Artikel adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Artikel? Mungkin anda pernah mendengar kata Artikel? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, ciri, tujuan, manfaat, jenis, struktur, contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Artikel adalah

Pengertian Artikel

Artikel merupakan suatu karya tulis yang bersifat faktual terhadap suatu masalah hingga menjadi topik utama. Secara umum tujuan dibuatnya suatu artikel yakni untuk mendidik, mempengaruhi, meyakinkan, memberitahu, serta menghibur dan dipublikasikan ke media baik cetak maupun online. Tulisan pada artikel itu sendiri ditujukan untuk disampaikan kepada masyarakat umum. Biasanya artikel berisikan tentang informasi suatu hal, dengan diperjelas oleh tambahan-tambahan pengetahuan yang mengikut sertakannya sehingga terbentuklah artikel yang berisi artikulasi mengenai suatu bahasan topik tertentu untuk dibahas.


Pengertian Artikel Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pengertian artikel menurut para ahli antara lain sebagai berikut:


1.  Menurut Al-Aqli

Menurut Al-Aqli artikel adalah suatu tulisan yang ditulis sama seseorang atau orang-orang yang disiplin ilmu dengan pembahasan yang ditulis secara lengkap, lugas, dan tuntas sehingga yang membaca dapat menemukan inti dari karangan yang ditulis.


2. Rillan E. Wolseley

Menurut Rillan artikel adalah suatu karangan tetulis dengan panjang yang tidak ditentukan dengan tujuan untuk menyampaikan gagasan serta fakta dengan maksud mendidik, menghibur, dan meyakinkan.


3. KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, artikel adalah suatu bentuk karya tulis yang ditulis dengan lengkap layaknya suatu esai yang tercantum dalam majalah maupun surat kabar.


4. Sumandiria

Menurut Sumandiria artikel adalah karya tulis berjenis lepas yang berisikan opini dimana artikel ini biasanya membahas mengenai suatu masalah yang bersifat aktual sekaligus kontroversial yang mempunyai untuk mempengaruhi, meyakinkan, menghibur, dan memberitahu para pembacanya.


5. Longman Pitman Office Dictionary

Menurut Longman artikel adalah suatu prosa nonfiksi dengan bentuk yang biasa, merupakan bagian bebas dari suatu koran, majalah, dan media cetak lainnya.


Ciri-Ciri Artikel

Berikut adalah ciri-ciri artikel diantaranya yaitu:


  • Berisikan berdasarkan fakta berdasarkan sumber yang terpercaya.
  • Tulisannya singkat, padat, jelas, dan pembahasanya lengkap dan tuntas.
  • Bersifat faktual dan informative, mengungkapkan informasi yang berdasarkan hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.
  • Menggunakan bahasa formal karena yang mengkonsumsi adalah masyarakat umum, sehingga menggunakan bahasa baku.
  • Gagasan atau topiknya harus menyesuaikan dengan kebutuhan pembaca atau masyarakat umum.
  • Isinya bisa berupa pemaparan biografi tokoh, kisah-kisah perjalanan, argumentasi, peristiwa, atau hal fakta lainnya.
  • Hasil tulisannya original.
Baca Lainnya :  Tajuk Rencana

Tujuan  Penulisan Artikel

Berikut adalah tujuan penulisan artikel antara lain yakni:


  1. Tujuan informasi untuk memberikan informasi kepada pembaca mengenai sebuah hal.
  2. Tujuan Penugasan misalnya seorang siswa sekolah yang diberi tujuan untuk menulis sebuah artikel.
  3. Tujuan Persuasi artinya artikel yang bersifat membujuk seseorang untuk membeli suatu barang misalnya artikel tentang diabetes yang terselip materi promosi akan suatu produk bebas gula yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Secara tidak langsung, ini menjadi sanggahan akan ciri obyektif sebuah artikel yang telah disebutkan diatas.
  4. Tujuan Entertainment artikel yang tujuannya untuk menghibur pembaca.
  5. Tujuan Eksistensi biasanya artikel yang ditulis untuk menjadi penegasan diri atau untuk menyatakan eksistensi diri penulis kepada pembaca.
  6. Tujuan Kreatif  dalam hal ini artikel yang ditulis bertujuan untuk penyaluran suatu ide.
  7. Tujuan pemecahan masalah yakni artikel yang ditulis dengan tujuan membantu pembaca memecahkan permasalahan yang dihadapi.

Manfaat Artikel

Adapun beberapa manfaat menulis artikel diantaranya sebagai berikut :

  1. Sebagai sarana untuk menyampaikan ide penulis agar dapat berkembang daya imajinasi dan kreatifitasnya.
  2. Dijadikan sebagai sarana berpikir yang sistematis agar dapat menghasilkan artikel berbahasa baku dan sesuai dengan EYD.
  3. Digunakan untuk memehami tujuan dari menulis yang berguna untuk menguasai kompetensi menulis dalam tingkatan tertentu.
  4. Dapat digunakan sebagai sarana publikasi.
  5. Mampu memberikan suatu dampak yang sifatnya akademis bagi para pembaca sekaligus menambah wawasan dan pengetahuan.

Jenis-Jenis Artikel

Berikut adalah jenis-jenis artikel antara lain yakni:


1. Artikel Deskriptif

Artikel Deskriptif merupakan jenis artikel yang berupa suatu penggambaran dari suatu topic masalah yang sedang terjadi di masyarakat. Dengan begitu, masyarakat luas akan mengetahui apa yang sebenarnya sedang terjadi.


2. Artikel Eksplanatif

Artikel Eksplanatif merupakan jenis artikel yang dibuat untuk menerangkan atau menjelaskan suatu hal kepada pembaca menurut berbagai sudut pandang, terutama dari sudut penulisnya. Contoh artikel Eksplanatif : Buku berjudul “3 Ciri Pribadi Sukses


3. Artikel Eksploratif

Artikel eksporatif merupakan artikel yang mengungkapkan berbagai fakta berdasarkan kajian tertentu. Jenis artikel ini sangat cocok untuk menguraikan suatu penemuan baru, seperti karya ilmiah, situs, dan lain sebaginya.


4. Artikel Pemecahan Masalah

Artikel pemecahan masalah merupakan jenis artikel yang memberikan penjelasan tentang apa, mengapa, bagaimanakah masalah itu, disertai penjelasan tentang alternatif-alternatif pemecahannya.


5. Artikel persuasive

Artikel persuasive merupakan artikel yang bernada membujuk, menyarankan, mengerahkan, mengajak (pembaca) untuk menghindari atau melakukan sesuatu yang terkait dengan pembahasan tentang masalah tertentu. Secara garis besar artikel jenis ini berisi pembahasan tentang apa, dan bagaimana kita atau pembaca harus menyikapinya.


6. Artikel prediktif

Artikel prediktif merupakan jenis artikel yang yang berisikan hal hal bersifat belum atau akan terjadi sebagaimana analisa dari penulis.


Struktur Artikel

Adapun beberapa struktur artikel antara lain sebagai berikut:


1. Judul

Judul merupakan suatu gagasan utama inti semua artikel bagian judul berfungsi sebagai pengenalan sebelum dimulainya pembahasan, dan merupakan bagian yang pertama kali dilihat oleh pembaca. Bagian ini tentunya harus mampu menggambarkan isi, sehingga para pembaca dapat melihat terlebih dulu apa yang akan dibacanya nanti. Judul juga menjadi salah satu bagian utama yang membuat banyak pembaca memilih untuk meneruskan artikel yang anda tulis.

Baca Lainnya :  Website Adalah

2. Alinea Pembuka (Lead)

Alinea pembuka merupakan struktur artikel bagian pembukaan artikel atau lead. Pembukaan artikel ini berfungsi sebagai awal dari pembahasan artikel. Letak bagian pembuka ini terdapat pada paragraf pertama sebuah artikel. Bagian ini biasanya terletak di bagian awal artikel yang berisikan pengantar untuk membahas suatu masalah atau problema yang sedang diangkat dalam sebuah artikel. Bagian ini biasanya menyajikan uraian gagasan pendukung mengapa anda mengambil tema ataupun judul dalam artikel yang bersangkutan.


3. Alinea Penjelas (Batang Tubuh)

Bagian ini biasanya terletak di bagian tengah artikel dan menjadi inti dari artikel. Di bagian inilah anda dapat membaca lengkap isi artikel yang berkaitan dengan tema dan judul yang telah ditetapkan sebelumnya. Batang tubuh atau alinea penjelas ini biasanya berisi uraian yang lebih lengkap disertai dengan berbagai data atau gagasan pendukung yang mampu meyakinkan pembaca, menghibur, atau memberikan informasi bagi pembacanya tergantung dari jenis artikel yang anda tulis.


4. Isi Artikel (Body)

Struktur artikel berikutnya adalah bagian isi artikel atau tubuh, disebut juga sebagai body. Bagian isi artikel ini memiliki fungsi untuk mengungkapkan suatu permasalahan yang ingin dikupas dalam artikel. Bagian isi artikel ini menjadi bagian yang paling penting dalam sebuah artikel. Pada bagian ini permasalahan akan dibahas dengan detail, dengan uraian panjang lebar sesuai keinginan penulis. Bagian ini juga disebut sebagai bagian eksplanasi, karena menjelaskan semua maksud permasalahan dalam suatu artikel. Pemaparan masalah dilakukan dengan rinci, namun tidak boleh menyebar ke topik lain yang tidak relevan.


5. Penutup

Struktur artikel yang terakhir adalah alinea penutup. Bagian penutup digunakan sebagai kesimpulan dari permasalahan yang dibahas. Bagian penutup ini selalu berada di paragraf terakhir suatu artikel. Bagian penutup ini disebut juga sebagai bagian akhir, bagian kaki, bagian antiklimaks, atau bagian ending. Pada penutup, akan dijelaskan rangkuman dan kesimpulan dari pembahasan artikel dengan lebih ringkas.


Contoh Artikel

Berikut adalah beberapa contoh artikel antara lain yakni:


Contoh Artikel Lingkungan Hidup

Kebakaran Hutan yang Terjadi di Indonesia

Indonesia adalah salah satu Negara yang di dalamnya memiliki iklim tropis. Negara ini terdiri dari banyak pulau di setiap wilayahnya. Meskipun harus diakui bahwa di Indonesia sendiri, dataran yang ada tentu tidak seluas lautan yang membentang luas. Namun demikian, Indonesia memiliki kawasan hutan yang cukup banyak mulai dari Sabang yang terletak di provinsi Aceh sampai Merauke yang terletak di kawasan Papua. Namun, di beberapa tahun terakhir, Indonesia sering mengalami kebakaran hutan lantaran beberapa faktor yang ada, mulai dari faktor buatan atau dari manusianya sendiri hingga faktor alam.

Faktor alam yang menyebabkan kebakaran hutan memang tidak bisa dihindarkan dan tidak ada yang bisa disalahkan dalam hal ini. Akan tetapi, untuk faktor dari tindakan manusia perlu untuk ditindak dan dievaluasi. Memang sebuah keresahan tersendiri dimana manusia banyak yang kini kehilangan kesadarannya sampai-sampai melakukan suatu perbuatan yang bisa merugikan banyak orang termasuk dirinya sendiri, khususnya merugikan lingkungan hidup. Sedangkan hutan sendiri adalah sejenis habitat yang di dalamnya banyak spesies bergantung.

Baca Lainnya :  Pengertian Komoditas

Oleh karena itu, aksi dari manusia dalam menyebabkan kebakaran hutan harus diadili. Terlebih jika itu dengan tujuan untuk kepentingan diri mereka sendiri. Ada banyak alasan yang dimiliki oleh oknum saat melakukan aksi pembakaran hutan, di antaranya adalah untuk pembukaan lahan yang baru atau pembangunan gedung-gedung yang baru dan lain-lain. Akan tetapi, mereka sama sekali tidak memikirkan bagaimana nasib dari flora dan juga fauna yang ada di dalam hutan tersebut.

Flora serta fauna yang terdapat di dalam hutan tentu akan melarikan diri. Namun, tentu ada juga yang hangus terbakar api lantaran ulah dari manusia itu sendiri. Mereka tentu akan kehilangan tempat tinggal aslinya. Bahkan akan menjadi keresahan tersendiri jika mereka masuk ke wilayah pemukiman penduduk karena perasaan tidak memiliki rumah untuk tinggal. Maka tidak mengherankan jika akhir-akhir ini ada banyak kasus penemuan hewan liar seperti singa dan macan yang masuk ke pemukiman warga. Berbeda lagi dengan faktor alam misalnya karena kemarau panjang atau adanya sambaran petir kala hujan datang.

Musim tentu tidak bisa diperkirakan oleh manusia, sehingga saat kemarau datang dengan masa yang amat panjang adalah hal yang sangat wajar. Akan tetapi, hal tersebut sangat berpengaruh kepada kondisi hutan yang setiap hari terkena sengat matahari menyebabkan munculnya percikan api. Juga karena adanya petir yang menyambar sehingga memunculkan percikan api.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Artikel adalah: Pengertian, Ciri, Tujuan, Manfaat, Jenis, Struktur, Contoh

Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya