Akuntansi Adalah

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Akuntansi? Apakah kalian pernah mendengar istilah dari Akuntansi? Jangan khawatir jika kalian belum pernah mendengarnya, disini PakDosen akan membahas secara rinci tentang pengertian, pengertian menurut para ahli, tujuan, fungsi, peran, prinsip, konsep dan manfaat. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

40 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli dalam Bukunya

Table of Contents

Pengertian Akuntansi

Akuntansi adalah proses mengidentifikasikan, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi, untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.


Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat pendapat dari para ahli mengenai akuntansi, yakni sebagai berikut:

1. Menurut ABP Statement No. 4

Menurut pendapat dari ABP Statement No. 4, Akuntansi adalah suatu kegiatan jasa yang sebagai untuk menyiapkan sebuah informasi kuantitatif, terutama yang memiliki sifat dalam pengambilan keputusan ekonomis dalam memberikan keputusan pilihan yang logis diantara beraneka macam tindakan alternatif.


2.  Menurut American Insitute of Certified Public Accounting (AICPA)

Menurut pendapat dari American Insitute of Certified Public Accounting (AICPA), akuntansi adalah sebuah seni pencatatan, penggolongan dan pengikhtisaran dengan beberapa cara tertentu dalam ukuran moneter, transaksi serta peristiwa-peristiwa yang biasanya bersifat keuangan termasuk untuk menerangkan hasil-hasilnya dan meringkas dengan cara tertentu dalam ukuran fiskal, pertukaran serta kesempatan yang pada biasanya yang bersifat moneter dan dalam mengutarakan hasil.


3. Menurut American Acounting Association

Menurut pendapat dari American Acounting Association (AAA), akuntansi merupakan suatu proses pengenalan, pengukuran dan melaporkan sebuah informasi ekonomi untuk memungkinkan terdaaptnya penilaian-penilaian, keputusan yang detail dan tegas bagi semua yang menggunakan informasi tersebut.


4. Menurut Charles T. Horngren dan Walter T.Harrison

Menurut pendapat dari Charles T. Horngren dan Walter T.Harrison, Akuntansi adalah suatu sistem informasi yang mengukur kegiatan bisnis, memproses data menjadi laporan dan mengkomunikasikan hasilnya kepada para pengambil keputusan.


5. Menurut Warren dkk

Menurut pendapat dari Warren dkk, Akuntansi adalah sebagai sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan tentang kegiatan ekonomi dan keadaan perusahaan.


6. Menurut Littleton

Menurut pendapat dari Littleton, Akuntansi adalah untuk menjalankan perhitungan periodik antara biaya hasil dan hasil.


7. Menurut Rudianto

Menurut pendapat dari Rudianto, Akuntansi adalah sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan tentang kegiatan ekonomi dan keadaan suatu badan usaha.


8. Menurut Suparwoto L.

Menurut pendapat dari Suparwoto L, Akuntansi adalah sebagai suatu sistem atau teknik untuk mengukur dan mengatur transaksi keuangan dan memberikan hasil pengelolaan tersebut dalam bentuk informasi kepada pihak-pihak intern dan ekstern perusahaan.


9. Menurut Arnold

Menurut pendapat dari Arnold, Akuntansi adalah sebagai suatu sistem untuk memberikan informasi keuangan kepada siapa saja yang harus membuat keputusan dan mengendalikan dalam penerapan keputusan tersebut.


10. Menurut C. West Churman

Menurut pendapat dari C. West Churman, Akuntansi adalah sebagai pengalaman tertulis yang berguna untuk pengambilan keputusan dan pengalaman yang tersusun berharga bagi pembuatan pilihan.


11. Menurut Ikatan Akuntan Amerika

Menurut pendapat dari Ikatan Akuntan Amerika, Akuntansi adalah suatu potongan, estimasi, dan pelaporan data keuangan, yang memungkinkan sebuah penilaian dan pilihan membuat yang jelas dan tegas bagi individu yang memanfaatkan data.


12. Menurut Abu Bakar A. dan Wibowo

Menurut pendapat dari Abu Bakar A. dan Wibowo, Akuntansi adalah prosedur mengakui, pencatatan dan korespondensi bursa keuangan dari suatu unsur atau organisasi.

Baca Lainnya :  Dasar Negara dan Konstitusi

13. Menurut Frederich D.S. Choi, Gerhard G. Mueller

Menurut pendapat dari Frederich D.S. Choi, Gerhard G. Mueller, Akuntansi merupakan sebuah proses pengindentifikasian, pengukuran dan pengkomunikasian informasi ekonomi supaya memungkinkan pemakai untuk membuat pertimbangan dan keputusan-keputusan.


14. Menurut Soemarsono S.R.

Menurut pendapat dari Soemarsono S.R., akuntansi adalah suatu proses mengidentifikasikan, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang memakai informasi tersebut.


15. Menurut S. Munawir

Menurut pendapat dari akuntansi adalah sebuah seni daripada pencatatan, penggolongan dan peringkasan dari pada peristiwa-peristiwa dan kejadian-kejadian dan setidak-tidaknya sebagaian sifatnya keuangan dengan cara yang secepat-cepatnya dan petunjuk atau dinyatakan dengan uang, dan penafsiran terhadap hal-hal yang timbul dari padanya.


16. Menurut Henry Simamora

Menyatakan bahwa akuntansi adalah sebuah proses pengukuran kegiatan ekonomi suatu entitas dalam satuan uang dan mengkomunikasikan hasilnya kepada pihak yang bersangkutan.


17. Menurut Sofyan Harahap

Menurut pendapat dari akuntansi adalah sebagai proses mengidentifikasikan, mengukur, dan menyampaikan informasi ekonomi sebagai bahan informasi dalam hal mempertimbangkan berbagai alternatif dalam mengambil sebuah kesimpulan oleh para pemakainya.


18. Menurut Zaki Baridwan

Menurut pendapat dari akuntasi adalah sebuah aktivitas jasa, fungsinya yaitu memberikan data-data kuantitatif, utamanya yang mempunyai sifat keuangan, dari usaha ekonomi yang dapat dipakai dalam pengambilan keputusan-keputusan ekonomi dalam mempunyai alternatif-alternatif dalam suatu keadaan.


19. Menurut Mulyadi

Menurut pendapat dari Mulyadi, akuntansi yang fungsinya sebagai alat mencatat dan menyajikan laporan keuangan untuk mempermudah manajemen dalam mengelola perusahaan.


20. Menurut Financial Accounting Standars Board (FASB)

Menurut pendapat dari akuntansi ialah sebuah kegiatan jasa yang fungsinya menyediakan informasi kuantitatif yang kemudian dipakai untuk pengambilan keputusan ekonomi.


21. Menurut Warren dkk

Menurut pendapat dari Financial Accounting Standars Board (FASB), akuntansi adalah sebuah sistem informasi yang menghasilkan sebuah laporan keuangan kepada pihak-pihak yang terkait atau yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan.


22. Menurut Keputusan Menteri Keuangan

Menurut pendapat dari Keputusan Menteri Keuangan, akuntansi adalah sebuah laporan pengumpulan, penganalisaan, pengklarifikasian, pencatatan, peringkasan dan pelaporan terhadap sebuah transaksi transaksi keuangan dari kesatuan ekonomi untuk menyediakan sebuah informasi keuangan bagi yang membutuhkan informasi tersebut yang berguna untuk pengambilan sebuah keputusan.


23. Menurut Dr. M. Gede

Menurut pendapat dari Dr. M. Gede, akuntansi adalah suatu ilmu pengetahuan terapan dan seni pencatatan yang dikerjakan secara terus menerus menurut aturan dan sistemnya, pengolahannya dan analisis catatan tersebut sehingga tersusun sebuah laporan keuangan sebagai suatu pertanggungjawaban dari pimpinan perusahaan ataupun lembaga terhadap kinerjanya.


24. Menurut Sophar Lumbantoruan

Menurut pendapat dari Sophar Lumbantoruan, Akuntansi adalah alat yang digunakan sebagai bahasa bisnis dimana informasi yang disampaikan hanya mampu dipahami jika mekanisme akuntansi sudah dimengerti.


25. Menurut Accounting Principles Board

Menurut pendapat dari Accounting Principles Board, Akuntansi adalah suatu kegiatan jasa yang fungsinya menyediakan informasi kuantitatif terutama yang sifatnya keuangan yang kemudian bisa dipakai untuk pengambilan keputusan ekonomi.


26. Menurut Kohler’s Dictionary

Menurut pendapat dari Kohler’s Dictionary, Akuntansi adalah sebuah seni pencatatan dari proses transaksi keuangan.


27. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut pendapat dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Akuntansi adalah suatu teori dan praktik perakunan, termasuk tanggung jawab, prinsip, standar, kelaziman (kebiasaan), dan semua aktivitasnya; hal yang berhubungan dengan akuntan; seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat sebuah transaksi terhadap suatu kesatuan ekonomi.


28. Menurut Para Ahli dalam bukunya tahun 2016

Menurut pendapat dari Para Ahli dalam bukunya tahun 2016, Akuntansi adalah identifikasi, pencatatan dan pengkomunikasian peristiwa ekonomi sebuah organisasi kepada pihak yang berkepentingan. Perusahaan mengidentifikasi peristiwa ekonomi sesuai dengan aktivitas usahanya dan mencatat peristiwa tersebut untuk menyediakan catatan kegiatan keuangan. Pencatatan dilaksanakan secara sistematis, kronologis setiap peristiwa, dalam satuan mata uang. Akhirnya pada pengkomunikasian kumpulan informasi tersebut kepada pihak yang berkepentingan dalam sebuah bentuk laporan akuntansi atau dikenal dengan laporan keuangan.


29. Menurut Hans Kartikahadi, dkk.

Menurut pendapat dari Hans Kartikahadi, dkk., akuntansi adalah suatu sistem informasi keuangan, yang bertujuan untuk menghasilkan dan melaporkan informasi yang relevan bagi berbagai pihak yang berkepentingan.


30. Menurut Paul Grady

Menurut Menurut pendapat dari Paul Grady, Akuntansi adalah sebagai tubuh dari ilmu pengetahuan serta fungsi organisasi secara sistematis, autentik dan original dalam mencatat, mengklasifikasi, memproses, membuat ikhtisar, menganalisa, mengintepretasi semua transaksi dan kejadian serta karakters keuangan yang terjadi dalam operasional entitas akuntansi dengan tujuan menyediakan informasi yang berarti dibutuhkan manajemen sebagai laporan dan pertanggungjawaban atas kepercayaan yang diterimanya.


31. Menurut Firdaus A. Dunia

Menurut FMenurut pendapat dari irdaus A., Akuntansi adalah sebagai suatu sistem informasi yang memberikan laporan kepada berbagai pemakai atau pembuat keputusan mengenai kegiatan bisnis dari suatu kesatuan ekonomi.


32. Menurut Horngern

Menurut Menurut pendapat dari Horngern, Akuntansi adalah sebagai proses pencatatan, pengukuran dan penyampaian-penyampaian informasi ekonomi agar dapat dipakai sebagai dasar pengambilan keputusan atau kebijaksanaan.


33. Menurut Sunyanto

Menurut Menurut pendapat dari Sunyanto, Akuntansi adalah suatu tahapan proses pengumpulan, pengidentifikasian, pencatatan, penggolongan, peringkasan dan penyajian/pelaporan dari transaksi-transaksi keuangan serta penafsiran hasilnya guna pengambilan keputusan.

Baca Lainnya :  Haji dan Umrah: Pengertian, Syarat, Rukun, Hukum dan Sunah

34. Menurut Slamet Sugiri dan Bogat Agus Riyono

Menurut Menurut pendapat dari Slamet Sugiri dan Bogat Agus Riyono, Akuntansi adalah suatu kegiatan jasa yang fungsinya ialah untuk menyediakan informasi kuantitatif, terutama yang bersifat keuangan, tentang entitas ekonomik yang dimaksud supaya berguna dalam pengambilan keputusan ekonomik dalam pengambilan ilihan-pilihan peralasan dari berbagai tindakan alternatif.


35. Menurut Wilopo

Menurut Menurut pendapat dari Wilopo, Akuntansi adalah suatu proses mengidentifikasikan, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi, untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.


36. Menurut Winarno

Menurut Menurut pendapat dari Winarno, Akuntansi adalah suatu proses mencatat dan mengolah data transaksi dan menyajikan sebuah informasi kepada pihak-pihak yang berhak dan berkepentingan.


37. Menurut Bastian dan Suharjono

Menurut Menurut pendapat dari Bastian dan Suharjono, Akuntansi adalah seni mencatat, menggolongkan, dan mengikhtisarkan transaksi serta peristiwa yang sifatnya keuangan dengan suatu cara yang bermakna dan dalam satuan uang serta menginpretasikan hasil-hasilnya.


38. Menurut Kusnadi

Menurut pendapat dari Kusnadi, Akuntansi adalah suatu seni atau keterampilan mengolah transaksi atau kejadian yang setidak-tidaknya dapat diukur dengan uang menjadi laporan keuangan dengan cara sedemikian rupa sistematisnya menurut prinsip yang diakui umum sehingga para pihak yang berkepentingan atas perusahaan dapat mengetahui posisi keuangan dan hasil operasinya pada setiap waktu diperlukan dan daripadanya dapat diambil keputusan maupun pemilihan berbagai alternatif di bidang ekonomi.


39. Menurut Wikipedia

Menurut pendapat dari Wikipedia, Akuntansi adalah pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah.


40. Menurut Bodnar dan Hopwood

Menurut pendapat dari Bodnar dan Hopwood, Akuntansi adalah suatu sistem informasi, mengidentifikasi, mengumpulkan, memproses dan mengkomunikasikan informasi ekonomi mengenai suatu entitas ke berbagai kelompok orang.


Tujuan Akuntansi

Akuntansi memiliki beberapa tujuan, tujuan akutansi keuangan menurut Prinsip Akuntansi Indonesia (PAI) adalah sebagai berikut:
  • Untuk memberi informasi keuangan yang secara handal bisa dipercaya mengenai kewajiban, modal dan sumber ekonomi
  • Untuk memberi informasi yang terpercaya tentang perubahan perubahan yang ada pada sumber sumber ekonomi sebuah perusahaan yang muncul karena adanya kegiatan usaha
  • Untuk memberi informasi keuangan yang bisa membantu penggunanya dalam memperkirakan potensi perusahaan dalam mendapatkan laba
  • Untuk memberi informasi penting yang lain tentang perubahan perubahan pada sumber ekonomi dan kewajiban
  • Untuk menyampaikan sedalam mungkin informasi lain yang masih berkaitan dengan laporan keuangan yang masih relevan untuk digunakan oleh pengguna laporan keuangan
Pengguna laporan keuangan dalam hal ini terdiri dari internal maupun eksternal perusahaan, internal seperti manajemen perusahaan dan pihak eksternal seperti investor, kreditor, pemerintah dll.

Fungsi Akuntansi

Berdasarkan tujuan akuntansi tersebut, fungsi akuntansi yang utama adalah sebagai informasi keuangan sebuah entitas. Laporan keuangan akuntansi ini bisa terlihat posisi keuangan dan perubahan perubahan apa saja yang terjadi didalamnya yang dirasa sangat dibutuhkan oleh penggunanya yang berasal dari internal perusahaan ataupun eksternal perusahaan


Peran Akuntansi

Akuntansi mencakup seluruh aspek bisnis. Sewa ruang kantor yang digunakan untuk menjalankan roda perusahaan, pembayaran gaji karyawan, penggantian beban (expense) perjalanan wiraniaga (salesman) adalah bagian dari aktivitas bisnis yang melibatkan akuntansi. Ada empat peran akuntansi dalam setiap bisnis, yaitu pengendalian keuangan, operasi perusahaan, pelaporan dan perencanaan. Berikut penjelasannya.

1. Pengendalian Keuangan

Salah satu peran utama dari akuntansi adalah dalam hal pengendalian keuangan. Pengendalian biaya (cost) adalah salah satu factor utama untuk keberhasilan usaha. Pengelolaan biaya (overhead) dan biaya produksi akan menentukan perbedaan antara rugi dan laba.
Perhatikanlah contoh berikut :
Sebuah perusahaan membuat sebuah mesin dengan biaya Rp. 500.000 dan menjualnya seharga Rp. 1.000.000. Setelah dikurangi dengan beban penjualan, beban iklan, biaya overhead dan biaya lainnya, perusahaan hanya memperoleh laba sebesar Rp. 100.000 dari penjualan Rp. 1.000.000.
Misalkan saja perusahaan tersebut dengan cara tertentu dapat mengurangi benban hanya sejumlah Rp. 100.000 perbulan. Meskipun pengurangan beban tersebut sangat kecil, tetapi itu setara dengan penjualan Rp. 1.000.000.

Tanpa praktik akuntansi yang baik, tentu saja kita tidak akan mengetahui dari mana memulai pemotongan biaya-biaya dan beban-beban. Mungkin saja beban perjalanan wiraniaga terlalu tinggi, beban iklan tidak memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan, biaya produksi melampaui target. Sebuah sistem akuntansi yang baik membantu kita mengidentifikasi area permasalahan dan berfungsi sebagai alat pengendalian keuangan yang dibutuhkan.


2. Operasi Perusahaan

Aktivitas akuntansi adalah sebagian dari operasi perusahaan sehari-hari, seperti penagihan terhadap pelanggan, pembayaran gaji karyawan, pembayaran tagihan pemasok, pemeliharaan persediaan, dan masing-masing tugas mempunyai peran dari proses akuntansi. Setiap perusahaan mempunyai pendekatan yang berbeda dari operasional akuntansi. Perusahaan yang bergerak dibidang konsultasi misalnya, akan berbeda dengan perusahaan yang bergerak dibidang pabrikasi. Pada perusahaan yang pertama mungkin hanya dibutuhkan catatan tagihan dan bebean-beban yang dikeluarkan, sedangkan sebaliknya pada perusahaan kedua ekstensif melibatkan pembayaran gaji, persediaan, estimasi biaya, piutang dagang dan utang dagang.

Baca Lainnya :  Poster adalah

3. Pelaporan

Mereka yang berbisnis baik dalam bentuk perusahaan maupun perorangan, secara periodic ingin mengetahui status bisnisnya. Laporan-laporan akuntansi termasuk Neraca dan Laporan Laba Rugi menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk menilai kinerja perusahaan. Dengan laporan-laporan yang akurat, kita dapat mengantisipasi keadaan perusahaan dan dapat mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi perusahaan tersebut.


4. Perencanaan

Akuntansi mempunyai peran yang sangat penting menggambarkan masa depan perusahaan, yang sering dicerminkan dalam data akuntansi sehari-hari yang diakumulasikan. Proses perencanaan adalah penetapan tujuan dan langkah-langkah pendekatan terintegrasi yang diambil untuk mencapai tujuan tersebut. Penetapan tujuan yang realistic adalah salah satu komponen utama dalam proses ini. Jika perusahaan mempunyai sistem akuntansi yang baik, kita akan memperoleh informasi yang dibutuhkan untuk menetapkan tujuan.


Prinsip-Prinsip Akuntansi

Berikut ini adalah prinsip-prinsip akuntansi yaitu:

  • Prinsip Harga Perolehan

Prinsip harga perolehan merupaka prinsip akuntansi yang menekankan pada aspek utang, aktiva, modal, dan penghasilan serta biaya dibukukan sebagai harga perolehan yang disepakati oleh pihak-pihak yang bertransaksi.


 

  • Prinsip Realisasi Penghasilan

Prinsip akuntansi realisasi penghasilan merupakan prinsip yang mempelajari pengukuran, pengertian, dan pengakuan terhadap penghasilan. Penghasilan dalam akuntansi adalah penurunan hutang dan kenaikan pendapatan dari penjualan atau jasa selama periode tertentu. Metode yang digunakan berkaitan dengan pengakuan penghasilan. Pertama, pada saat penjualan barang dan jasa. Kedua sebelum penjualan (sudah ada kontrak/perjanjian tertentu dengan pihak lain yang sudah ada kepastian mengenai jumlah dan harganya). Ketiga, pengakuan penghasilan pada saat penerimaan kas (untuk transaksi yang beresiko terjadinya piutang yang tidak tertagih).


  • Prinsip Objektif

Prinsip ini bermaksud untuk memastikan laporan keuangan yang dihasilkan harus berdasarkan pada data akuntansi yang didukung oleh bukti transaksi yang bersifat real dan objektif.


 

  • Prinsip Pengungkapan Penuh

Prinsip ini bermaksud untuk memastikan laporan keuangan yang disusun hendaknya dapat menghasilkan dan memberikan semua informasi, baik yang bersifat kualitatif maupun kuantitatif yang dapat mempengaruhi dalam pengambilan keputusan bagi pihak-pihak yang berkepentingan.


 

  • Prinsip Konsistensi

Prinsip ini menghendaki laporan keuangan harus mempunya daya banding. Daya banding akan ditentukan oleh konsitensi penggunaan teori, metode, dasar, pedoman, dan praktik akuntansi yang sama dengan yang diterapkan tahun sebelumnya. Akuntansi merupakan salah satu jurusan kuliah favorit di Indonesia, jadi memperlajari prinsip akuntansi akan memberi nilai tambah bagi anda yang indin mendalami dan kuliah di jurusan ini. Selain prinsip tersebut, kita juga harus memahami konsep dasar Akuntansi yang wajib dijadikan sebagai dasar dalam memperlajari Akuntansi.

Konsep Akuntansi

Konsep akuntansi adalah berbagai konsep yang telah dijadikan rujukan dan dijadikan sebagai standarisasi dalam menyampaikan sebuah konsep keuangan yang rapi dan mudah dipahami.

1. Konsep Entitas

Konsep akuntansi yang paling penting adalah Konsep Entitas, konsep entitas bertujuan agar transaksi perusahaan tidak boleh digabung dengan transaksi pribadi atau transaksi lainnya. Contoh konsep entitas ini adalah pendapatan suatu perusahaan tidak boleh digabung dengan pendapatan pribadi atau pendapatan anak usahanya.


2. Konsep Beban Historia

Konsep akuntansi ini lebih populer dikenal sebagai historical cost principle. Pada konsep ini penilaian detail keuangan didasarkan pada beban yang telah terjadi dan tercatat dalam sitem pencatatan keuangan tersebut.


3. Periode Akuntansi

Diperlukan konsep periode ini adalah untuk mengetahui atau gambaran yang tepat mengenai kinerja perusahaan yang diperoleh saat perusahaan tersebut mencairkan hartanya menjadi kas. Alasan pertama adalah agar pihak yang mengambil keputusan dapat mengevaluasi kinerja perusahaan dan melihat kondisi serta kebijakan yang akan diambil. Alasan kedua untuk menerapkan konsep periode akuntansi ini adalah untuk kepentingan perencanaan perusahaan. Setiap periode diperlukan laporan keuangan yang tepat dan benar serta pencatatan transaksi yang detail untuk perencanaan budget, atau strategi kedepannya.


4. Konsep Kesinambungan

Konsep kesinambungan dalam ilmu akuntansi dengan menyatakan bahwa suatu entitas akan terus melakukan usahanya untuk masa yang tak dapat diramalkan di masa yang akan datang. Untuk itu diperlukan laporan keuangan secara periodik untuk mengukur tingkat keuangan kemajuan usaha tersebut.


5. Konsep Satuan Moneter Stabil

Konsep ini bertujuan sebagai dasar untuk mengabaikan adanya efek dari inflasi di dalam laporan akuntansi. Sehingga kita dapat menambahkan atau melihat lebih detail nilai rupiah tersebut sehingga memiliki daya beli yang sama.


Manfaat Akuntansi

Akuntansi dilengkapi dengan tehnik untuk menghimpun dan diutamakan untuk menghubungkan data ekonomi ke dalam bermacam-macam bentuk perusahaan, baik perorangan maupun lembaga.

  • Mengetahui status dan kondisi keuangan perusahaannya serta bagaimana kemungkinannya pada masa mendatang (bagi pemilik dan calon investor)
  • Menetapkan tingkat resiko yang berkaitan dengan pinjaman atau kredit yang akan diberikan (bagi bankers dan kreditor)
  • Dasar menentukan pajak dan peraturan-peraturan (bagi badan pemerintah)
  • Mendapatkan gambaran kemantapan dan tingkat laba dari perusahan (bagi pekerja dan wakil serikat buruh)

Demikian Penjelasan Materi Tentang Akuntansi Adalah: Pengertian, Pengertian Menurut Para Ahli, Tujuan, Fungsi, Peran, Prinsip, Konsep dan Manfaat Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi.