Biota Laut

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Biota Laut? Mungkin anda pernah mendengar kata Biota Laut? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, jenis, manfaat serta cara melindungi. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Biota Laut: Pengertian, Jenis, Manfaat Serta Cara Melindungi Biota Laut

Pengertian Biota Laut

Biota Laut ialah beraneka makhluk hidup yang ada di laut baik hewan dan tumbuhan maupun terumbu karang. Secara umumnya, biota laut dibagi menjadi 3 bagian besar yakni plankton, nekton dan bentos. klasifikasi tersebut tidak ada hubungannya dengan golongan ilmiah, ukuran, hewan maupun tumbuhan namun menurut pada kemampuan hidup secara umum, misalnya gerak berjalan, pola hidup dan hamburan berdasarkan ekologi.


Jenis-Jenis Biota Laut

Berikut ini terdapat 3 jenis-jenis biota laut, yakni sebagai berikut:

Planktonik

Planktonik ialah jenis biota laut yang berenang dan mengambang menyelusuri arus, biota laut ini tidak dapat berenang melawan arus karena dependensinya. Planktonik terdapat 2 jenis bagian, antara lain:

  • Zooplankton

Zooplankton ialah jenis makhluk hidup yang sebagian besar hidupnya dilaut, danau, maupun sungai permukaan dengan bentuk tubuh sekitar ±0,05 mm. Zooplankton ialah melingkupi makhluk hidup tercantum pada protozoa kecil dan metazoans besar. Jenis zooplankton tidak meluas merata, karena secara sembarang di dalam suatu kawasan laut. Asal makanan dari zooplankton ialah berupa fitoplankton.

  • Fitoplankton

Fitoplankton ialah jenis makhluk hidup mikroskopis yang hidupnya di kawasan eufotik laut yang berada mensistensis makanannya sendiri yakni berbentuk benih organik yang prosedur dari benih-benih anorganik dengan dukungan dari sinar matahari.

Baca Lainnya :  Koperasi adalah

Bentik

Bentik ialah jenis biota laut yang hidupnya dikawasan dasar laut dan pada biasanya bersifat merambat. Berikut ini biota laut yang bersifat merambat, yakni:

  1. Melekat, seperti sponge, teritip dan tiram
  2. Merambat, seperti kepiting dan udang karang
  3. Meliang, seperti cacing dan kerang

Sumber makanan makhluk hidup bentik ialah ganggang dan limpasan organik yang berasal dari tanah. Keadaan suhu, salinitas, kedalaman air dan jenis subtrat teritorial sangat penting kepada kelangsungan makhluk hidup bentik.


Nektonik

Nektonik ialah jenis makhluk hidup yang berprofesi perenang aktif di kawasan perairan baik itu air tawar maupun air laut. Nekton diingat menjadi pemangsa paling atas pada beberapa besar menjadi rantai makanan di laut. Ikan ialah jenis nekton terbanyak dengan 16.000 jenis.

Nekton ialah predator plankton yang memiliki beragam manfaat bagi kehidupan manusia, misalnya penambahan gizi dan penambahan perekonomian.


Manfaat Biota Laut

Berikut ini ada beberapa manfaat dari biota laut bagi manusia, yakni sebagai berikut:

  • Bisa menjadi sumber obat-obatan
  • Bisa menjadi menambah penghasilan bagi masyarakat
  • Bisa menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun asing, seperti bisa diving dan snorkling
  • Iklan dan rumput laut bisa kita konsumsi dan akan menambah meningkatkan gizi
  • Berkhasiat untuk menjadi ekologi dan ekonomi

Fungsi Biota Laut

Fungsi biota laut yaitu untuk mengembangkan seluruh makhluk hidup yg ada di laut. Biota itu sekumpulan makhluk yg sejenis, Biota laut juga berfungsi sebagai perkembangan pariwisata dan lingkungan. Ikan dan rumput laut berfungsi bagi kesehatan karena mengandung gizi, Terumbu karang berguna bagi ekologi dan ekonomi.


Cara Melindungi Biota Laut

Dari penjelasan di atas, kita dapat tahu bahwa terdapat beberapa jenis biota laut yang dapat menghadiri mereka yang berperang penting bagi kelangsungan manuisa. Tetapi, sekarang ini beragam kejadian tengah meneror kelestarian biota laut tersebut, yakni musnah secara masal yang terjadi pada biota laut.

Baca Lainnya :  Uang Giral

Hal tersebut sering akibat beberapa faktor seperti campuran dari temperature yang tinggi, pengasaman, minimnya oksigen maupun ulah dari manusia itu sendiri, seperti menangkap dan mengebom terumbu karang. Lalu Bagaimana cara kita melindungi biota laut agar tetap lestarim, yakni:

  • Menanam dan melanggengkan hutan bakau yang berada di bibir pantai
  • Pembatasan atas pemungutan terumbu karang yang sebagai habitat bagi makhluk hidup biota laut
  • Pembatasan pemakaian bahan peledak untuk mengambil ikan
  • Tidak membuang sampah atau limbah industri ke laut secara sembarangan

Contoh Biota Laut

Biota laut adalah seluruh makhluk hidup yang berkembang biak di laut. biota laut yang ada di perairan indonesia merupakan salah satu kekayaan indonesia yang sangat berlimpah, biota laut itu di antaranya terumbu karang, ikan, dan tumbuh-tumbuhan laut, kuda laut, Bintang laut, teripang DLLyang menjadi bagian dari ekosistem laut. Salah satunya Terumbu karang di Taman Nasional Bunaken sangat banyak jenisnya.Terumbu karang ini hidup dipantai atau didaerah yg terkenan cahaya matahar dan hidup diperairan yg berada kurang lebih 50 meter (dpl) dgn suhu tertentu,serta di air jernih yg tdk terkena polusi.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Biota Laut: Pengertian, Jenis, Manfaat Serta Cara Melindungi Biota Laut
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi