20 Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Diposting pada

Selamat datang di pakDosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang  Ilmu Ekonomi? Mungkin anda pernah mendengar kata Ilmu Ekonomi? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Ilmu Ekonomi

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pendapat dari para ahli mengenai Ilmu Ekonomi, yakni sebagai berikut:


1. Menurut Aristoteles

Menurut Aristoteles ilmu ekonomi merupakan suatu ilmu yang menjelaskan tentang dua nilai yaitu, nilai pemakaian dan nilai penukaran. Nilai pemakaian sendiri dapat dikaitkan dengan salah satu kegiatan eknomi yaitu konsumsi. Nilai penukaran dapat dikaitkan dengan cara mendapatkan barang kebutuhan yang saat ini kita menggunakan uang sebagai alat tukar.


2. Menurut Lionel Robbins

Menurut Lionel Robbins ilmu ekonomi merupakan suatu ilmu yang menjelaskan perilaku manusia sebagai kaitan antara tujuan (ends) dan sarana yang langka (scarce means) yang mempunyai banyak alternatif kegunaan.


3. Menurut Pendapat Dari Van Der Valk

Menurut Pendapat Dari Van Der Valk ilmu ekonomi merupakan suatu ilmu dari studi pengetahuan yang selalu mempelajari mengenai setiap tindakan ekonomis yang dilakukan oleh setiap manusia yang disertakan juga dengan akibat yang bisa saja timbul karena setiap tindakan ekonomis itu.

Baca Lainnya :  Struktur Legenda: Pengertian, Ciri, Jenis dan Contohnya

4. Menurut Pendapat Dari Abraham Maslow

Menurut Pendapat Abraham Maslow ilmu Ekonomi merupakan suatu ilmu salah satu bidang pengkajian dimana ilmu ini mencoba untuk menyelesaikan masalah atas keperluan manusia yang beragam seperti, sandang, pangan, dan papan membutuhkan alat pengganti untuk mendapatkannya. Alat pengganti disebut juga sebagai alat pengorbanan. melalui berbagai sumber ekonomi yang sudah ada berdasarkan kepada teori dan prinsip tertentu dalam suatu sistem ekonomi yang sudah dianggap efektif dan efisien.


5. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Menurut KBBI ilmu ekonomi merupakan suatu ilmu yang dikaitkan dengan aktivitas dasar dari kegiatan ekonomi seperti produksi, distribusi, dan konsumsi barang, serta berbagai masalah yang bersangkutan dengan itu, seperti tenaga kerja, pembiayaan, dan keuangan. Ilmu pengetahuan tentang kegiatan sosial manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang diperoleh dari lingkungannya.


6. Menurut Suherman Rosyidi

Menurut Soeherman Rosyidi ilmu ekonomi merupakan suatu ilmu penelitian yang meneliti gejala atau peristiwa yang ditimbulkan dari usaha pemenuhan kebutuhan seperti, perdagangan, aktivitas penjualan jasa, pembuatan barangdalam masyarakat. Gejala atau peristiwa tersebut ia kemukakan berkaitan dengan perbuatan manusia yang selalu berusaha memenuhi kebutuhannya. Di samping itu, juga menjelaskan usaha manusia untuk dapat hidup sejahtera atau makmur.


7. Menurut Ensiklopedi Indonesia

Menurut Ensiklopedia ilmu ekonomi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari usaha-usaha manusia untuk mencapai kemakmuran serta gejala-gejala dan hubungan yang timbul dari usaha tersebut


8. Menurut Alfred Marshall

Menurut Alfred Marshall ilmu ekonomi merupakan suatu ilmu yang fokus pembelajarannya adalah kehidupan sehari-hari manusia. Hal ini dapat dibuktikan dengan aktivitas sehari-hari manusia apalagi saat usia produktif adalah bekerja. Bekerja ditujukan agar memperoleh penghasilan sehingga dapat memenuhi semua kebutuhannya. Pada intinya usaha pemenuhan kebutuhan manusia tersebut dilakukan setiap hari.

9. Menurut Louis Cantori

Menurut Louis Cantori ilmu ekonomi merupakan suatu masalah yang menjamin berputar nya harta diantara manusia, sehingga manusia bisa memaksimalkan fungsi hidupnya sebagai hamba Allah untuk mencapai falah di dunia dan akhirat.

10. Menurut Paul Anthony Samuelson

Menurut Paul Anthony Samuelson ilmu ekonomi merupakan suatu cabang ilmu yang mempelajari cara manusia mengelola sumber daya yang jumlahnya terbatas. Sumber daya yang jumlahnya terbatas harus dapat dimanfaatkan secara efisien agar dapat memenuhi kebutuhan manusia yang jumlahnya tak terbatas. Usaha mencapai efisiensi dan efektivitas menurutnya harus dibahas dalam ilmu ekonomi.

Baca Lainnya :  √Usus Dua Belas Jari: Pengertian, Bagian, Ciri Serta Fungsinya

11. Menurut Alfred Wegener

Menurut Alfred Wegener ilmu ekonomi merupakan suatu ilmu yang memiliki suatu cabang ilmu yang terbagi menjadi tiga bagian diantaranya, ekonomi deskriptif, ekonomi terapan, dan teori ekonomi.


12. Menurut Adam Smith

Menurut Adam Smith ilmu ekonomi merupakan suatu ilmu yang mempelajari cara pemanfaatan sumber daya oleh manusia untuk mencapai tujuannya. Cara pemanfaatan sumber daya ini berhubungan dengan salah satu kegiatan ekonomi yaitu produksi. Seperti yang kita ketahui bahwa tujuan dari produksi adalah untuk penjualan atau lebih sempit lagi untuk pemakaian.


13. Menurut Case and Fair

Menurut Case And Fair ilmu ekonomi merupakan suatu studi tentang bagaimana individu dan masyarakat mengambil pilihan untuk menggunakan sumber daya yang langka yang sudah disediakan oleh alam dengan generasi sebelumnya.


14. Menurut Amwal

Menurut Amwal ilmu ekonomi merupakan suatu cabang ilmu yang menjelaskan mengenai bagaimana menentukan keputusan yang efektif dalam mengelola sumber daya yang ada dalam rangka memenuhi kebutuhan individu atau masyarakat.


15. M. Akram Khan

Menurut M. Akram Khan ilmu ekonomi merupakan suatu ilmu yang bertujuan mempelajari kesejahteraan manusia atau falah yang dicapai dengan mengorganisir sumber-sumber daya bumi atas dasar kerjasama dan partisipasi.


16. Gunnar Myrdal

Menurut Gunnar Myrdal ilmu ekonomi merupakan suatu cabang ilmu dari ilmu sosial, sehingga ilmu ekonomi tidak terlepas kaitannya dengan ilmu sosial lainnya, seperti politik, psikologi, geografi, antropologi dan lain sebagainya.


17. Oscar Langen

Menurut Oscar Langen ilmu ekonomi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tata administrasi dari berbagai sumber baik kecil maupun besar dan dianalisa sedemikian rupa hingga bisa dipergunakan bagi kehidupan manusia secara maksimal dan sebaik-baiknya.

Baca Lainnya :  √Sel Lemak: Pengertian, Ciri, Fungsi, Struktur Serta Letaknya

18. Robert B. Ekelund Jr. dan Robert D. Tollison

Menurut Robert B. Ekelund Jr. Dan Robert D. Tollison ilmu ekonomi merupakan suatu ilmu yang mempelajari cara individu dan masyarakat memiliki keinginan yang tidak terbatas memilih untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas untuk memuaskan keinginan mereka.


19. Menurut M. Manullang

Menurut M. Manullang ilmu ekonomi merupakan suatu ilmu yang memenuhi keinginan masyarakat dalam usahanya untuk mencapai kemakmuran (kemakmuran merupakan keadaan dimana manusia bisa memenuhi kebutuhannya, baik yang berupa barang-barang maupun jasa).


20. Menurut Willian Beveridge

Menurut Willian Beveridge ilmu ekonomi merupakan suatu ilmu kajian mengenai cara manusia bekerjasama untuk mendapatkan keperluan material


Demikian Penjelasan Materi Tentang Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya