√18 Pengertian Ras Menurut Para Ahli dalam Bukunya

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Ras? Mungkin anda pernah mendengar kata Ras? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang 18 pengertian menurut para ahli dalam bukunya. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

18 Pengertian Ras Menurut Para Ahli dalam Bukunya

Pengertian Ras Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat 18 pendapat dari para ahli mengenai pengertian ras, yakni sebagai berikut:

  • Pengertian Ras Secara Umum

Ras ialah kalangan bangsa berdasarkan ciri-ciri fisik. Adapula pengertian lain dari ras ialah suatu prosedur kategori yang dipakai untuk mengklasifikasikan manusia dalam masyarakat dan berbeda melewati ciri fenotipe, asal mula dan penampakan jasmani dan entnis yang terwarisi.

  • Menurut Dunn dan Dobshansky

Menurut pendapat dari Dunn dan Dobshansky, ras ialah perserupaan jenis atau golongan seseorang secara turun-temurun yang memiliki karakteristik fisik dan biologis tertentu, ras mempunyai memiliki sercara biologis dan fisik tidak tercantuk pada adab kebudayaannya.

  • Menurut Banton

Menurut pendapat dari Banton, ras ialah suatu ciri peran, perbandingan fisik yang dijadikan kaidah untuk memutusakan peran yang berbeda-beda.

  • Menurut Chainur Arrasjid

Menurut pendapat dari Chainur Arrasjid, ras ialah kategori manusia yang mempunyai kemiripan adab lahir spesifik yang diteruskan kepada generasinya.

  • Menurut Daljoeni

Menurut pendapat dari Daljoeni, ras ialah penggolongan manusia menurut ciri ciri biologis, seperti kaukasoid, negroid, australoid dan indian.

  • Menurut Haldane

Menurut pendapat dari Haldane, ras ialah suatu kategori yang beragan nacan kemiripan satu tata perilaku spesifik fisik bawaan dan sumber geografis dalam kawasan spesifik tersebut.

  • Menurut Grosse

Menurut pendapat dari Grosse, ras ialah kategori manusia yang sebagai satu kesatuan karena kemiripan adab jasmani dan rohani yang diturunkan sehingga bisa dibedakan dengan kesatuan lainnya.

  • Menurut Koentjaraningrat

Menurut pendapat dari Koentjaraningrat, ras ialah kategori manusia yang memperlihatkan beragam macam karakteristik tubuh yang spesifik dengan saluran yang besar.

  • Menurut Gill Dan Gilbert

Menurut pendapat dari Gill Dan Gilbert, ras ialah golongan orang yang bisa dibedakan berdasarkan ciri ciri fisik yang diperoleh melewati prosedur reproduksi.

  • Menurut Kohlbrugge

Menurut pendapat dari Kohlbrugge, ras ialah manusia yang mempunyai kemiripan karakteristik jasmani karena diturunkan, sementara adab-adab kerohaniannya dilenakan.

  • Menurut Horton dan Hunt

Menurut pendapat dari Horton dan Hunt, ras ialah suatu golongan manusia yang tidak berbeda dengan golongan lainnya dalam bentuk karakteristik fisik keturunan.

  • Menurut Stephen K. Sanderson

Menurut pendapat dari Stephen K. Sanderson, ras ialah suatu golongan orang yang mengenali diri mereka sendiri dan pengenalan oleh orang-orang lain, sebagai perbandingan sosial yang ditumpuan oleh karakterisik fisik ataupun biologis.

  • Menurut Bruce J. Cohen

Menurut pendapat dari Bruce J. Cohen, ras ialah golongan orang yang secara turun temurun memiliki karakterisik fisik ataupun biologis spesifik yang sama.

  • Menurut Alex Thio

Menurut pendapat dari Alex Thio, ras ialah golongan orang yang diibaratkan oleh masyarakat memiliki karakterisik biologis yang berbeda.

  • Menurut KBBI

Menurut pendapat dari KBBI, ras ialah kategori bangsa menurut karakterisik fisik.

  • Menurut Wikipedia

Menurut pendapat dari Wikipedia, ras ialah suatu prosedur kategori yang dipakai untuk menggolongan manusia dalam masyarakat besar dan berbeda melewati karakterisik fenotipe, asal mula geografis, bentuk jasmani dan etnis yang diwarisi.

  • Menurut AAE

Menurut pendapat dari AAE, ras ialah suatu tinjauan teori yang dipakai untuk membuktikan suatu kemiripan, dari warna kulit, rupa, bentuk, warna rambut, karakter dan fase psikologis.

  • Menurut Webster’s New Collegiate Dictionary

Menurut pendapat dari Webster’s New Collegiate Dictionary, ras ialah suatu bentuk golongan manusia yang diibarat memiliki kemiripan secara turun temurun dan kemiripan itu bisa untuk mengidentifikasi jenis manusia lain.

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang 18 Pengertian Ras Menurut Para Ahli dalam Bukunya
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi

 

Baca Lainnya :  √Animasi: Pengertian, Macam, Serta Pedoman dalam Animasi
Baca Lainnya :  √Penyembelihan: Pengertian, Tujuan, Syarat, Sunnah dan Tata Caranya
Baca Lainnya :  √Hujan Es: Pengertian, Proses, Faktor, Fakta Serta Gejala Hujan Es