√20 Pengertian Informasi Menurut Para Ahli dalam Bukunya

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Informasi? Mungkin anda pernah mendengar kata Informasi? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian menurut para ahli dalam bukunya. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

20 Pengertian Informasi Menurut Para Ahli dalam Bukunya

Pengertian Informasi

Informasi ialah sebagai serangkaian data ataupun hakikat yang diolah sehingga memiliki arti dan makna bagi pemeroleh informasi. Maksud dari data yang diolah ialah bisa menyampaikan klarifikasi ataupun penjelasan.

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat 20 pendapat dari para ahli mengenai pengertian informasi, yakni sebagai berikut:

  • Menurut Anton M. Moeliono

Menurut pendapat dari Anton M. Moeliono, informasi ialah penjelasan, penjabaran dan penegasan berita. Informasi juga ialah penjelasan ataupun bahan sesungguhnya yang bisa ditampilkan dasar pelajaran bahasan ataupun ketetapan.

  • Menurut Joner Hasugian

Menurut pendapat dari Joner Hasugian, informasi ialah sebuah sketsa umum dalam beberapa beban besar yang melingkupi banyak keadaan dalam bidang lingkupnya tiap-tiap dan tertera pada beberapa sarana.

  • Menurut Jordon B. Davis

Menurut pendapat dari Jordon B. Davis, Informasi ialah data yang sudah diolah menjadi suatu bagian yang penting bagi pemeroleh informasi dan nilai yang sesungguhnya dan bisa dinikmati dalam hasil-hasil sekarang ini maupun masa depan.

  • Menurut Mc Leod

Menurut pendapat dari Mc Leod, informasi ialah data yang sudah dioperasikan ataupun data yang mempunyai makna ataupun arti.

  • Menurut Kusrini

Menurut pendapat dari Kusrini, informasi ialah data yang telah diproses menjadi sebuah bagian yang bermakna bagi pemakai, yang berguna dalam pemungutan hasil bila ini ataupun membawa sumber informasi.

  • Menurut Robert G. Murdick

Menurut pendapat dari Robert G. Murdick, informasi ialah dipakai untuk tujuan klarifikasi ataupun keterangan, ulasan dan sebagai sebuah aturan untuk produksi anggapan ataupun produksi hasil.

  • Menurut Abdul Kadir dan Mc Fadden

Menurut pendapat dari Abdul Kadir dan Mc Fadden, informasi ialah data yang diolah sebegitu bentuk sehingga mengembangkan pengetahuan individu yang memakai data tersebut.

  • Menurut Azhar Susanto

Menurut pendapat dari Azhar Susanto, informasi ialah hasil penyusunan data yang menyampaikan arti dan makna.

  • Menurut Burch dan Strater

Menurut pendapat dari Burch dan Strater, informasi ialah penghimpunan atau penyusunan data untuk menyampaikan pemahaman ataupun wawasan.

  • Menurut George R. Terry

Menurut pendapat dari George R. Terry, informasi ialah data yang bermakna yang menyampaikan pemahaman yang bermanfaat.

  • Menurut Jogianto

Menurut pendapat dari Jogianto, informasi ialah data yang diproses menjadi bagian yang lebih bermanfaat bagi yang menanggapinya.

  • Menurut Lani Sidharta

Menurut pendapat dari Lani Sidharta, informasi ialah data yang disiapkan dalam bagian yang bermanfaat untuk membuat hasil.

  • Menurut Anton M. Meliono

Menurut pendapat dari Anton M. Meliono, informasi ialah data yang sudah diolah untuk suatu keinginan tertentu. Keinginan tersebut ialah untuk memperoleh sebuah hasil.

  • Menurut George H. Bodnar

Menurut pendapat dari George H. Bodnar, informasi ialah data yang diproses sehingga bisa dihasilkan dasar untuk mengambil hasil yang akurat.

  • Menurut Tata Sutabri

Menurut pendapat dari Tata Sutabri, informasi ialah data yang sudah digolongkan ataupun diproses untuk dipakai dalam prosedur pengambilan hasil.

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang 20 Pengertian Informasi Menurut Para Ahli dalam Bukunya
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya

 

Baca Lainnya :  Wanita Sholehah: Pengertian, Sifat, Ciri dan Keutamaannya
Baca Lainnya :  √Teks Berita: Pengertian, Ciri, Struktur, Kaidah, Syarat dan Contoh
Baca Lainnya :  √Peer to Peer dan Client Server: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan