letak dan Cara Penulisan Amplop Lamaran Kerja

Berikut ini adalah kriteria contoh penulisan amplop surat lamaran kerja yang baik dan benar.
  1. Lazimnya, amplop lamaran kerja adalah amplop cokelat dengan tali sebagai pengunci dokumen agar tidak tercecer.
  2. Amplop yang lusuh dan kotor akan menimbulkan persepsi bahwa anda adalah pribadi yang ceroboh dan tidak cermat.
  3. Tulis identitas lengkap  – Terdiri dari nama lengkap ditambah gelar jika ada, alamat komplit meliputi RT hingga kabupaten atau kota disertai kode pos, dan nomor kontak seperti handphone / telp dan alamat email jika ada. Tulis identitas diri di bagian kiri atas amplop lamaran kerja.
  4. Gunakan huruf kapital pada kata awalnya. Contoh: Farizal Urfa, Wonosobo, dsb.
  5. Menulis Kode atau Nama Jabatan – tuliskan kode jabatan yang Anda dambakan untuk menegaskan kedudukan yang ingin Anda isi. Tulis di bagian kanan atas amplop lamaran kerja.
  6. Tujuan Surat – Ditulis dengan lengkap dengan berbentuk segi panjang. Penerima surat terletak pada tepi kanan bawah bagian amplop memakai huruf kapital. Lebih bagus lagi jika menggunakan stiker label kemudian diprint menggunakan huruf cetak komputer.
Baca Lainnya :  √Surat Pengunduran Diri: Pengertian, Cara, Format Serta Contohnya

Contoh Penulisan Amplop Lamaran Kerja

Berikut ini adalah beberapa contoh tata cara penulisan amplop lamaran kerja yaitu:

Contoh Amplop Lamaran 1

Contoh Amplop Lamaran 1


Contoh Amplop Lamaran 2

Contoh Amplop Lamaran 2


Contoh Amplop Lamaran 3

Contoh amplop lamaran kerja 3


Contoh Amplop Lamaran 4

Contoh amplop lamaran kerja 4


Contoh Amplop Lamaran 5

Contoh amplop lamaran kerja 5


Contoh Amplop Lamaran 6

Contoh amplop lamaran kerja 6


Contoh Amplop Lamaran 7

Contoh amplop lamaran kerja 7


Contoh Amplop Lamaran 8


Contoh Amplop Lamaran 9

Contoh amplop lamaran kerja 9


Contoh Amplop Lamaran 10

Contoh amplop lamaran kerja 10

Demikian Penjelasan Materi Tentang Amplop Lamaran Kerja: Contoh Penulisan Amplop Lamaran kerja Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi.