√Angin: Pengertian, Faktor Serta 5 Jenis-Jenisnya Lengkap

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Angin? Mungkin anda pernah mendengar kata Angin? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, faktor serta 5 jenis-jenisnya lengkap. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Angin: Pengertian, Faktor Serta 5 Jenis-Jenisnya Lengkap

Pengertian Angin

Angin ialah sirkulasi udara dalam jumlah besar ditimbulkan oleh peredaran bumi dan karena terdapat perbedaan spaning udara pada sekeliling bumi. Angin bergerak dari spaning udara tinggi ke spaning udara yang rendah.

Faktor-Faktor Angin

Berikut ini terdapat beberapa faktor-faktor angin, yakni sebagai berikut:

  • Gradien Barometris

Gradien Barometris ialah bilangan yang memperlihatkan perbedaab spaning udara dari dua isobar yang jangkanya sekitar 111 km.

  • Letak Lokasi

Lokasi yang lebih dekat dengan khatulistiwa maka laju anginnya lebih lekas dibandingkan dengan lokasi yang jauh dari khatulistiwa.

  • Tinggi Lokasi

Semakin tinggi lokasi maka angin yang berdesir akan lebih pesat, keadaan tersebut berlangsung karena terdapat akibat gaya gesek yang membatasi kecepatan udara.

  • Waktu

Angin akan bergerak lebih pesat pada siang hari ketimbang pada malam hari.

Jenis-Jenis Angin

Berikut ini terdapat 5 jenis-jenis angin, yakni sebagai berikut:

  • Angin Laut

Angin Laut ialah angin yang berdesir dari sudut laut ke darat. Pada biasanya angin laut berlangsung pada siang hari di pesisir pantai antara pukul 09.00 pagi sampai 16.00 sore.

  • Angin Darat

Angin darat ialah angin yang berdesir dari daratan ke arah lautan. Angin darat berlangsung di pesisir pantai pada malam hari yakni antara pukul 20.00 malam sampai 06.00 pagi.

  • Angin Lembah dan Angin Gunung

Angin lembah ialah angin yang berdesir dari lembah ke sudut puncak gunung. Angin lembah berlangsung pada siang hari.

Sementara angin gunung ialah angin yang berdesir dari sudut puncak gunung ke sudut lembah. Angin gunung berlangsung pada malam hari.

  • Angin Fohn

Angin Fohn ialah angin yang berlangsung sesudah berlangsungnya hujan pegunungan yakni jenis hujan yang berlangsung pada kawasan lereng pegunungan, hujan tersebut bersumber dari gerakan udara yang berii uap air yang dihalangi oleh pegunungan.

  • Angin Muson

Angin Muson ialah angin yang berdesir secara berkala yakni minimum sekitar 3 bulan dengan setiap waktu dengan yang lain akan mempunyai bentuk bersebrangan yang berubah sudut secara bersebrangan setiap setengah tahunnya.

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang Angin: Pengertian, Faktor Serta 5 Jenis-Jenisnya Lengkap
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi

 

Baca Lainnya :  √10 Karakteristik Wirausaha Menurut Para Ahli Bygrave Secara Lengkap
Baca Lainnya :  √Penelitian Kualitatif: Pengertian, Ciri, Jenis dan Metode Menurut Para Ahli
Baca Lainnya :  √Wacana: Pengertian Menurut Para Ahli, Macam Serta Contohnya