Akuntansi Keperilakuan

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Akuntansi Keperilakuan? Mungkin anda pernah mendengar kata Akuntansi Keperilakuan? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, bagian, ruang lingkup, Masalah dan Manfaat. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Akuntansi Keperilakuan: Pengertian, Bagian, Ruang Lingkup, Masalah dan Manfaat

Pengertian Akuntansi Keperilakuan

Akuntansi Keperilakuan ialah bagian dari tata tertib ilmu akuntansi yang menganalisis tentang interaksi antara sikap manusia dan sistem akuntasi serta segi keperilakuan dari lembaga dimana manusia dan sistem akuntansi tersebut berada dan diakui kehadirannya.


Bagian-Bagian Akuntansi Keperilakuan

Berikut ini terdapat beberapa bagian-bagian dari akuntansi keperilakuan, yakni sebagai berikut:

  • Teori Organisasi dan Keperilakuan Manajemen

Teori organisasi modern mempunyai perhatian dalam menjelaskan sikap susunan objek perusahaan sebagai dasar resepsi perbuatan dan motif mereka.

  • Penganggaran dan Perencanaan

Fokus pengganggaran dan perencanaan ialah perumusan tujuan lembaga dan hubungan sikap seseorang.

  • Pengambilan Keputusan

Pengambilan keputusan lebih berpusat pada konsep dan model mengenai pengambilan keputusan.

  • Pengendalian

bentuk pengendalian sangat penting dalam suatu lembaga, semakin besar lembaga, maka memerlukan perbuatan pengendalian yang semakin mendalam atau sungguh-sungguh.

  • Pelaporan Keuangan

Bagian sikap dan pelaporan keuangan mencakupi sikap penyamaan keuntungan dan kemahiran informasi akuntansi dan relevasi informasi akuntansi untuk penanam modal.


Ruang Lingkup Akuntansi Keperilakuan

Berikut ini terdapat beberapa ruang lingkup dari akuntansi keperilakuan, yakni sebagai berikut:

  1. Menganalisi dampak dari antara sikap manusia atas konstruksi, bangunan dan pemakaian sistem informasi yang disusunkan dalam perusahaan dan organisasi, yang berarti bagaimana perilaku dan gaya kepemimpinan manajemen berdampak pada bentuk pengoperasian akuntansi dan desain organisasi; apakah desain sistem pengoperasian akuntansi dapat disusunkan secara universal ataupun tidak.
  2. Menganalisi dampak dari sistem informasi akuntansi atas sikap manusia, yang berarti bagaimana sistem akuntansi berdampak pada kemampuas, semangat, kapasitas produksi, pengambilan keputusan, kepuasan kerja dan kerja sama.
  3. Langkah untuk menguraikan dan mengantisipasi sikap manusia dan rencana untuk menggantinya, yang berarti bagaimana sistem akuntansi bisa dipakai untuk mempengaruhi sikap dan bagaimana menanggulangi kekuatan tersebut. Disini timbul kata freezing dan unfreezing.
Baca Lainnya :  √Analisis SWOT: Pengertian, Manfaat dan Perusahaan Membutuhkan

Masalah Akuntansi Keperilakuan

Ruang Lingkup Akuntansi Keperilakuan

Berikut ini terdapat beberapa masalah dari akuntansi keperilakuan, yakni sebagai berikut:

  • Pengambilan keputusan oleh pengaudit dan akuntan
  • Dampak atas fungsi sistem akuntansi misalnya penggolongan biaya, audit dan lain-lainnya
  • Dampak hasil misalnya informasi akuntansi dan lain-lainnya

Manfaat Akuntansi Keperilakuan

Akuntansi keperilakuan ini sangat diinginakn dalam pengambilan keputusan dalam sistem akuntansi. Manfaat akuntansi keperilakuan tersebut ditemui oleh seorang manajer maupun tim manajemen, yang mana sikap atau perilaku kepada data-data akuntansi yang menyampaikan dampak atas hasil yang akan dipegang.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Akuntansi Keperilakuan: Pengertian, Bagian, Ruang Lingkup, Masalah dan Manfaat
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi dan Mahasiswa