Brosur adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Brosur?Mungkin anda pernah mendengar kata Brosur? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, jenis, ciri, fungsi, tujuan, kelebihan brosur. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Brosur

Pengertian Brosur

Brosur adalah salah satu media informasi eksternal berupa tulisan yang tercetak.untuk menawarkan suatu produk, Brosur ini berfungsi memberikan informasi produk yang di tawarkan kepada calon konsumen. Umumnya, brosur ini berbentuk selembaran kertas yang berisi barisan kata serta juga informasi suatu produk dan ditambah sedikit gambar pendukung.


Pengertian Menurut Para Ahli

Adapun definisi brosur menurut para ahli antara lain sebagai berikut:


1. Prof. Drs.Onong.U.Effendy dalam Kamus Komunikasinya (1989 : 130)

Brosur merupakan buku kecil yang tipis yang berisikan keterangan mengenai suatu hal atau kegiatan.”


2. Cutlip, Center, and Broom dalam bukunya Effective Public Relations (1994 : 263-273)

Brosur adalah publikasi singkat yang terdiri beberapa halaman yang berisi keterangan singkat yang berisi tentang organisasi atau perusahaan untuk diketahui umum.


3. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Brosur merupakan suatu media informasi tertulis mengenai suatu masalah yang disusun secara bersistem atau cetakan yang hanya terdiri atas beberapa halaman dan dilipat tanpa dijilid atau selebaran cetakan yang berisi keterangan singkat.

Baca Lainnya :  10 Karakteristik Wirausaha Menurut Para Ahli

4. Hampton (2013:1)

Menyebutkan definisi brosur ini berdasarkan bentuk fisiknya, yaitu sepotong kecil kertas yang dicetak, pada umumnya menggunakan satu lembar kertas yang berukuran 8.5 inci x 11 inci atau 8.5 inci x 14 inci dengan tiga lipatan atau dapat pula yang berukuran lainnya dengan banyak lipatan yang berbeda atau tanpa lipatan.


Jenis-Jenis Brosur

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis brosur, terdiri atas:


1. Brosur Tanpa Lipatan

Brosur tanpa lipatan bisa di kenal dengan nama Flyer, dimana brosur tidak memiliki lipatan dan ukuran yang banyak digunakan oleh pengusaha yaitu A5 ( 14.8 cm x 21 cm), A4 dan DL (1/4 kertas kuarto). Brosur jenis ini bisa digunakan untuk media promosi dengan memberi informasi singkat. Bilamana ingin membuat informasi sedikit lebih panjang, bisa juga menggunakan kertas A4 ukuran 21 cm x 29.7 cm.


2. Brosur 2 Lipatan

Brosur 2 lipatan umumnya menggunakan kertas A4 dengan ukuran 21 cm x 29.7 cm. Kertas akan dilipat 2 dengan begitu ada 4 halaman depan dan belakang. Brosur jenis ini biasa digunakan untuk promosi yang lebih banyak menampilkan gambar atau memiliki gambar yang jauh lebih besar.


3. Brosur 3 Lipatan

Jenis dan ukuran brosur terakhir dengan 3 lipatan menjadi brosur yang populer dan paling banyak digunakan untuk promosi barang atau jasa. Kertas yang di pakai untuk membuat brosur 3 lipatan yaitu A4 ukuran 21 cm x 29.7 cm dimana kertas akan di lipat menjadi 3 bagian sehingga brosur akan memiliki 6 halaman depan dan belakang. Jika ingin membuat sebuah brosur yang memiliki banyak gambar dan foto atau brosur yang memiliki banyak materi yang harus disampaikan. Brosur 3 lipatan ini sangat cocok menjadi pilihan anda demi memenuhi kebutuhan.

Baca Lainnya :  √Lembaga Ekonomi: Pengertian, Ciri, Peran, Unsur dan Tujuannya

Ciri-Ciri Brosur

Berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri brosur, terdiri atas:

  • Umumnya mempunyai  pesan yang tunggal.
  • Bertujuan untuk dapat meniformasikan, mengedukasi, serta juga membujuk atau juga mempengaruhi orang/pelanggan untuk membeli maupun mengadopsi pesan yang disampaikan.
  • Hanya sekali diterbitkan. meski begitu dapat untuk dicetak ulang berkali-kali baik diperbarui ataupun tidak.
  • Dibuat semenarik mungkin supaya menarik perhatian publik.
  • Didistribusikan dengan secara tersendiri oleh pembuat brosur tersebut.
  • Memiliki desain yang menarik serta juga  isinya harus jelas.

Fungsi Brosur

Adapun fungsi brosur antara lain sebagai berikut:

  1. Untuk menginformasikan kepada para konsumen potensial yang berhubungan dengan perusahaan atau juga produk atau layanan yang akan ditawarkan.
  2. Sebagai alat iklan ataupun alat promosi, yang menarik serta juga memungkinkan untuk mempromosikan satu atau lebih produk atau juga jasa.
  3. Desain dari sebuah brosur yang baik yang memungkinkan untuk dapat mempertahankan sebuah kriteria dari seluruh brosur dari perusahaan tersebut. Kriteria yang terkadang sering disebut dengan konsep yang kemudian disatukan ke dalam seluruh jenis brosur, yang akan menjadikan perusahaan tersebut teridentifikasi dengan mudah.

Tujuan Brosur

Berikut, tujuan brosur dalam bahasa Inggris, yaitu sebagai :

  • Information ( Informasi ).
  • Promotion (Promosi ).
  • To increase attractiveness for a product ( Untuk dapat meningkatkan daya tarik suatu produk ).
  • As an identy for a product ( Sebagai suatu identitas untuk suatu produk )

Kelebihan Brosur

Berikut ini terdapat beberapa kelebihan brosur, terdiri atas:

  1. Media Promosi Murah

    Media Promosi paling murah selain sosial media adalah dengan mencetak brosur. Harga cetak brosur di percetakan saat ini sangat murah sekali, terlebih jika anda mencetaknya di pulau JawaHarga cetak brosur saat ini bisa anda dapatkan mulai dari harga Rp. 300-500 rupiah perlembar, tentunya harga brosur sangat tergantung jumlah pemesanan anda, warna, dan ukuran brosur ya.

  2. Penyampaian yang Paling Mudah

    Hanya dengan kata-kata yang menarik dan jelas, anda sudah bisa meyampaikan isi promosi anda. Kebanyakan brosur juga mengandalkan gambar-gambar yang komunikatif untuk menarik minat calon pelanggan.

  3. Mudah Dibawa Kemana Saja

    Dengan kemudahan nya, brosur bisa di lipat dan dimasukan ke saku pelanggan tanpa membuat ribet pelanggan anda. Sehingga ketika anda memberikan brosur pada pelanggan, pelanggan dapat membacanya kapan saja dan dimana saja.

  4. Mudah Pendistribusiannya

    Brosur bisa anda bawa dan diberikan dimana saja, tergantung target pelanggan anda. Sering sekali kita jumpai brosur di bagikan di pinggir jalan.

  5. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

    Kredibilitas perusahaan anda juga bisa dibangun dengan brosur, tetapi untuk menaikan kredibilatas ini anda harus bisa membuat desain brosur yang menarik, elegan, dan komunikatif.

  6. Informasi Lebih Spesifik

    Meskipun anda dituntut untuk membuat brosur dengan kalimat yang singkat dan padat, tetapi untuk jenis brosur tertentu (seperti: spesifikasi) anda bisa memanfaatkan brosur untuk menyampaikan dengan lebih spesifik.

  7. Cepat Pembuatannya

    Beragam percetakan di sekitar anda juga banyak yang menawarkan kecepatan cetak. Di Internet saja saya sering kali melihat percetakan yang mampu mencetak ribuan brosur dalam waktu 1-2 hari saja.

  8. Desain Yang Customable

    Desain Brosur promosi anda bisa anda tentukan dan sesuaikan dengan perkembangan tren dan zaman. Tren desain brosur hampir setiap tahun berubah-ubah, anda bisa mencarinya di google untuk tren brosur yang sedang hits.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Brosur: Pengertian, Jenis, Ciri, Fungsi, Tujuan dan Kelebihan
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya