√20 Pengertian Hotel Menurut Para Ahli

Diposting pada

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Hotel? Mungkin anda pernah mendengar kata Hotel? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, 20 pengertian Hotel menurut para ahli, fungsi, jenis, karakteristik dan klasifikasi. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Hotel

Pengertian Hotel

Hotel ialah suatu bentuk bangunan, atribut, instansi atau sebuah badan usaha akomodasi yang menyiapkan fasilitas jasa penginapan, fasilitator makanan dan minuman serta menyiapkan fasilitas jasa lainnya.


Pengertian Hotel Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pendapat dari para ahli mengenai hotel, yakni sebagai berikut:


Menurut Keputusan Menteri Parpostel no Km 94/HK103/MPPT 1987

Menurut Keputusan Menteri Parpostel no Km 94/HK103/MPPT 1987, hotel ialah salah satu jenis akomodasi yang menerapkan sebagian atau semua bagian untuk jasa fasilitas penginapan, fasilitator makanan dan minuman serta jasa lainnya bagi masyarakat umum yang dioperasikan secara komersil.


Menurut Lawson

Menurut pendapat dari Lawson, hotel ialah wahana tempat tinggal umum untuk turis atau pelancing dengan membagikan fasilitas jasa kamar, fasilitator makanan dan minuman serta akomodasi dengan syarat pembayaran.


Menurut American Hotel and Association

Menurut pendapat dari American Hotel and Association, hotel ialah suatu tempat yang berniat disiapkan untuk tujuan pengianapan, makan dan minum serta failitas lainnya yang terdapat pada berupa fasilitas hotel lainnya.


Menurut Sulastiyono

Menurut pendapat dari Sulastiyono, hotel ialah sebuah usaha menguntungkan yang menyiapkan tempat menginap, makanan dan fasilitas umum lainnya.


Menurut Hotel Oroprietors et all dalam Sulastiyono

Menurut pendapat dari Hotel Oroprietors et all dalam Sulastiyono, hotel ialah suatu instansi yang diatur oleh pemiliknya dengan menyiapkan fasilitas makanan, minuman dan fasilitas kamar untuk tidur kepada turis atau pelancog yang sedang menjalankan perjalanan dan sanggup membayar dengan jumlah yang sesuai dengan fasilitas yang diterima tanpa terdapatnya perjanjian khusus.


Menurut Richard Sihite

Menurut pendapat dari Richard Sihite, hotel ialah suatu bentuk akomodasi yang dikelola secara kormesial, disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan dan penginapan serta makanan dan minuman.


Menurut Yayul Sri Perwani

Menurut pendapat dari Yayul Sri Perwani, hotel ialah suatu bentuk akomodasi yang dikelola secara kormersial, yang disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan dan penginapan serta makan dan minuman.


Menurut Agus Sambodo dan Bagyono

Menurut pendapat dari Agus Sambodo dan Bagyono, hotel ialah tempat dimana para wisatawan berkelas untuk memperoleh fasilitas penginapan dan makan dengan cara menyewa.


Menurut Endar Sri

Menurut pendapat dari Endar Sri, hotel ialah sebuah bangunan yang didirikan dan dioperasikan dengan tujuan menguntungkan dengan jalan menyiapkan fasilitas penginapan untuk masyarakat umum.


Menurut Rumekso

Menurut pendapat dari Rumekso, hotel ialah bangunan yang menyiapkan kamar-kamar untuk menginap para turis atau wisatawan, makanan dan minuman dan fasilitas-fasilitas lain yang dibutuhkan.


Menurut Wikipedia

Menurut pendapat dari Wikipedia, hotel ialah tempat penghimpunan buat para wisatawan atau dapat juga bangunan fasilitator pondokan dan makanan untuk umum.


Menurut KBBI

Menurut pendapat dari KBBI, hotel ialah bangunan berkamar banyak yang disewakan sebagai tempat untuk menginap dan tempat makan orang yang sedang dalam perjalanan.


Menurut Prof K. Kraft

Hotel adalah sebuah bangunan yang menyediakan makanan dan pelayanan yang bersangkutan mengadakan perjalanan.


Menurut SK Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi No. KM 37/PW. 340/MPPT-86 (2011:6),

Adalah “Suatu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa penginapan, makanan dan minuman, serta jasa penunjang lainnya bagi umum yang dikelola secara komersial.

Baca Lainnya :  √Strategi: Pengertian, Macam-Macam Serta Proses Strategi

 Menurut Webster New World Dictionary

Hotel adalah suatu bangunan yang menyediakan jasa penginapan, makanan, minuman, serta pelayanan lainnya untuk umum yang dikelola secara komersial terutama untuk para wisatawan.


Menurut menteri Perhubungan

Hotel adalah suatu bentuk akomodasi yang dikelola secara komersial, disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan penginapan berikut makan dan minum.


Menurut menteri Sk 241/H/70Thn/1970

Hotel adalah perusahaan yang memberikan pelayanan jasa dalam bentuk penginapan atau akomodasi serta menyediakan hidangan dan fasilitas lainnya untuk umum yang memenuhi syarat – syarat comfort, privacy dan bertujuan komersial.


Menurut American Hotel and Association

Hotel adalah suatu tempat dimana disediakan penginapan, makan dan minum serta pelayanan lainnya, untuk disewakan bagi orang – orang yang tinggaluntuk sementara waktu.


Menurut Webster

Hotel adalah suatu bangunan atau lembaga yang menyediakan kamar untuk menginap, makanan, dan minuman, serta pelayanan lainnya untuk umum.


Menurut Heldin Manurung dan Trizno Tarmoezi (2002 : 2)

Mengatakan bahwa “hotel adalah sebuah gedung yang digunakan untuk tempat penginapan dengan tujuan komersial dan menyediakan jasa pelayanan secara professional bagi para tamu termasuk penyediaan makanan dan minuman dan fasilitas lainnya.


Fungsi Hotel

Fungsi utama dari hotel adalah sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan tamu (wisatawan atau pelancong) sebagai tempat tinggal sementara selama jauh dari tempat asalnya. Pada umumnya kebutuhan utama para tamu dalam hotel adalah istirahat, tidur, mandi, makan, minum, hiburan dan lain-lain. Namun dengan perkembangan dan kemajuan hotel sekarang ini, fungsi hotel bukan saja sebagai tempat menginap atau istirahat bagi para tamu, namun fungsinya bertambah sebagai tujuan konferensi, seminar, lokakarya, musyawarah nasional dan kegiatan lainnya semacam itu yang tentunya menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap.


Dengan demikian fungsi hotel sebagai suatu sarana komersial berfungsi bukan hanya untuk menginap, beristirahat, makan dan minum tetapi juga sebagai tempat melangsungkan berbagai macam kegiatan sesuai dengan tujuan pasar hotel tersebut. Dalam menunjang pembangunan negara, usaha perhotelan memiliki peran antara lain :

  1. Meningkatkan industri rakyat
  2. Menciptakan lapangan kerja
  3. Membantu usaha pendidikan dan latihan
  4. Meningkatkan pendapatan daerah dan negara
  5. Meningkatkan devisa negara
  6. Meningkatkan hubungan antar bangsa.

Jenis-Jenis Hotel

Hotel dapat dibagi menjadi beberapa tipe yaitu berdasarkan lokasi hotel berada, berdasarkan bintang atau kelas, jenis tamu yang menginap, lama tamu menginap, maksud kunjungan, lama operasional, dan kepemilikan. Berikut ini akan dijelaskan tipe atau jenis hotel dalam beberapa kategori yakni sebagai berikut:

Tipe hotel berdasarkan lokasi

City Hotel

Adalah hotel yang berada di tengah kota besar yang kebanyakan disewa untuk keperluan bisnis. City hotel juga dapat dibagi lagi menjadi:

  • Downtown Hotel yaitu hotel yang terletak di keramaian kota. Biasanya dekat dengan tempat bisnis, belanja, dan sejenisnya.

Inn

Adalah hotel yang dibangun di pinggir kota yang memiliki fasilitas sederhana yang disewakan untuk para pedagang keliling. Biasanya memiliki harga yang relative lebih murah dari tipe hotel lain.


Mote/motor hotel 

Adalah hotel yang terletak di pinggir jalan raya dan biasanya tepat diperbatasan antara dua atau lebih kota besar dibangun atau disewakan untuk orang yang ingin menginap atau sekedar beristirahat sementara karena belum bisa melanjutkan perjalanan ke suatu tempat. Hotel ini menyediakan fasilitas kamar yang dilengkapi parkir yang luas untuk tempat memarkirkan kendaraan tamu.


Suburban Hotel 

Adalah hotel yang dibangun di pinggir kota yang dekat dengan permukiman penduduk.


Country Hotel

Adalah hotel yang dibangun di daerah yang sepi dan jauh dari keramaian kota. Biasanya terletak di desa, pegunungan, atau tempat terpencil.


Resort Hotel

Adalah hotel yang berada dekat dengan tujuan wisata yang biasanya disewakan untuk orang yang ingin holiday. Resort Hotel dapat dibagi lagi menjadi beberapa subkategori yaitu:

  1. Beach Hotel adalah hotel yang dibangun dekat atau dipinggir pantai yang biasaya menyediakan fasilitas yang sesuai dengan pantai seperti water sport.
  2. Amusement Hotel adalah hotel yang dibangun di kawasan hiburan atau rekreasi seperti dream land.
  3. Cliff Hotel adalah hotel yang dibangun dilokasi yang tinggi yang memiliki view indah.
  4. Mountain/Hill Hotel adalah hotel yang dibangun di daerah pegunungan. Biasanya menyediakan fasilitas yang mengandung unsur adventure.
  5. Ravine Hotel adalah hotel yang dibangun di kemiringan seperti jurang atau lembah.
  6. Riverside Hotel adalah hotel yang dibangun di daerah sungai.
  7. Lake Hotel adalah hotel yang dibangun dekat dengan danau. Hotel ini biasanya menyediakan fasilitas seperti water sport atau yang mengandung unsur adventure.
  8. Forest Hoteladalah hotel yang dibangun di daerah hutan yang mengandalkan ketenangan atau natural.

Airport Hotel

Adalah hotel yang dibangun dekat dengan bandar udara. Biasanya disewa oleh penumpang pesawat yang delay atau sekedar istirahat sebelum melanjutan perjalanan yang jauh.


Railway Station Hotel

Adalah hotel yang dibangun dekat dengan stasiun kereta api.


Harbour Hotel

Adalah hotel yang dibangun dekat dengan pelabuhan laut.


Transit Hotel 

Adalah hotel yang dekat dengan stasiun bis.


Tipe hotel berdasarkan bintang atau kelas

Hotel Bintang 1 

Adalah hotel yang memiliki fasilitas kecil yang biasanya dikelola oleh owner secara langsung. Hotel jenis ini biasanya terletak dekat dengan keramaian dengan harga yang sangat murah. Berikut ciri-ciri hotel bintang satu:

  • Jumlah kamar minimal 15.
  • Luas kamar minimal 20 m
Baca Lainnya :  Jaringan Epidermis

Hotel Bintang 2 

Adalah hotel dengan fasilitas yang terawat dan rapi yang biasanya terletak di lokasi yang mudah diakses namun bebas dari polusi udara. Adapun ciri-cirinya yaitu:

  1. Kamar minimum 20.
  2. Kamar suite 1.
  3. Memiliki telepon dan televisi.
  4. Luas kamar standar minimal 22 m2.
  5. Luas kamar suite minimal 44 m2.
  6. Memiliki keamanan yang lebih.
  7. Terdapat tempat olah raga.
  8. Memiliki restaurant dan bar.

Hotel Bintang 3

Adalah hotel yang menawarkan pelayanan yang lebih baik dari pada hotel bintang 2 dengan kamar yang lebih luas, fasilitas lebih lengkap, dan lobi yang memiliki dekorasi yang lebih diperhatikan serta dengan staf yang lebih professional. Berikut ciri-cirinya:

  • Memiliki jumlah kamar minimal 30.
  • Minimal terdapat 2 kamar suite.
  • Luas minimal kamar standar yaitu 24 m2.
  • Luas minimal kamar suite yaitu 48 m2.
  • Memiliki tempat rekreasi sekaligus olah raga.
  • Memiliki air conditioner.
  • Terdapat Restaurant.
  • Memiliki Concierge Staf.

Hotel Bintang 4 

Adalah hotel yang memiliki staf yang lebih professional dengan fasilitas yang lebih lengkap dan luas. Biasanya terdapat tempat belanja dan dengan swimming pool. Berikut ciri-cirinya:

  1. Memiliki jumlah minimal kamar standar yaitu 50 kamar.
  2. Memiliki jumlah minimal kamar suite yaitu 3 kamar.
  3. Luas minimal kamar standar yaitu 24 m2.
  4. Luas minimal kamar suite yaitu 48 m2.
  5. Memiliki rest area.
  6. Memiliki tempat rekreasi atau olah raga.
  7. Memiliki hot and cold running water.

Hotel Bintang 5

Adalah hotel yang memiliki kelas termewah dengan staf yang multiprofesional. Memiliki pelayanan yang lebih seperti disediakannya welcome drink dan beberapa fasilitas seperti:

  • Memiliki jumlah minimal kamar standar yaitu 100 kamar.
  • Memiliki Jumlah minimal kamar suite yaitu 5 kamar.
  • Luas minimal kamar standar yaitu 26 m2.
  • Luas minimal kamar suite yaitu 52 m2.
  • Memiliki room service selama 24 jam.
  • Memiliki restaurantbarswimming poolrecreationconcierge staf, dan masih banyak lagi.

Tipe hotel berdasarkan tamu yang menginap

Individual Hotel

Adalah hotel yang dibangun dan disewakan untuk tamu yang dating secara individu tanpa mengajak rekan, keluarga atau grup.


Family Hotel

Adalah hotel yang dibangun dan disewakan untuk para keluarga. Biasanya dilengkapi dengan fitness centerbusiness centerChildren Play Ground.


Group Hotel

Adalah hotel yang disewa kebnyakan oleh tamu dalam jumlah yang bnyak.


Traveller Hotel

Adalah hotel yang dibangun dan disewakan untuk tamu yang sedang melakukan perjalanan jauh dan ingin sekedar beristirahat.


Businessman Hotel

Adalah hotel yang dibangun dan disewakan untuk orang yang sedang melakukan perjalanan bisnis kesuatu tempat dan ingin sekedar beristirahat.


Official Hotel

Adalah hotel yang dibangun dan disewakan untuk tamu VIP seperti presiden, owner, perdana mentri.


Incentive Hotel

Adalah hotel yang diperuntukkan kepada staf ataupun anggota dari suatu lembaga atau organisasi.


Walk in Hotel

Adalah hotel yang dibangun dengan proses check in yang sangat mudah, hanya perlu datang dan menanyakan ketersediaan kamar.


Karakteristik Hotel

Perbedaan antara hotel dengan industri lainnya adalah :

  1. Industri hotel tergolong industri yang padat modal serta padat karya yang artinya dalam pengelolaannya memerlukan modal usaha yang besar dengan tenaga pekerja yang banyak pula.
  2. Dipengaruhi oleh keadaan dan perubahan yang terjadi pada sektor ekonomi, politik, sosial, budaya, dan keamanan dimana hotel tersebut berada.
  3. Menghasilkan dan memasarkan produknya bersamaan dengan tempat dimana jasa pelayanannya dihasilkan.
  4. Beroperasi selama 24 jam sehari, tanpa adanya hari libur dalam pelayanan jasa terhadap pelanggan hotel dan masyarakat pada umumnya.
  5. Memperlakukan pelanggan seperti raja selain juga memperlakukan pelanggan sebagai patner dalam usaha karena jasa pelayanan hotel sangat tergantung pada banyaknya pelanggan yang menggunakan fasilitas hotel tersebut.
Baca Lainnya :  √Business Plan: Pengertian Menurut Para Ahli, Metode dan Manfaat

Klasifikasi Hotel

Berikut ini adalah klasifikasi hotel yaitu:

Berdasarkan kelas

Hotel Bintang Satu (*)

  • Jumlah kamar standar minimum 15 kamar
  • Kamar mandi di dalam
  • Luas kamar standar minimum 20 m2

Hotel Bintang Dua (**)

  1. Jumlah kamar standar minimum 20 kamar
  2. Kamar suite minimum 1 kamar
  3. Kamar mandi di dalam
  4. Luas kamar standar minimum 22 m2
  5. Luas kamar suite minimum 44 m2

Hotel Bintang Tiga (***)

  • Jumlah kamar standar minimum 30 kamar
  • Kamar suite minimum 2 kamar
  • Kamar mandi di dalam
  • Luas kamar standar minimum 24 m2
  • Luas kamar suite minimum 48 m2

Hotel Bintang Empat (****)

  1. Jumlah kamar standar minimum 5o kamar
  2. Kamar suite minimum 3 kamar
  3. Kamar mandi di dalam
  4. Luas kamar standar minimum 24 m2
  5. Luas kamar suite minimum 48 m2

Hotel Bintang Lima (*****)

  • Jumlah kamar standar minimum 100 kamar
  • Kamar suite minimum 4 kamar
  • Kamar mandi di dalam
  • Luas kamar standar minimum 26 m2
  • Luas kamar suite minimum 52 m2

Berdasarkan Plan

American Plan

  1. Full American Plan adalah Harga kamar sudah termasuk 3 kali makan (pagi, siang dan malam)
  2. Modified American Plan adalah Harga kamar sudah termasuk dengan dua kali makan, dimana salah satu diantaranya harus makan pagi (breakfast); mis: (room + breakfast + lunch)  & (room + breakfast + dinner)

Continental Plan/Bermuda Plan

  • Harga kamar sudah termasuk kontinental breakfast.

European Plan

  • Tamu yang menginap hanya membayar kamar saja.

Berdasarkan Ukuran

a.  Small Hotel adalah hotel kecil dengan jumlah kamar di bawah 150 kamar
b.  Medium Hotel adalah hotel dengan ukuran sedang.  Medium hotel ini dapat dikategorikan menjadi 2 yaitu:
1. Average hotel (jumlah kamar antara 150 s.d 299 kamar)
2. Above average hotel (jumlah kamar antara 300 s.d 600 kamar)
c.  Large Hotel adalah hotel besar dengan jumlah kamar di atas 600 kamar


Berdasarkan Lokasi

a. City Hotel Adalah hotel yang terletak di dalam kota, dimana sebagian besar tamu yang menginap mempunyai            kegiatan bisnis
b. Resort Hotel adalah hotel yang terletak di kawasan wisata, dimana sebagian besar tamunya tidak melakukan
kegiatan bisnis, tetapi lebih banyak untuk rekreasi.  Hotel-hotel tersebut antara lain:

  • Mountain Hotel
  • Beach Hotel
  • Lake Hotel
  • Hill Hotel
  • Forest Hotel

Berdasarkan Area

  1. Suburb Hotel adalah hotel yang berlokasi di pinggiran kota, yang merupakan kota satelit.
  2. Airport Hotel adalah hotel yang berada dalam satu kompleks bangunan atau area bandara atau sekitar            bandara.
  3. Urban Hotel adalah hotel yang berlokasi di pedesaan dan jauh dari kota.

Berdasarkan Maksud Kunjungan Tamu

  • Business Hotel adalah hotel yang sebagian besar tamunya melakukan kegiatan bisnis.
  • Resort/Tourism Hotel adalah hotel yang kebanyakan tamunya adalah wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.
  • Casino Hotel adalah hotel yang sebagian tempatnya berfungsi untuk kegiatan perjudian.
  • Pilgrim Hotel adalah hotel yang sebagain tempatnya berfungsi sebagai tempat beribadah.
  • Cure Hotel adalah hotel yang sebagian tamunya adalah tamu yang sedang dalam proses pengobatan atau penyembuhan dari suatu penyakit.

Berdasarkan Lamanya Tamu Menginap

  1. Transit Hotel adalah tamu yang meginap di hotel ini biasanya dalam waktu singkat, rata-rata satu malam.
  2. Semi residential Hotel adalah tamu yang menginap di hotel ini biasanya lebih dari satu malam. Tetapi ada yang tinggal antara satu minggu s.d satu bulan.
  3. Residential Hotel adalah tamu yang menginap di hotel ini cukup lama, paling sedikit satu bulan.

Berdasarkan Aspek Bentuk Bangunan

  • Pondok Wisata merupakan suatu usaha perseorangan dengan mempergunakan sebagian dari rumah tinggalnya untuk inapan bagi setiap orang dengan memperhitungkan pembayaran harian.
  • Cottage adalah suatu bentuk bangunan yang dipergunakan untuk usaha pelayanan akomodasi dengan fasilitas-fasilitas tambahan lainnya.  Fasilitas tambahan yang dimaksud bisa berupa peminjaman sepeda  secara gratis, atau fasilitas dayung apabila cottage terletak di tepi danau.
  • Motel (Motor Hotel) adalah suatau bentuk bangunan yang digunakan untuk usaha perhotelan dengan sarana tambahan adanya garasi di setiap kamarnya. Biasanya motel ini bertingkat dua, bagian atas sebagai kamar, dan bagian bawah berupa garasi mobil.

Demikian Penjelasan Materi Tentang Pengertian Hotel: Pengertian, 20 Pengertian Hotel Menurut Para Ahli, Fungsi, Jenis, Karakteristik dan Klasifikasi Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi.