√20 Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli dalam Bukunya

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Bahasa? Mungkin anda pernah mendengar kata Bahasa? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian menurut para ahli dalam bukunya. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

20 Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli dalam Bukunya

Pengertian Bahasa

Bahasa ialah media komunikasi yang berbentuk sistem lambang bunyi yang diperoleh dari media ucap manusia. Sebagaimana kita ketahui, bahasa terdiri atas kata-kata atau kumpulan kata. Masing-masing memiliki arti, yakni interaksi abstrak antara kata sebagai lambang dengan objek ataupun konsep yang diwakili dari gagasan kata ataupun kosakata tersebut oleh para ahli bahasa disusun secara alfabetis, ataupun menurut urutan abjad, disertai uraian artinya dan lalu dibukukan berupa sebuah kamus ataupun leksikon.

Pada waktu kita berbicara atau menulis, kata-kata yang kita ucapkan atau kita tulis tidak tersusun begitusaja, melainkan mengikuti aturan yang ada. Untuk mengungkapkan gagasan, pikiran atau perasaan, kita harus memilih kata-kata yang tepat dan menyusun kata-kata itu sesuai dengan aturan bahasa.

Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pendapat dari para ahli mengenai bahasa, yakni sebagai berikut:

  • Menurut Bill Adams

Bahasa ialah sebuah sistem pengembangan psikologi individu dalam sebuah konteks inter-subjektif

  • Menurut Wittgenstein

Bahasa ialah bentuk pemikiran yang dapat dipahami, berhubungan dengan realitas, dan memiliki bentuk dan struktur yang logis

  • Menurut Ferdinand De Saussure

Bahasa adalah ciri pembeda yang paling menonjol karena dengan bahasa setiap kelompok sosial merasa dirinya sebagai kesatuan yang berbeda dari kelompok yang lain

  • Menurut Plato

Bahasa pada dasarnya ialah pernyataan pikiran seseorang dengan perantaraan onomata (nama benda atau sesuatu) dan rhemata (ucapan) yang merupakan cermin dari ide seseorang dalam arus udara lewat mulut

  • Menurut Bloch dan Trager

Bahasa ialah sebuah sistem simbol yang bersifat manasuka dan dengan sistem itu suatu kelompok sosial bekerja sama.

  • Menurut Carrol

Bahasa ialah sebuah sistem berstruktural mengenai bunyi dan urutan bunyi bahasa yang sifatnya manasuka, yang digunakan, atau yang dapat digunakan dalam komunikasi antar individu oleh sekelompok manusia dan yang secara agak tuntas memberi nama kepada benda-benda, peristiwa-peristiwa, dan proses-proses dalam lingkungan hidup manusia.

  • Menurut KBBI

Bahasa ialah media bunyi yang arbitrer, yang diapakai oleh suatu masyarakat untuk berinteraksi, berhubungan, bekerjasama dan mengenali diri.

  • Menurut Harimurti Kridalaksana

Bahasa ialah media bunyi yang bermanfaat dan diapakai untuk berinteraksi oleh setiap masyarakat.

  • Menurut Gorys Keraf

Menyampaikan bahwa bahasa ialah media komunikasi antar kelompok masyarakat yang berbentuk lambang bunyi ujaran dan diperoleh dari media ucap manusia.

  • Menurut Finoechiaro

Bahasa ialah suatu media lambang vokal yang arbitrer dan mengharuskan semua orang berada dalam kultur tertentu ataupun orang lain yang mendalami mengenai media kultur tersebut yaitu berinteraksi maupun berhubungan.

  • Menurut Kamus Linguistic

Bahasa ialah media lambang bunyi yang arbitrer yang dipakai oleh suatu masyarakat untuk berinteraksi, berhubungan, bekerjasama dan mengenali diri.

  • Menurut D.P. Tambulan

Bahasa ialah cara untuk mengetahui pikiran manusia dan perasaannya serta mengatakan isi pikiran dan perasaan.

  • Menurut H.G. Brown

Menyampaikan bahwa bahasa ialah media komunikasi yang memakai bunyi dan diucapkan melewati sel-sel ujaran serta bisa didengar oleh para anggota masyarakat juga memakai lambang-lambang vokal yang bermanfaat konvensional secara arbiter ataupun mana suka.

  • Menurut Sudaryono

Menyampaikan bahwa bahasa ialah sebagai media komunikasi yang sangat efekti meskipun tidak sempurna, sehingga ketidaksempurnaan tersebut bahasa dalam berinteraksi bisa berupa salah satu sumber berlangsungnya kesalahpahaman bagi pendengarnya.

  • Menurut William A. Haviland

Bahasa ialah sebuah media bunyi yang jika disatukan menurut aturannya akan mengakibatkan arti yang dapat dimengerti dan ditangkap oleh semua orang yang berbicara dengan memakai bahasa tersebut.

  • Menurut Mc. Carthy

Bahasa ialah penerapa yang sangat tepat untuk meningkatkan keahlian berpikir individu.

  • Menurut Depdiknas 2005

Bahasa ialah sebuah perkataan yang bersumber dari perasaan dan pikiran manusia yang diperoleh secara teratur dengan menggunakan bunyi sebagai perantaranya.

  • Menurut Kamus Linguistic

Bahasa ialah media lambang bunyi yang arbitrer yang digunakan oleh masyarakat dalam berhubungan, mengenai diri dan bekerjasama.

  • Menurut Fodor

Bahasa ialah media tanda dan simbol yang saling berinteraksi dengan mempunyai bentuk yang konvensional dimana memiliki sifat ataupun ciri-ciri spesifik yang dimiliki pada kondisi atau benda yang dimaksud tersebut.

  • Menurut Bolinger

Bahasa ialah media fonem yang bersifat karena perbedaan bunyi, sintaksis dan serta media morfem untuk bisa mengucapkan arti yang terdapat berinteraksi dengan dunia luar.

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang 20 Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli dalam Bukunya
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi dan Mahasiswa

 

Baca Lainnya :  √ 27 Pengertian Pariwisata Menurut Para Ahli dalam Bukunya

Baca Lainnya :  Rotasi Bumi

Baca Lainnya :  Contoh Surat Edaran: Pengertian, Ciri, Fungsi, Jenis dan Bagian