Biogas adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Biogas? Mungkin anda pernah mendengar kata BiogasDisini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, manfaat, kelebihan, kekurangan, proses pembuatanya. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan. 

Biogas adalah

Pengertian Biogas

Biogas merupakan gas yang berasal dari sebuah aktivitas anaerobik ataupun fermentasi bahan-bahan organik, seperti kotoran hewan ternak sapi, limbah domestik, sampah biodegradable ataupun setiap limbah organik yang biodegradable didalam kondisi anaerobik. Dan kandungan utama yang ada pada biogas ialah metana dan jga karbondioksida. Pada biogas campuran gas yang dihasilkan oleh sebuah bakteri yang menghasilkan metan disebut dengan metanogenik, dan hal ini bisa terjadi kepada material-material yang dapat terurai secara alami di dalam kondisi anaerobik.


Manfaat Biogas

Berikut adalah beberapa manfaat biogas diantaranya yaitu:


1. Sebagai Pengganti Gas LPG

Biogas merupakan salah satu bahan bakar yang sangat berguna karna dapat menjadi energi yang baik dan mampu menggantikan gas LPG yang sering kita gunakan di rumah. Daya beli masyarakat terhadap LPG yang kian memberatkan merupakan salah satu alasan kenapa biogas menjadi pengganti LPG yang cocok, karena sumber bahan bakarnya yang berasal dari limbah yang berarti bisa di dapat dengan cara mudah dan murah.


2. Sebagai Bahan Bakar Kendaraan

Penggunaan energi bahan bakar yang tak terbarukan sepertu energi fosil mulai semakin diperhatikan, dengan cara merubah bahan bakar tersebut menjadi bahan bakar berbasis gas. Nah, biogas menjadi salah satu bahan bakar gas yang memiliki banyak fungsi dan manfaatnya. Salah satunya adalah lebih murah untuk biaya operasional.

Baca Lainnya :  Partai Politik

3. Memanfaatkan Sampah Lingkungan

Dengan memanfaatkan jenis limbah yang mudah terurai atau recycle, maka kita mampu mengurangi sampah yang tersebar dilingkungan. Kegiatan ini otomatis mampu menjaga lingkungan kita tetap bersih dan terjaga.


4. Pembangkit Listrik

Pemasok listrik tunggal di Indonesia yaitu PLN, saat ini menggunakan bahan bakar jenis solar sebagai alternatif untuk memasok ketersedian listriknya ke pelanggan. Faktanya, dengan memanfaatkan biogas dengan baik dan benar, maka biogas mampu menjadi alternatif atau energy tambahan untuk memasok ketersediaan listrik di Indonesia, diperkirakan 1 meter kubik biogas mampu menghasilkan 6000 watt listrik per-jamnya.


5. Menghasilkan Pupuk Organik

Pupuk organik yang berasal dari limbah memiliki banyak manfaat karena tidak mengandung bahan kimia yang mampu menurunkan hasil panen atau hasil produksi pertanian.


Kelebihan Dan Kekurangan Penggunaan Biogas

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari penggunaan biogas antara lain yakni:


Kelebihan


  • Sangat ramah lingkungan karna dapat mengurangi efek rumah kaca.
  • Dapat dijadikan sebuah metode untuk pengolahan limbah.
  • Dalam proses pembakaranya tidak mengeluarkan asap.
  • Mampu mengurangi penggunaan bahan bakar fosil(minyak bumi, batu bara dan juga gas alam).

Kekurangan


  • Memerlukan biaya yang relatif cukup tinggi.
  • Tidak bisa dikemas didalam sebuah tabung.
  • Dan saat pengolahannya dibutuhkan waktu yang relatif cukup lama.

Proses pembuatan biogas

Adapun proses pembuatan biogas antara lain sebagai berikut


  1. Kumpulkan kotoran hewan ternak maupun limbah domestik
  2. Selanjutnya langkah pertama yang dilakukan untuk membuat biogas adalah membuat instalasi. Instalasi terdiri dari bangunan utama yaitu digester yang berfungsi untuk menampung gas methan hasil perombakan bahan-bahan organik oleh bakteri.
  3. Campur kotoran sapi dengan air hingga terbentuk lumpur dengan perbandingan 1:1 di bak penampungan sementara. Bentuk lumpur ini akan memudahkan kita ketika dimasukkan ke dalam digester.
  4. Memasukkan lumpur ke dalam digester melalui lubang masuk. Pada pengisian pertama digester harus di isi sampai  penuh, kran gas yang ada di atas digester dibuka supaya proses masuknya lebih mudah dan udara yang ada di dalam digester keluar. Pengisian lumpur pertama ini dibutuhkan kotoran sapi dalam jumlah banyak supaya digester penuh.
  5. Tambahkan starter (bakteri) sebanyak 1 liter dan isi rumen segar dari rumah potong hewan sebanyak 5 karung untuk kapasitas digester 3,5-5,0 m2. Setelah digester dalam keadaan penuh, kran gas ditutup supaya terjadi proses fermentasi.
  6. Membuang gas yang pertama kali dihasilkan (termasuk gas CO2) pada hari ke-1 sampai ke-8. Sedangkan hari ke-10 sampai ke-14, baru terbentuk gas metan (CH4) dan CO2 mulai menurun. Pada komposisi CH4 54% dan CO2 27%, biogas akan menyala.
  7. Pada hari ke-14, sudah bisa menghasilkan energi biogas yang selalu terbarukan dan untuk menyalakan api pada kompor gas atau kebutuhannya lainnya. Perlu diketahui bahwa biogas ini tidak berbau kotoran sapi. Berikutnya, digester dapat diisi lumpur kotoran sapi secara berkelanjutan untuk menghasilkan biogas yang optimal.
  8. Pengisian bahan biogas selanjutnya dapat dilakukan setiap hari, yaitu sebanyak kurang lebih 20 liter setiap pagi dan sore hari. Sisa pengolahan bahan biogas berupa lumpur / sludge secara otomatis akan keluar dari lubang pengeluaran (outlet) setiap kali dilakukan pengisian bahan biogas. Sisa hasil pengolahan bahan biogas tersebut dapat digunakan sebagai pupuk kandang/pupuk organik, baik dalam keadaan basah (cair) maupun kering.