√16 Pengertian Sistem Politik Menurut Para Ahli dalam Bukunya

Diposting pada

Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Sistem Politik? Mungkin anda pernah mendengar kata Sistem Politik? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian menurut para ahli dalam bukunya. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

16 Pengertian Sistem Politik Menurut Para Ahli dalam Bukunya

Pengertian Sistem Politik

Sistem politik ialah sebuah susunan aktivitas ataupun prosedur di dalam sebentuk masyarakat politik dalam otoritas dan memastikan siapa, memperoleh apa, kapan dan bagaimana. Di antara berbagai jenis prosedur bisa ditampak fenomena politik menjadi suatu gabungan prosedur tersendiri, yang berlainan dengan prosedur lainnya.

Pengertian Sistem Politik Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat 16 pendapat dari para ahli mengenai pengertian sistem politik, yakni sebagai berikut:

  • Menurut Drs. Sukarno

Menurut pendapat dari Drs. Sukarno, sistem politik ialah gabungan ide, opini yang memformat satu kesatuan yang berinteraksi satu sama lain untuk mengelola pemerintahan dan melakukan dan menjaga kewenangan dengan cara mengelola seseorang ataupun suatu organisasi satu sama lain dengan Negara dan interaksi Negara dengan Negara lainnya.

  • Menurut Secara Bahasa

Menurut dari secara bahasa, Sistem politik ialah hubungan antara pemerintah dan masyarakat dalam bentuk prosedur pembentukan peraturan dan kepastian yang menyangkut mengenai kebaikan bersama masyarakat yang tinggal dalam suatu kawasan yang spesifik.

  • Menurut Wikipedia

Menurut pendapat dari wikipedia, Sistem politik ialah komponen ataupun bagian dari sistem sosial.

  • Menurut Rusadi Sumintapura

Menurut pendapat dari Rusadi Sumintapura, sistem politik ialah prosedur selengkap fungsi ataupun kontribusi dalam komponen politik dalam interaksi satu sama lain yang memberitahukan suatu proses yang tetap.

  • Menurut Gambriel Almond

Menurut pendapat dari Gambriel Almond, sistem politik ialah sebuah sistem hubungan yang bisa dijumpai dalam masyarakat independen yang melaksanakan fungsi penggabungan dan penyesuaian.

  • Menurut Samuel P. Huntington

Menurut pendapat dari Samuel P. Huntington, makna, perilaku, penyesuaian, kepercayaan dan keyakinan yang signifikan mengenai poltik dan yang bermakna dalam masyarakat.

  • Menurut Prayetno

Menurut pendapat dari Prayetno, Sistem politik ialah sejumlah pemerintah ataupun kegiatan politik dimasyarakat yang berperan dalam transformasi input berupa prosedur yang berkuasa bagi masyarakat.

  • Menurut Prof. Sri Sumantri

Menurut pendapat dari Prof. Sri Sumantri, Sistem politik ialah pemerintah dari interaksi antara masyarakt yang berbentuk interaksi antara suprastruktur dan infrastruktur politik.

  • Menurut Fredrick W. Frey

Menurut pendapat dari Fredrick W. Frey, Sistem politik ialah sistem hubungan dalam suatu masyarakat melewati mana tempat makna yang menjalin dan berbentuk berkuasa dibuat dan dilaksanakan.

  • Menurut David Easton

Menurut pendapat dari David Easton, Sistem politik ialah hubungan yang digeneralisasikan dari semua perbuatan sosial sehingga makna-makna bagian secara berkuasa kepada masyarakat.

  • Menurut Drs. Abdul Kadir

Menurut pendapat dari Drs. Abdul Kadir, Sistem politik ialah suatu sistem yang sah, sistem yang menjaga disiplin ataupun sistem yang mengubah dalam suatu masyarakat.

  • Menurut Rober A. Dahl

Menurut pendapat dari Rober A. Dahl, Sistem politik ialah sistem yang konsisten dari interaksi antara masyarakat yang mengaitkansampai dengan fase spesifik, pengawasan, otoritas, yuridiksi maupun dominasi.

  • Menurut M. Bahrudin Podomi

Menurut pendapat dari M. Bahrudin Podomi, Sistem politik ialah susunan sistem yang berbentuk bersistem, terorganisasi dan variabel mengenai aspek-aspek internal ataupun eksternal.

  • Menurut Rusadi Kantaprawira

Menurut pendapat dari Rusadi Kantaprawira, Sistem politik ialah prosedur ataupun cara kerja selengkap fungsi ataupun kontribusi dalam susunan politik dengan berinteraksi satu sama lain dan membuktikan suatu prosedur yang tetap.

  • Menurut Dr. Wiku Adisasmito

Menurut pendapat dari Dr. Wiku Adisasmito, Sistem politik ialah suatu perkiraan visioner dari kekuasaan yang bertikai antara negara dan pemerintah.

  • Menurut Sukarna

Menurut pendapat dari Sukarna, Sistem politik ialah suatu prosedur untuk mengoperasikan bagaimana mendapatkan suatu otoritas di dalam negara, mengoperasikan interkasi pemerintah dan rakyat ataupun sebaliknya, mengoperasikan interkasi negara dengan rakyatnya.

 

Demikian Penjelasan Materi Tentang 16 Pengertian Sistem Politik Menurut Para Ahli dalam Bukunya
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Semuanya

 

Baca Lainnya :  √Vitamin: Pengertian, Macam-Macam, Sumber Serta Fungsi Vitamin
Baca Lainnya :  Sinonim, Antonim dan Polisemi
Baca Lainnya :  √Profesional: Pengertian, Ciri, Faktor Serta Contoh Profesional