12 Anatomi Tubuh Manusia, Fungsi, Gambar Serta Pembahasannya

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Anatomi Tubuh Manusia? Apakah kalian pernah mendengar istrilah dari Anatomi Tubuh Manusia? Jangan khawatir jika kalian belum pernah mendengarnya, disini PakDosen akan membahas secara rinci tentang pembahasan, fungsi serta gambar 12. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Anatomi-Tubuh-Manusia

Anatomi tubuh manusia merupakan ilmu yang mempelajari struktur tubuh manusia. tubuh manusia terdiri atas sel, jaringan, organ dan sistem organ. Sistem organ adalah bagian yang merangkai semua anggota tubuh manusia. Sistem tersebut terdiri atas beraneka macam jenis organ, yang mempunyai struktur dan fungsi yang utama. Sistem organ mempunyai struktur dan fungsi yang utama. Masing-masing sistem organ saling tergantung satu sama lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung.


12 Anatomi Tubuh Manusia, Fungsi, Gambar Serta Pembahasannya

Berikut ini terdapat 12 bagian anatomi tubuh manusia, fungsi serta pembahasannya, yakni sebagai berikut:

1. Sistem Rangka

Sistem Rangka

Sistem rangka manusia merupakan susunan tulang yang memberikan manusia bentuk, struktur, gerak dan perlindungan. Rangka juga berfungsi sebagai penghasil sel darah merah dan mineral serta mampu melepaskan hormon yang dibutuhkan supaya anggtoa tubuh berfungsi dengan baik.

Manusia terlahir dengan memiliki 300 tulang. tetapi, seiring dengan bertambahnya usia, beberapa tulang menyatu, sehingga pada saat tumbuh dewasa berubah menjadi 206 tulang di dalam tubuh manusia. Setiap tulang berfungsi penting supaya semua mekanisme tubuh berfungsi dengan baik. 

Baca Lainnya :  √ Rangka Manusia : Bagian, Fungsi Rangka Manusia Serta Penjelasannya


Fungsi Sistem Rangka Manusia

Berikut ini terdapat beberapa fungsi sistem rangka manusia, yakni sebagai berikut:

  1. Menopang dan memberi bentuk tubuh
  2. Menjadi alat gerak
  3. Menjaga  organ penting
  4. Memproduksi sel darah
  5. Menyimpan mineral

2. Sistem Otot

Sistem Otot

Manusia bisa bergerak berkat terdapatnya sistem otot. Otot terbentuk dari organ-organ utama yang disebut dengan serabut otot. Dalam menggerakkan tubuh, otot bekerjasama dengan pendukung lain. Otot ada yang menempel pada tulang, membentuk organ dalam atau pembuluh darah, kemudian berbarengan bekerja untuk menggerakkan organ tubuh.

Tanpa kita sadari, semua bagian anggota tubuh mempunyai otot. Ada otot yang bertugas menjalankan gerakan-gerakan besar, ada juga otot yang berfungsi dalam menjalankan gerakan yang lebih kecil dan halus. yang terakhir ini seperti menggerakan berkedip dan ekspresi wajah. 

Baca Lainnya :  √Otot: Pengertian, Jenis, Fungsi Serta Gangguan Pada Otot


Fungsi Sistem Otot

Berikut ini terdapat beberapa fungsi sistem otot, yakni sebagai berikut:

  • Menjalankan gerakan tubuh
  • Melindungi keseimbangan tubuh
  • Mengelola postur
  • Membantu proses melahirkan
  • Penglihatan

3. Sistem Peredaran Darah

Sistem Peredaran Darah

Tubuh manusia mempunyai sistem peredaran darah yang berfungsi untuk mengalirkan nutrisi dan oksigen ke semua anggota tubuh. Tetapi, tidak hanya menyalurkan kedua zat tersebut. Masih banyak lagi fungsi lain yang dimiliki oleh sistem peredaran darah manusia.

Sistem peredaran darah atau sistem kardiovaskular adalah suatu sistem yang berfungsi untuk menyalurkan beraneka macam zat penting, misalnya nutrisi dan oksigen, dari jantung ke semua anggota tubuh.


Mekanisme Sistem Peredaran Darah Manusia

Sistem peredaran darah manusia dapat terbagi menjadi tiga bagian , yakni sebagai berikut:

  • Sirkulasi Sistemik

Sirkulasi sistemik adalah sirlukasi darah yang melingkupi semua anggota tubuh. Sirkulasi tersebut berlangsung apabila darah yang berisi oksigen mengisi serambi kiri jantung melewati vena pulmonalis, usai menjalankan pelepasan karbon dioksida di paru-paru.


  • Sirkulasi Pulmonal

Sirkulasi pulmonal adalah sirkulasi darah dari jantung yang mengarah ke paru-paru dan sebaliknya.


  • Sirkulasi Koroner

Sama seperti organ tubuh lain, jantung juga memerlukan asupan oksigen dan nutrisi agar bisa melakukan fungsinya dengan baik.


Fungsi Sistem Peredaran Darah

Berikut ini terdapat beberapa fungsi sistem peredaran darah, yakni sebagai berikut:

  • Mengedarkan darah ke semua anggota tubuh.
  • Menjaga tubuh melewati sel darah putih dengan melawan kuman yang sudah masuk ke dalam tubuh.
  • Mempertahankan keseimbangan kondisi tubuh pada beberapa hal internal.

4. Sistem Pencernaan

Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan merupakan sekelompok organ yang bekerja untuk menerima makanan, mengganti dan memproses makanan menjadi energi, menyerap zat gizi yang diperoleh pada makanan ke aliran darah dan membuang sisa makanan yang tersisa atau tidak bisa dicerna oleh tubuh.

Selain saluran pencernaan, terdapat beberapa organ saluran pencernaan penting dalam anatomi tubuh manusia yang menopang mencerna makanan. Organ pencernaan dari sistem pencernaan antara lain, gigi, lidah, kelenjar ludah, hati, kantong empedu dan pankreas.


5. Sistem Endokrin

Sistem Endokrin

Sistem endokrin terdiri dari susunan kelenjar yang memproduksi dan mengeluarkan hormon yang digunakan tubuh untuk mengontrol beraneka macam fungsi tubuh, misalnya pernapasan, metabolisme, reproduksi, pergerakan, pertumbuhan, persepsi sensorik dan perkembangan seksual.


6. Sistem Saraf

Sistem Saraf

Sistem saraf terdiri dari semua sel saraf di tubuh Anda, baik saraf sensorik ataupun saraf motorik. Sistem saraf mengharuskan manusia untuk merasakan, mengerti dan memberi respon mengenai lingkungan di sekitarnya. Sistem saraf juga berfungsi dalam gerak tubuh, bersama dengan sistem muskuloskeletal.


7. Sistem Pernapasan

Sistem Pernapasan

Sistem pernapasan adalah salah satu sistem organ vital pada manusia yang berfungsi untuk menghirup oksigen yang diperlukan oleh tubuh dan mengeluarkan karbon dioksida sebagai salah satu zat sisa metabolisme. Sistem pernapasan terdiri atas hidung, tenggorokan, laring, trakea, bronkus dan paru-paru.

Di antara organ pernapasan tersebut, paru-paru adalah organ terbesar yang berfungsi dalam pergantian gas oksigen dan karbon monoksida.


8. Sistem Kekebalan Tubuh (Sistem Imunitas)

Sistem Kekebalan Tubuh (Sistem Imunitas)

Sistem kekebalan tubuh (sistem imunitas) adalah perlindungan tubuh terhadap bakteri, virus, patogen dan lainnya yang mungkin berbahaya, dengan melindungi dan menyerang dari patogen-patogen tersebut.

Sistem kekebalan tubuh tersebut terdapat disemua bagian anggota tubuh khususnya di bagian limpa.


9. Sistem Limfatik

Sistem Limfatik

Sistem limfatik atau dikenal dengan sistem getah bening adalah bagian penting dari sistem kekebalan atau imunitas tubuh. Sistem limfatik berfungsi dalam menghasilkan, menyimpan dan membawa sel-sel darah putih untuk melawan infeksi, serta jenis-jenis penyakit lainnya.


Fungsi Sistem Limfatik

Berikut ini terdapat beberapa fungsi sistem limfatik, yakni sebagai berikut:

  • Membasmi mengakibatkan infeksi.
  • Menanggulangi sel kanker.
  • Menanggulangi produksi sel yang mungkin mengakibatkan penyakit atau gangguan.
  • Mengelola keseimbangan cairan tubuh.
  • Menyerap sebagian lemak makanan dalam usus.

10. Sistem Ekskresi

Sistem Ekskresi

Sistem ekskresi terdiri atas kelenjar keringat, ginjal, kandung kemih, ureter dan uretra. Sistem ekskresi adalah sistem organ pada manusia yang berfungsi untuk mengeluarkan zat sisa metabolisme dan zat-zat yang diduga racun atau virus oleh tubuh.


11. Sistem Reproduksi

Sistem Reproduksi

Salah satu ciri makhluk hidup, termasuk manusia, yakni berkembang biak. Sistem reproduksi pada manusia sebagai komponen penting dalam memperoleh keturunan. Sistem reproduksi pada manusia, baik pria dan wanita mempunyai struktur organ internal dan ekternalnya masing-masing yang mempunyai fungsi yang berbeda-beda.

Awal proses reproduksi manusia terjadi apabila sel sperma dari pria bertemu dengan sel telur wanita, biasanya terjadi dalam hubungan seksual. Proses tersebut bisa berjalan berkat terdapatya sel-sel reproduksi yang berfungsi dengan baik. 

Organ reproduksi beserta dengan kelenjar dan hormon membentuk sistem reproduksi yang berfungsi dalam proses reproduksi manusia. Sistem reproduksi pada pria dan wanita berbeda, serta bekerja khusus untuk masing-masing jenis kelamin secara genetik.


12. Sistem Integumen

Sistem Integumen

Kulit atau sistem integumen merupakan organ terbesar dalam anatomi tubuh manusia. Sistem tersebut menjaga dari dunia luar dan sebagai pertahanan pertama tubuh melawan bakteri, virus dan patogen. 

Baca Lainnya :  Kulit adalah

Kulit juga menopang mengelola temperatur tubuh dan menghilangkan limbah zat sisa melewati keringat. Selain kulit, sistem integumen melingkupi rambut dan kuku.


Demikian Penjelasan Materi Tentang 12 Anatomi Tubuh Manusia, Fungsi, Gambar Serta Pembahasannya
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi