Bandwidth adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Bandwidth? Mungkin anda pernah mendengar kata Bandwidth? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, fungsi, jenis, cara kerja, faktor. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Bandwidth adalah

Pengertian Bandwidth

Bandwidth merupakan suatu nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam bit/detik atau yang biasanya disebut dengan bit per second (bps), antara server dan client dalam waktu tertentu. Biasanya dalam jaringan komputer, bandwidth seringkali merujuk pada data  transfer rate. Artinya adalah jumlah data yang ditransfer dari satu lokasi ke lokasi lainnya dalam waktu tertentu. Biasanya satuan untuk menghitungnya juga menggunakan detik. Dengan kata lain, ini merupakan kapasitas maksimum yang bisa digunakan untuk mengirim data dalam satuan detik dalam satu jalur.


Fungsi Bandwidth

Berikut adalah beberapa fungsi bandwidth antara lain yaitu:


1. Ukuran Media Pengiriman Data

Fungsi bandwidth yang pertama adalah sebagai ukuran media atau jalur pengiriman data yang dimiliki oleh suatu komputer atau jaringan tertentu. Fungsi ini hampir berlaku di semua tempat yang memiliki jaringan komputer.

Bandwidth sangat berguna apalagi jika berhubungan dengan distribusi jaringan. Ukuran bandwidth umumnya digunakan sebagai patokan pengguna untuk memilih provider atau penyedia layanan yang berhubungan dengan koneksi internet. Semakin besar bandwidth yang ditawarkan, maka terlihat semakin baik pula layanan yang diberikan.

Baca Lainnya :  Penjualan Adalah

2. Media dalam mengirimkan sebuah data

Bandwith juga memiliki fungsi sebagai media dalam mentransfer data dari lokasi satu ke lokasi lainnya. Bila dianalogikan, bandwidth ini sama dengan fungsi pipa dalam menyalurkan debit air. Proses transfer data tersebut ditransmisikan melalui kabel LAN yang saling menghubungkan antar koneksi LAN dan perangkat sebuah komputer. Selain itu, kini juga dikembangkan transmisi nirkabel.


3. Sebagai pembatas kecepatan transfer data

Bandwidth juga berfungsi sebagai pembatas dalam sebuah pengiriman data. Enggan cara ini distribusi data akan berjalan secara merata. Terlebih lagi ketika melakukan proses pengunduhan maka, akan terjadi permintaan data yang besar. Bila tidak dibatasi, pengguna lainnya akan mengalami kelambatan transfer data bahkan tidak mendapatkan jaringan koneksi internet. Contohnya saja bila kamu sedang mengunduh video yang beresolusi High Definition (HD), di saat yang bersamaan ada pengguna lain yang juga mengunduh video beresolusi standar, maka pengguna kedua ini akan mengalami kelambatan dalam proses pengunduhan tersebut.


4. Untuk membatasi besaran data yang dikirim

Selain sebagai pembatas kecepatan dalam mentransfer data, kegunaan bandwidth lainnya adalah untuk membatasi besaran data dalam kurun waktu tertentu. Biasanya hal seperti ini bisa dilakukan oleh layanan hosting maupun administrator jaringan. Misalnya saja penyedia bandwidth membatasi besaran data hingga 5GB per bulannya. Dari sini dapat dilihat jika jumlah 5GB tersebut berlaku bagi semua pengguna tidak peduli berapa jumlah perangkat yang mengaksesnya. Dengan kata lain, data yang dapat dikirimkan hanya 5GB dan tidak bisa lebih dari jumlah itu.


Jenis-Jenis Bandwidth

Adapun jenis-jenis brandwidth antara lain sebagai berikut:


1. Bandwidth Analog 

Bandwidth Analog merupakan rentang antara frekuensi yang terendah dengan frekuensi yang tertinggi yang digunakan pada transmisi signal radio (digital ataupun analog) dalam satuan Hertz (Hz) yang dapat menentukan banyaknya informasi yang dapat ditransmisikan dalam suatu saat.

Baca Lainnya :  Persaingan adalah

2. Bandwidth Digital

Bandwidth Digital merupakan jumlah atau banyaknya data (bit) yang dapat dikirimkan dan diterima melalui sebuah saluran komunikasi tanpa adanya distorsi dalam 1 detik. Satuannya adalah bits, Byte, Kilo, Mega, Giga.

1Byte (1B) = 8bits

1 Kilobit (1kb) = 1.000bits

1KiloByte(1KB) = 8.000bits

1Megabit (1Mb) = 1000.000bits

1Gigabits(1Gb) = 1.000.000.000 bits.


Dalam pengaplikasian Bandwidth di dalam kehidupan sehari-hari secara umum juga dibagi menjadi 2 kategori, diantaranya.

  • Bandwidth Download (menerima data) merupakan sebuah batas kecepatan maksimal yang bisa/dapat kita dapatkan pada saat download file ataupun juga data itu menggunakan jaringan internet.
  • Bandwidth Upload (mengirim data) ini merupakan batas kecepatan maksimal yang bisa/dapat kita terima ketikan mengunggah fite atau juga data menggunakan jaringan internet.

Cara Kerja Bandwidth

Saat pengguna internet itu menggunakan suatu jaringan, maka bandwidth tersebut akan bekerja sesuai dengan fungsinya.

Kapasitas bandwidth jaringan komunikasi ini dapat mempengaruhi kinerja jaringan tersebut, apakah cepat atau lambat. Namun, tentu saja masih terdapat faktor lain yang mempengaruhinya, misalnya seperti latency, packet loss, dan lain-lain.

Pada saat kita terhubung dengan suatu jaringan, umumnya terdapat batasan volume akses yang ditetapkan. Semakin besar bandwidth yang ditetapkan maka jumlah kapasitas data yang bisa/dapat ditransfer pun akan semakin besar.


Faktor yang Mempengaruhi Bandwidth

Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi bandwidth


  1. Perangkat jaringan yang digunakan.
  2. Topologi jaringan yang digunakan.
  3. Tipe data yang ditransfer.
  4. Banyaknya pengguna jaringan.
  5. Spesifikasi komputer server.
  6. Spesifikasi komputer client atau user.
  7. Induksi listrik maupun cuaca.

Demikian Penjelasan Materi Tentang Bandwidth adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Kerja, Faktor
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi