√7 Prinsip-Prinsip Belajar, Unsur Serta Penjelasannya Lengkap

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Prinsip Belajar? Mungkin anda pernah mendengar kata Prinsip Belajar? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang 7 prinsip-prinsip, unsur serta penjelasannya lengkap. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

7 Prinsip-Prinsip Belajar, Unsur Serta Penjelasannya Lengkap

Pengertian Prinsip Belajar

Prinsip belajar ialah suatu interaksi yang berlangsung antara pembimbing dan siswa-siswi dengan tujuan supaya siswa-siswi memperoleh semangat belajar yang bermanfaat untuk dirinya sendiri. Selain itu, prinsip belajar juga bisa dipakai menjadi pedoman berfikir, pedoman berpegang dan menjadi sumber semangat supaya prosedur belajar dan pembelajaran bisa berjalan dengan baik antara pembimbing dan siswa-siswi.

7 Prinsip-Prinsip Belajar

Berikut ini terdapat 7 prinsip-prinsip belajar dalam pembelajaran, yakni sebagai berikut:

  • Perhatian dan Semangat

Perhatian mempunyai kontribusi yang sangat penting dalam aktivitas belajar. Menurut Gage dan Berliner analisis belajar pengerjaan informasi terbuka bahwa tidak terdapat perhatian yang tidak akan mungkin berlangsungnya belajar. Perilaku perhatian mengneai pelajaran akan berdampak apabila pelajaran yang diterima sesuai dengan keperluan siswa-siswi. Karena siswa-siswi menganggap bahwa pelajaran itu menjadi sesuatu yang diperlukan dan menganggap dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari maka siswa-siswi akan lebih bersemangat untuk mengeksplorasi lebih lanjut.

Sementara semangat juga mempunyai kontribusi penting dalam aktivitas belajar. Semangat ialah energi yang memobilisasi dan memandu aktivitas individu semangat juga bisa dijadikan sebagai tujuan dalam belajar. Semangat menjadi tujuan yang bisa dijadikan salah satu tujuan dalam membentuk. Kondisi tersebut berhubungan dengan guru yang menginginkan siswa-siswi terpikat dalam aktivitas berakal dan estetik sampai aktivitas belajar berakhir.

  • Keaktifan

Menurut John Dewey menyajikan gagasan bahwa belajar melihat apa yang harus dikerjakan siswa-siswi untuk dirinya sendiri, kemudian siswa-siswi harus mempunyai ide sendiri dan guru hanya bekerja untuk memandu dan menuntun.

Dari teori diatas, bisa dijelaskan bahwa belajar tidak bisa memaksa oleh orang lain dan juga tidak bisa berlebih-lebihkan oleh orang lain. Setiap anak mempunyai dukungan untuk melaksanakan sesuatu, mempunyai keinginan dan kemauan diri sendiri dan tugas guru hanyalah memandu dan menuntun.

  • Keterampilan

Menurut pendapat dari John Dewey mengutarakan bahwa belajar hendaknya dialami melewati aktivitas langsung. Belajar harus dilaksanakan siswa-siswi secara aktif, baik secara perorangan ataupun secara berkelompok dengan cara menganggulangi masalah. Tugas guru berperan menjadi memandu dan menuntun.

  • Pengulangan

Menurut pendapat dari prinsip Psikologi Asosiasi dalam satu hukum belajarnya “Law of Exercise (Hukum Latihan)” mengutarakan bahwa belajar ialah penciptaan interaksi antara semangat dan tanggapan, dan peniruan mengenai keahlian tersebut akan memperbesar harapan dampaknya tanggapan yang benar.

  • Tantangan

Menurut pendapat dari prinsip Kurt Leewin mengutarakan bahwa dalam kondisi belajar siswa-sisiw berada dalam suatu intikad psikologis, dalam kondisi itu siswa-siswi belajar mendapati suatu peranan yang perlu diperoleh namun selalu mendapati tantangan.

  • Balikan dan Penguatan

Dalam prinsip tersebut apabila pada prinsip peniruan untuk memakai prinsip pengkondisian yang mementingkan pada semangat, maka pada prinsip tersebut lebih mementingkan pada tanggapannya.

  • Perbedaan Individual

Perbedaan individual sangat berakibat pada cara belajar dan dipleroleh siswa-sisiwi dalam belajar. Setiap siswa-siswi mempunyai perorangan yang unik, maksudnya setiap seseorang mempunyai perbedaan satu sama lain, misalnya perbedaan perilaku psikologis, karakter dan sifat yang berbeda. Kondisi tersebut yang dibutuhkan diperhatikan oleh guru dalam cara pembelajaran.

Unsur-Unsur yang Mempengaruhi Belajar

Berikut ini terdapat 2 unsur-unsur yang mempengaruhi dalam belakar, yakni sebagai berikut:

Faktor dari Dalam Diri

Berikut ini terdapat 4 faktor dari dalam diri, antara lain:

  1. Kesehatan
  2. Inteligensi
  3. Minta dan Semangat
  4. Cara Belajar

Faktor dari Luar Diri

Berikut ini terdapat 4 faktor dari luar diri, antara lain:

  • Keluarga
  • Sekolah
  • Masyarakat
  • Lingkungan Sekitar

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang 7 Prinsip-Prinsip Belajar, Unsur Serta Penjelasannya Lengkap
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi

 

Baca Lainnya :  √Teks Berita: Pengertian, Ciri, Struktur, Kaidah, Syarat dan Contoh
Baca Lainnya :  √ 2 Penjelasan Siklus Pertumbuhan Hewan Lengkap
Baca Lainnya :  √11 Pengertian Warga Negara Menurut Para Ahli dalam Bukunya