√26 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli dalam Bukunya

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Pendidikan? Mungkin anda pernah mendengar kata Pendidikan? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian menurut para ahli dalam bukunya. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

26 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli dalam Bukunya

Pengertian Pendidikan

Pendidikan ialah istilah yang tidak asing lagi ditelinga olek kita. Pendidikan dipopulerkan pada kita sejak masih dini, bahkan mungkin sejak dari kita ada di dalam janin. Ibu lah yang pertama kali dikenali kepada kita mengenai sebuah pendidikan.

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat 26 pengertian dari para ahli mengenai pendidikan, yakni sebagai berikut:

  • Menurut KBBI

Menurut pendapat dari KBBI, pendidikan ialah sebagai prosedur pendidikan bagi setiap seseorang untuk menggapai ilmu dan pengenalan yang lebih tinggi dari objek tertentu dan spesifik. Secara formal dihasilkan nilau setiap seseorang yang mempunyai norma pikir, sikap dan moral yang sesuai dengan pembelajaran yang dihasilkan.

  • Menurut Abdullah Ibnu Al-Muqafah

Menurut pendapat dari Abdullah Ibnu Al-Muqafah, pendidikan ialah keperluan untuk memperoleh sesuatu yang akan memantapkan dan menggapai kemajuan yang tinggi ataupun keutuhan yang sebagai hidangan akan serta rohaninya.

  • Menurut Plato

Menurut pendapat dari Plato, pendidikan ialah sesuatu yang bisa menolong peningkatan seseorang dari jasmani dan daya pikir dengan sesuatu yang bisa menguatkan tergapainya sebuah keutuhan.

  • Menurut Mary McLeod Bethune

Menurut pendapat dari Mary McLeod Bethune, pendidikan ialah suatu kegiatan ataupun prosedur untuk menghasilkan sebuah ilmu.

  • Menurut Godfrey Thomson

Menurut pendapat dari Godfrey Thomson, pendidikan ialah otoritas lingkungan atas seseorang untuk memperoleh transformasi tepat di dalam kerutinan ataupun norma akhlak, pikiran dan perasannya.

  • Menurut Darmaningtyas

Menurut pendapat dari Darmaningtyas, pendidikan ialah pendidikan sebagai cara dasar dan tersusun untuk menggapai fase hidup dan peningkatan yang lebih baik.

  • Menurut Drs. Wasty Soemanto. M.Pd

Menurut pendapat dari Drs. Wasty Soemanto. M.Pd, pendidikan ialah prosedur pendidikan yang memperoleh pengetahuan yang memberikan ketentraman pribadi, baik lahir dan batin.

  • Menurut GBHN

Menurut pendapat dari GBHN, pendidikan ialah cara bangkit untuk meningkatkan individu dan keahlian di dalam dan diluar sekolah dan terjadi seumur hidup.

  • Menurut Girex B

Menurut pendapat dari Girex B, pendidikan ialah beragam macam jalan dan cara yang sudah dilakukan orang dewasa untuk membimbing pikiran siswa-siswi dan mengelola moral mereka.

  • Menurut Drs. M. Ngailim Purwanto

Menurut pendapat dari Drs. M. Ngailim Purwanto, pendidikan ialah ilmu pengetahuan yang meneliti, mengheningkan mengenai tanda-tanda perbuatan membimbing.

  • Menurut Prof. Dr. Iman Barnadib

Menurut pendapat dari Prof. Dr. Iman Barnadib, pendidikan ialah cara dasar dan tersusun untuk menggapai fase hidup atau peningkatan yang lebih baik.

  • Menurut UU No. 2 Tahun 1989

Menurut pendapat dari UU No. 2 Tahun 1989, pendidikan ialah cara dasar untuk menyediakan sisiwa-siswi melalui aktivitas bimbingan, tutorial, dan latihan bagi tugasnya di masa yang akan datang.

  • Menurut UNESCO

Menurut pendapat dari UNESCO, pendidikan ialah untuk menyiapkan manusia bagi suatu jenis masyarakat yang sedang belum ada.

  • Menurut Ahmad D. Marimba

Menurut pendapat dari Ahmad D. Marimba, pendidikan ialah pengajaran secara dasar oleh pihak bimbingan kepada peningkatan jasmani dan rohani anak didik mengarah terciptanya tiap individu yang pokok.

  • Menurut Ensiklopedi Pendidikan Indonesia

Menurut pendapat dari Ensiklopedi Pendidikan Indonesia, pendidikan ialah sebagai prosedur mengajarkan manusia ataupun siswa-siswi dari kesamaran, tidak paham, kehampaan, dan kepintara ilmu.

  • Menurut Prof. H. Mahmud Yunus

Menurut pendapat dari Prof. H. Mahmud Yunus, pendidikan ialah suatu cara yang dengan berniat dipilih untuk menolong anak yang berperan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, jasmani dan perilaku sehingga secara ringan dapat membawakan siswa-siswi tersebut kepada tujuan dan cita-citanya.

  • Menurut Prof. Dr. John Dewey

Menurut pendapat dari Prof. Dr. John Dewey, pendidikan ialah suatu prosedur keahlian. Karena kehidupan ialah peningkatan, maka pendidikan berguna untuk menolong peningkatan batin manusia tanpa penentu oleh usia.

  • Menurut Kohnstamm dan Gunning

Menurut pendapat dari Kohnstamm dan Gunning, pendidikan ialah bentukan dari budi pekerti manusia, bahwa pendidikan ialah prosedur penciptaan dan penetapan peruntungan sendiri sesuai budi pekerti.

  • Menurut Aldous Huxley

Menurut pendapat dari Aldous Huxley, pendidikan ialah dimana seluruh manusia dibimbing supaya siap untuk dilokasikan dalam jenjang sosial, namun dalam prosedurnya tidak melaksanakan kerusakan kepada seseorang.

  • Menurut Carter V. Good

Menurut pendapat dari Carter V. Good, pendidikan ialah sebagai prosedur peningkatan pembicaraan tiap individu dalam bentuk dan akhlak yang berlaku dalam masyarakat.

 

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang 26 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli dalam Bukunya
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi

 

Baca Lainnya :  √Ringkasan: Pengertian, Ciri, Tujuan Serta Teknik Membuat Ringkasan
Baca Lainnya :  √ Organisasi Budi Utomo : Sejarah, Pendiri, Tujuan dan Perkembangannya
Baca Lainnya :  √Karir: Pengertian, Bagian, Faktor, Bentuk dan Manfaatnya